Friday 10 January 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 2 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan pendidikan : SEKOLAH DASAR

Kelas / semester : 1 / 2

Tema / topik : Lingkungan bersih dan sehat

Petemuan ke : 1

Semester : 2 (dua)

Alokasi waktu : 1 Hari

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam

berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan

menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,

dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam

karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang

mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

1.1 Berdoa sebelum dan sesudah belajar, sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat

2.1 Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi

pemahaman makna bersuci

1.2 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai

anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri

dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral

3.3.. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah dan di

4.2.. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah

1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai

bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah

2.3 Menunjukkan perilaku pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan

yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup

2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui

pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah

2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui

pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

2.3 Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain dengan

penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan

4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam

bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk

membantu penyajian

2.1.Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang

kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok

terkecil sampai terbesar

2.4.. Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan

3.2.. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di

4.2.. Membentuk berbagai bangun ruang dengan menggunakan papan berpaku atau media

memperhatikan tanda-tanda saat jam belajar dan jam istirahat

sekitar ruah, sekolah, atau tempat bermain.

 PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN

2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas.

 SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA

1.1 Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan

2.1 Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan

2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber

ide dalam berkarya seni

3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis

1. Mengulang bacaan do’a sebelum belajar

2. Mengulang bacaan do’a sesudah belajar

3. Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum belajar

4. Menunjukkan perilaku patuh kepada orang tua

1. Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan

percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru

2. Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam

kehidupan sehari – hari di rumah.

3. Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam

kehidupan sehari – hari di sekolah.

4. Melaksanakan tata tertib di sekolah

1. Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa

2. Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri

3. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri

4. Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas

5. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai

6. Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.

7. Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup,

makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.

8. Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat

9. Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita

10. Menyebutkan urutan peristiwa

11. Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup,

makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.

12. Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat

13. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat

14. Berposisi duduk secara benar

15. Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar

16. Memegang teks bacaan dengan tepat

1. Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna

2. Memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau

sekelompok benda sesuai dengan beratnya

3. Menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN

1. Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama

SENI BUDAYA, DAN PRAKARYA

1. Memiliki kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan

2. Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan

3. memperhatikan lingkungan sekitar secara seksama

4. merawat lingkungan sekitar secara sadar

5. menunjukkan kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya

6. Mengenal judul lagu dan iringannya

1. Berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri)

dalam berinteraksi dengan guru

2. Berperilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di

3. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai

4. Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup,

makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.

5. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat

6. Menata dengan rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya

9. Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama

10. Menjelaskan keindahan-keindahan alam tentang kebersihan lingkungan sebagai anugerah

1. Bacaan do’a sebelum belajar

2. Bacaan do’a sesudah belajar

3. Sikap berdo’a sebelum belajar

4. Perilaku patuh kepada orang tua

1. Dengan mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat berperilaku baik (jujur, disiplin,

tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan

2. Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam

kehidupan sehari hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh di sekolah.

3. Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari

4. Dengan mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib di

1. Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa

2. Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri

3. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri

4. Lafal teks doa dengan jelas

5. Lafal & kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai

6. Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.

7. kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan

makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.

8. lingkungan sehat dan tidak sehat

9. Nama-nama tempat dalam cerita

11. Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan

makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.

12. Lingkungan sehat dan tidak sehat

13. Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat

14. Posisi duduk secara benar

15. Letak bacaan dengan jarak mata yang benar

16. Teks bacaan dengan tepat

1. Dengan mengamati cara penataan benda di sekitar, siswa dapat menata dengan rapi

2. Dengan mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat memilih jenis tas, wadah atau

benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)

tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan

3. Dengan mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN

1. Praktik gerak melangkah ke berbagai arah berirama

SENI, BUDAYA, DAN DESAIN

1. Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan

2. Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan

3. Lingkungan sekitar secara seksama

4. Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar

5. Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya

6. Lagu Lihat Kebunku

Pendekatan : Scientific

Strategi : Cooperative Learning

Teknik : Example Non Example

Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan 1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan

Alokasi

Waktu

10 menit

masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)

2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa

3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak

4. Mengajak Semua Siswa menyanyi “SELAMAT PAGI GURU”

5. Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa

saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi

6. Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang

telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang

hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan

pembelajaran.

Kegiatan Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

7. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang

“LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT”

Inti 1. Menayangkan gambar tentang lingkungan bersih dan sehat dan

150 menit

lingkungan rumah yangtidak bersih /tidak sehat. (eksplorasi,

mengamati, menyimak, mendengar)

Gambar rumah sehat mencakup ciri-ciri:

• Rumah kecil dengan ventilasi cukup

• Ada teras rumah

• Ada halaman cukup

• Taman mungil yang asri

• Tidak ada sampah yang bertebaran

• Di pojok halaman ada peralatan untuk membersihkan

halaman (ember tempat air untuk menyiram tanaman, sapu

lidi dll)

Gambar rumah tidak sehat mencakup ciri-ciri:

• Tidak memiliki ventilasi yang cukup

• Tidak memiliki teras/berbatasan langsung dengan jalan raya

• Tidak memikliki taman atau tanaman hijau

• Tidak terdapat alat-alat kebersihan

• Tidak terawat, kotor, dan banyak sampah bertebaran

Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari hasil

eksplorasi serta kemampuan siswa

2. Bertanya jawab tentang ciri-ciri rumah dan halaman yang sehat

dan tidak sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:

• Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih

sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat.

• Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk

menjawab.

• Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh

salah satu siswa saja).

• Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan

jawaban.

• Mendorong keberanian siswa dalam menjawab dan sikap

siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar dan

tidaknya jawaban.

Kegiatan Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

3. Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang

RUMAHKU (membaca, mendengar)

4. Diawali dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya,

lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/

mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan

5. Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk

membaca TEKS

• (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca

(sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam

membaca)

• Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung

dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain

6. Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks ( menalar )

7. Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta

membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan

rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus besar).

(eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)

8. Guru mengelompokan siswa berdasarkan teman satu bangku/

2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil

nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)

9. Siswa berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki.

10. Guru membagi gambar kepada masing-masing kelompok

11. Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi

gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda

yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil,

yang bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar,

mengkomunikasikan)

12. Siswa diminta untuk menceritakan hasil identifikasi kepada

teman sebangku (mengkomunikasikan)

13. Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, diminta

untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (TPS)

Penilaian proses:

a. Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam

mengerjakan tugas.

b. Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya,

ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)

c. Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.

Kegiatan Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Gambar-gambar untuk Example non Example

Kelompok gambar kebersihan kelas

• Gambar kegiatan menyapu kelas

• Gambar kegiatan membersihkan debu

• Gambar kegiatan menata buku

• Membersihkan jendela kelas

Kelompok gambar kebersihan rumah

• Gambar kegiatan menyapu rumah

• Gambar kegiatan mengepel lantai

• Gambar kegiatan menata tempat tidur

• Gambar kegiatan membersihkan/menyapu kebun

Kelompok gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung

• Gambar kegiatan membersihkan selokan

• Gambar kegiatan membersihkan sampah di jalanan

• Gambar kegiatan membuang sampah

• Gambar kegiatan merawat tanaman peneduh

Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan

kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan

berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan

merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu,

dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir

berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan

hasilnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab.

14. Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis

gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.

15. Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan

hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),

Memberi kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan

memberikan pendapatnya

Kegiatan Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

16. Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu “banyak

nyamuk dirumahku” untuk mencairkan suasana dan kepenatan

setelah belajar beberapa jam:

• Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu

• Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi

• Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya,

cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)

• Menggunakan format pengamatan

17. Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu. Bahwa

salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak

nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit. Dsb

18. Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar)

(mengkomunikasikan)

 Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)

19. Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan

tentang rumah yang bersih dan sehat

20. Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang

Dilanjutkan dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup

Penutup 1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil

15 menit

belajar selama sehari

2. Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk

mengetahui hasil ketercapaian materi)

3. Melakukan penilaian hasil belajar

4. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan

masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)

• Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara

membacanya, cara melafalkannya dsb)

• Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna

dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a,

langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih

disempurnakan

• Lingkungan keluarga

• Lingkungan sekolah

• Buku Tematik Kelas I

• Buku Pengembangan Diri Anak

• Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana

• Gambar/contoh langsung karya cetak dengan berbagai bahan alam dan bentuk

• Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk

• Buku kirigami (seni mengunting)

• Buku Pengembangan Diri Anak

gunting, lipat dan tempel

pola dan alur sederhana

Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari

kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

b. Penilaian Hasil Belajar

Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

1) Penilaian Kinerja

2) Penilaian Produk

b. Penilaian Hasil Belajar

• Pilihan ganda

• Isian singkat

• Esai atau uraian

Mengetahui Guru Kelas 1

.................................................... ...............................................

NIP ............................................. NIP ........................................

No comments:

Post a Comment