Thursday 16 April 2015

RPP IPS Tugas Mahasiswa UT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                   :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                  :    IV/I
Alokasi Waktu                   :    9 jam pelajaran @ 35 menit
                                           Pertemuan Minggu ke-  1 sampai 3 (3 minggu)

I.       Standar Kompetensi :   Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman                                          suku bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi
II.    Kompetensi Dasar     :     Mendeskripsikan kenampakan alam di                                                                          lingkungankabupaten/ kota dan provinsi serta                                              hubungannya dengan keragaman sosial budaya                         
III. lndikator                     :   ● Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan                                             alam
● Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di     kabupaten/kota provinsi tempat tinggalnya
                     ● Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
                     ● Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
                     ● Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya
                     ● Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
IV. Materi Pokok
Kenampakan alam dan keragaman sosial budaya

V.  Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1-3)
Pertemuan 1
1.         Kegiatan awal
Tanya jawab tentang nama-nama pelabuhan dan bandar udara serta             kenampakan alam lainnya yang ada di daerahnya
2.         Kegiatan inti
-      Menjelaskan macam-macam kenampakan alam
-      Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam di kabupaten/kota dan provinsi setempat
-      Menunjukkan ciri-ciri sosial budaya yang ada di daerahnya
3.         Kegiatan akhir
Siswa membuat rangkuman materi
Pertemuan 2
1.    Kegiatan awal
Siswa menunjukkan pada peta tempat suku dan budaya di daerahnya
2.    Kegiatan inti
-      MenjeIaskan keanekaragaman sosial di kabupaten/kota dan provinsinya
-      Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
3.    Kegiatan akhir
Siswa merangkum materi pelajaran
     Pertemuan 3
     1.    Kegiatan awal
            Guru menunjukkan keragaman sosial dan budaya di daerahnya
     2.    Kegiatan inti
            -     Mengamati peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya
            -     Menunjukkan tempat suku bangsa di daerahnya
            -     Menunjukkan tempat budaya di daerahnya
     3.    Kegiatan akhir
            Siswa menunjukkan dalam peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya

VI. Alat dan Sumber Bahan
1.  Alat Peraga              : Gambar kenampakan/pemandangan alam
                                   Gambar pakaian adat
                                    Gambar rumah adat
Gambar gunung meletus
Gambar bencana alam banjir
2.  Sumber                     :  Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 11 - 28
                                              Buku pendamping yang relevan

VII.          Penilaian
Tes dan Nontes
Tes
Dalam tes ini disajikan tes tulis dalam bentuk isian

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Kenampakan alam ada dua yaitu buatan dan ....
2. Pabrik termasuk kenampakan alam ....
3. Pemandangan alam termasuk kenampakan alam ....
4. Suku Sakai terdapat di Provinsi ....
5. Rumah gadang terdapat di daerah ....

Kunci Jawaban :
1.      Kenampakan Alam alami dan Buatan
2.      Buatan
3.      Alami
4.      Riau
5.      Sumatera Barat
Nontes
Disajikan dalam bentuk
1. Performance/kinerja       : Siswa satu persatu maju untuk menunjukkan gunung,                                              sungai danau, selat, tanjung, teluk pada peta di provinsi                                              tempat tinggalnya
2. Produk/hasil                   : Menggambar rumah adat
3. Penugasan                      : Mengerjakan latihan evaluasi/PR

Catatan:
Untuk lebih jelasnya dalam mengembangkan penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari kelas IV

-------------------------------------------------------------------------------------------------------


                                                                                   Kasikan, .................. 2010

   Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                              Guru Kelas IV


.................................                                                ........................................                                                           
NIP.                                        


No comments:

Post a Comment