RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : II (Dua)
Alokasi Waktu
: 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
3. Memahami peran Indonesia dalam
lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menyebutkan
pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan
nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan
negara-negara anggota ASEAN.
§ Siswa mampu menjelaskan
arti lambang ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan
nama para tokoh yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan
tugas pokok sekretariat nasional ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan
langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang ekonomi.
§ Siswa mampu menyebutkan
contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
§ Siswa mampu menyebutkan
upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Siswa mampu menyebutkan
upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.
§ Membuat kliping dengan
teman kelompoknya masing-masing.
B.
Materi Ajar
§ Sejarah ASEAN
§ Lambang ASEAN
§ Tujuan pokok pembentukan
dan prinsip utama ASEAN
§ Dasar-dasar verja sama
untuk mencapai tujuan pokok
§ Struktur sekretariat
ASEAN
§ Bidang politik dan
keamanan
§ Bidang ekonomi
§ Bidang sosial budaya
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
– Membagikan lembar ujian
yang sudah diperiksa dan dinilai.
– Membahas sekilas
soal-soal ujian pada pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
– Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
kerja sama antarnegara di Asia Tenggara.
– Guru menunjukkan peta
Asia Tenggara dan meminta semua siswa mengamati letak negara-negaranya.
– Bersama-sama menyebutkan
nama-nama negara ASEAN beserta ibu kotanya.
– Bersama-sama menyebutkan
pemimpin negaranya.
– Guru menjelaskan sejarah
ASEAN.
– Guru menunjukkan lambang
ASEAN dan meminta seluruh siswa untuk mengamatinya.
– Guru menjelaskan arti
lambang ASEAN.
– Membahas struktur ASEAN.
– Menggambar peta ASEAN dan
lambangnya.
– Memberikan contoh-contoh
kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang seperti bidang, politik dan keamanan,
bidang ekonomi dan bidang sosial.
– Mendiskusikan dampak
ASEAN bagi negara-negara anggotanya.
– Guru membagi siswa
menjadi beberapa kelompok, kemudian menugaskan untuk membuat kliping yang
berhubungan dengan kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang.
§ Kegiatan Penutup
– Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
– Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Mengakhiri pelajaran
dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Peta ASEAN.
§ Gambar lambang ASEAN.
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan
Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 70-75, 75-82.
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menyebutkan pengertian kerja
sama negara-negara ASEAN.
§ Menyebutkan nama para tokoh
pendiri ASEAN.
§ Menyebutkan negara-negara
anggota ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN
§ Menyebutkan nama-nama yang
pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Menyebutkan tugas pokok
sekretariat Nasional ASEAN
§ Menyebutkan langkah-langkah
konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Menyebutkan contoh bentuk kerja
sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN
dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN
dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya
|
Tugas berkelompok
Tugas individu.
|
§ Penilaian tulisan.
§ Penilaian lisan
|
§ Menggambar peta ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN
dengan kata-kata sendiri
§ Sebutkan pengertian kerja sama
negara-negara ASEAN.
§ Sebutkan nama para tokoh
pendiri ASEAN.
§ Sebutkan negara-negara anggota
ASEAN.
§ Jelaskan arti lambang ASEAN
§ Sebutkan nama-nama yang pernah
menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Sebutkan tugas pokok
sekretariat Nasional ASEAN
§ Sebutkan langkah-langkah
konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Sebutkan contoh bentuk kerja
sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Sebutkan upaya-upaya ASEAN
dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Sebutkan upaya-upaya ASEAN
dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : II (Dua)
Alokasi Waktu
: 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
3. Memahami peran Indonesia dalam
lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
Kompetensi Dasar
3.2 Memberikan
contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menyebutkan hasil peran aktif Indonesia dalam ASEAN.
B.
Materi Ajar
Peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
– Mengumpulkan tugas
kelompok kliping.
– Tanya jawab mengenai
pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
– Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
peran Indonesi adalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
– Guru menerangkan peran
serta Indonesia di ASEAN.
– Guru menugaskan siswa
untuk membuat karangan mengenai sebuah contoh peran Indonesia dalam lingkungan
di negara-negara ASEAN dengan panjang karangan maksimal dua lembar kerta folio.
– Siswa diingatkan untuk
mempelajari kembali materi mengenai kerja sama antarnegara di asia tenggara,
kerja sama negara-negar ASEAN dalam berbagai bidang, dan peran Indonesia dalam
lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
§ Kegiatan Penutup
– Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
– Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Mengakhiri pelajaran
dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
Pertemuan kedua
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
ulangan harian.
§ Kegiatan Inti
– Siswa diminta untuk
menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena
akan diadakan ulangan harian.
– Siswa diberikan lembar
soal ulangn harian.
– Siswa diingatkan mengenai
waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi
bila peserta didik menyontek.
– Guru mengumpulkan kertas
ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telas selesai.
§ Kegiatan Penutup
– Siswa diingatkan untuk
mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang mengenal politik luar negeri
Indonesia.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan
Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 70-75, 75-82.
§ Buku referensi lain.
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menyebutkan hasil peran aktif
Indoneisa dalam ASEAN.
§ Mengerjakan soal dengan baik
berkaitan dengan materi mengenai kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran
Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN
|
Tugas individu.
Ulangan harian
|
§ Penilaian tulisan.
§ Pilihan ganda
§ Penilaian
§ lisan atau tertulis (uraian
singkat).
|
§ Membuat karangan mengenai peran
Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN.
§ KTT ASEAN pertama diadakan di ...
a. Bali
b. Bangkok
c. Singapura
d. Kuala Lumpur
§ Jelaskan tujuan
dibentuknya ASEAN
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar
benar
* sebagian kecil
benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : II (Dua)
Alokasi Waktu
: 2 x 35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi
4. Memahami peranan politik luar
negeri Indonesia dalam era globalisasi.
Kompetensi Dasar
4.1 Menjelaskan politik luar negeri
Indonesia yang bebas dan aktif.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menyebutkan
arti kebijakan bebas-aktif.
§ Siswa mampu menyebutkan
tujuan politik luar negeri.
§ Siswa mampu menyebutkan
faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri.
B.
Materi Ajar
§ Corak politik luar negeri
RI yang bebas dan aktif.
§ Tujuan politik luar
negeri.
§ Factor-faktor yang
mempengaruhi dalam menentukan rumusan politik luar negeri.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif
Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan.
Pertemuan pertama
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
– Membagikan hasil ulangan
harian.
– Dilanjutkan dengan
membahas sekilas mengenai soal-soal ulangan harian pada pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
– Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
politik luar negeri bebas aktif.
– Berdiskusi mengenai apa
yang dimaksud dengan perang dingin.
– Guru bertanya mengenai
defenisi netral.
– Guru menjelaskan alasan
mengapa Indonesia mengambil sikap netral.
– Berdiskusi mengenai
definisi politik.
– Guru melanjutkan dengan
menjelaskan tujuan politik luar negeri.
– Siswa menyebutkan
kepanjangan GBHN.
– Guru menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan rumusan politik luar negeri.
– Guru meminta semua siswa
untuk mengamati posisi geografis Indonesia yang strategis dalam percaturan
politik dunia.
§ Kegiatan Penutup
– Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
– Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Mengakhiri pelajaran
dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Peta dunia.
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan
Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 4-7, 7-11.
§ Buku referensi lain.
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menyebutkan arti kebijakan
Bebas-aktif.
§ Menyebutkan tujuan politik luar
negeri.
§ Menyebutkan faktor yang
menentukan perumusan politik luar negeri.
|
§ Tugas individu
§ Tes Tulis
|
§ Penilaian lisan.
§ Jawab Singkat
|
§ Menjelaskan mengapa negara
Indonesia melaksanakan politik luar negeri bebas aktif.
§ Sebutkan arti kebijakan
Bebas-aktif. ?
§ Sebutkan tujuan politik luar
negeri.?
§ Sebutkan faktor yang menentukan
perumusan politik luar negeri.?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : II (Dua)
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
4. Memahami peranan politik luar
negeri Indonesia dalam era globalisasi.
Kompetensi Dasar
4.2 Memberikan
contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menyebutkan
hasil politik bebas aktif RI di forum internasional.
§ Siswa mampu menyebutkan
isi Dasasila Bandung.
§ Siswa mampu menjelaskan
tujuan dibentuknya gerakan Non Blok.
§ Siswa mampu menyebutkan
syarat untuk menghadiri KTT Non Blok.
§ Siswa mampu menjelaskan
tujuan terbentuknya OKI
§ Siswa mampu menyebutkan
tujuan terbentuknya APEC.
B.
Materi Ajar
§ Konferensi Asia Afrika.
§ Gerakan Non Blok.
§ OKI.
§ APEC.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif
Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
– Dilanjutkan dengan
membahas sekilas mengenai pelajaran yang telah dibahas pada pertemuan
sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
– Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
politik luar negeri bebas aktif.
– Guru menerangkan Konferensi
Asia Afrika.
– Bersama-sama menyebutkan
negara-negara anggota Konferensi Asia Afrika.
– Guru bertanya mengenai
defenisi Non Blok
– Membahas penyelenggaraan
KTT Gerakan Non Blok.
– Bertanya jawab mengenai
tujuan Indonesia bergabung dengan Gerakan Non Blok.
– Guru menerangkan
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
– Bertanya jawab mengenai
fungsi organisasi PBB.
– Berdiskusi mengenai peran
serta Indonesia dalam organisasi PBB.
– Guru menjelaskan tujuan
OKI
– Bertanya jawab tentang
fungsi da peran serta Indonesia dalam organisasi APEC.
– Siswa diingatkan untuk
mempelajari kembali materi mengenai politik luar negeri bebas aktif dan peranan
politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.
§ Kegiatan Penutup
– Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
– Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Mengakhiri pelajaran
dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
Pertemuan Ketiga
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
ulangan harian.
§ Kegiatan Inti
– Siswa diminta untuk
menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena
akan diadakan ulangan harian.
– Siswa diberikan lembar
soal ulangan harian.
– Siswa diingatkan mengenai
waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi
bila peserta didik menyontek.
– Guru mengumpulkan kertas
ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
§ Kegiatan Penutup
– Siswa diingatkan untuk
mempelajari materi berikutnya.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan
Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 91-96, 96-106.
§ Buku referensi lain.
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menyebutkan hasil
politik bebas aktif RI di forum internasional.
§ Menyebutkan isi
Dasasila Bandung.
§ Menjelaskan tujuan dibentuknya gerakan Non Blok.
§ Menyebutkan syarat
untuk menghadiri KTT Non Blok.
§ Menjelaskan tujuan
terbentuknya OKI.
§ Menyebutkan tujuan
terbentuknya APEC.
§ Mengerjakan soal dengan
baik berkaitan dengan materi mengenai politik luar negeri bebas aktif dan
peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.
|
§ Tugas individu
§ Ulangan harian.
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulisan.
§ Pilihan ganda.
Penilaian lisan atau
tertulis (uraian singkat).
|
§ Menjelas-kan mengapa Indonesia
bersikap aktif dalam memilihara perdamaian dunia.
§ Sebutkan hasil politik
bebas aktif RI di forum internasional. ?
§ Sebutkan isi Dasasila
Bandung. ?
§ Jelaskan tujuan dibentuknya gerakan Non Blok. ?
§ Sebutkan syarat untuk
menghadiri KTT Non Blok.?
§ Jjelaskan tujuan
terbentuknya OKI.?
§ Sebutkan tujuan
terbentuknya APEC.?
§ Politik luar negeri
Indonesia adalah ...
-
bebas
-
terbuka
-
transparan
-
bebas dan aktif
§ Jelaskan
pengertian politik
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|