RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SMP
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Teks Hasil Observasi
Jumlah Pertemuan : 3 x Pertemuan
a. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
b. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
c. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi
hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang
Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang
Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3. Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi
hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
4. Mengetahui isi teks hasil observasi
5. Mengetahui struktur teks hasil observasi
6. Mengetahui ciri bahasa teks hasil observasi
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai dan mensyukuri
Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 1
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana
memahami informasi lisan dan tulis
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan
informasi lisan dan tulis
3. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan sikap jujur,
tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam menyusun/
memproduksi hasil observasi baik lisan maupun tulisan
4. Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya siswa dapat mengetahui isi
teks hasil laporan observasi baik secara lisan maupun tulisan.
5. Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya siswa dapat mengetahui
struktur teks hasil laporan observasi baik secara lisan maupun tulisan
6. Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya siswa dapat mengetahui
cirri bahasa teks hasil laporan observasi baik secara lisan maupun tulisan
• Teks hasil observasi
• Struktur teks hasil observasi
• Ciri bahasa teks hasil observasi
G. Metode Pembelajaran
Metode Inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
4) Untuk menarik minat, siswa mendengarkan pembacaan puisi bertema lingkungan
5) Siswa diberi pemahaman tentang teks laporan hasil observasi yang dikaitkan dengan
pembelajaran sebelumnya
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
pembelajaran yang akan dilaksanakan
hidup yang berjudul “Tanah Kelahiran” karya Ramadhan K.H.
fenomena yang terjadi di sekitar siswa. Guru menggugah kesadaran siswa agar
mencintai lingkungan hidup
Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 2
1) Siswa mengamati sebuah gambar tentang lingkungan hidup.
2) Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang dilihat dalam
gambar dan pengetahuan siswa tentang lingkungan alam Indonesia atau lingkungan
yang ada di sekitar siswa.
3) Siswa mengambil undian yang berisi istilah kebahasaan. Lalu, masing-masing siswa
menyebutkan kata yang sama, bersatu membentuk kelompok kecil.
4) Siswa mendapatkan fotokopi teks hasil observasi.
5)Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara
berkelompok membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks hasil observasi.
6) Salah satu kelompok melaporkan hasil diskusinya.
7) Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.
8) Siswa mengisi latihan berupa mencocokan kalimat dan kata yang isinya berkaitan
9) Siswa bersama guru membahas hasil latihan.
10)Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat
memahami isi teks hasil observasi
11)Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka
tentang hambatan dalam memahami isi teks hasil observasi
12) Siswa terbaik mendapatkan penghargaan dari guru.
1) Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
1) Kedalaman pengetahuan dan kemampuan siswa tentang struktur teks hasil observasi
dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh atau model teks hasil observasi.
Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 3
2) Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur teks hasil
3) Siswa duduk kembali bersatu dengan kelompoknya masing-masing dengan posisi
tempat duduk yang diatur ulang.
4)Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara
berkelompok membaca dan berdiskusi menentukan struktur teks hasil observasi.
5) Wakil dari masing-masing kelompok secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.
6) Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.
7) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat
memahami struktur teks hasil observasi
8) Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka
tentang hambatan dalam memahami struktur teks hasil observasi.
1) Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1) Kedalaman pengetahuan dan kemampuan siswa tentang ciri-ciri bahasa teks hasil
observasi dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh atau model teks hasil
2) Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan ciri-ciri bahasa teks
hasil observasi.
3) Siswa duduk kembali bersatu dengan kelompoknya masing-masing dengan posisi
tempat duduk yang diatur ulang
4) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara
berkelompok membaca dan berdiskusi menentukan ciri-ciri bahasa teks hasil
Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 4
5) Wakil dari masing-masing kelompok secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.
6) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat
7) Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka
memahami ciri-ciri bahasa teks hasil observasi
tentang hambatan dalam memahami ciri-ciri bahasa teks hasil observasi
1) Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3) Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
No Aspek yang dinilai Teknik
1. Religius Pengamatan Proses Lembar
2. Tanggung jawab
4. Responsif
Penilaian
Waktu
Penilaian
Instrumen
Penilaian
Pengamatan
Keterangan
Hasil penilaian
nomor 1 dan 2
untuk masukan
pembinaan dan
informasi bagi
Guru Agama
dan Guru PKn
Pencapaian
Kompetensi
Mengetahui isi teks
Teknik
Penilaian
Tes
tertulis
Bentuk
Penilaian Instrumen
Tes uraian 1. Bacalah dengan saksama
Mengetahui struktur
observasi observasi
Mengetahui cirri-ciri
bahasa teks laporan
Tes
tertulis
Tes uraian 2. Identifikasikanlah dan jelaskan
teks laporan hasil observasi
berikut! Jawablah pertanyaan-
pertanyaan berikut ini!
struktur teks laporan hasil
observasi!
Tes
tertulis
Tes uraian 3. Identifikasikanlah dan jelaskan
cirri-ciri bahasa teks laporan
hasil observasi!!
Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 5
PedomanPenskoran :
Aspek Skor
Siswa menjawab pertanyaan
• Jawaban betul 1
Aspek Skor
Siswa mengidentifikasi struktur teks observasi
• Jawaban sempurna 5
• Jawaban kurang sempurna 3
• Jawaban tidak sempurna 1
SKOR MAKSIMAL 5
Aspek Skor
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks laporan hasil
• Jawaban sempurna 5
• Jawaban kurang sempurna 3
• Jawaban tidak sempurna 1
SKOR MAKSIMAL 5
Ismail Marahimin. 2008. Penulisan Populer. Jakarta: Pustaka Jaya
Parera, J.P. 2003. Menulis Tertib dan Sistematis. Jakarta : Erlangga
Keraf, Gorys. 2004. Argumentasi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah
Jakarta, Juli 2013
Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 6
Endang Kurniawan, M. Pd.
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :..................................................................................................
Kelas/Semester:....................................................................................................
Tahun Ajaran :....................................................................................................
Waktu Pengamatan: ............................................................................................
Sikap yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
1. BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam
2. MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3. MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4. MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Religius Jujur Tanggung jawab Santun
BT MT MB MK BT MT MB MK BT MT MB MK BT MT MB MK
Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 7
No comments:
Post a Comment