Sunday 12 January 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

SatuanPendidikan : SMP

Kelas/Semester : VII/1

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Topik : Teks Hasil Observasi

Jumlah Pertemuan : 3 x Pertemuan

a. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

b. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,

gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan

sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

c. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin

tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan

kejadian tampak mata

1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan

Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.

2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi

hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi

3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita

pendek baik melalui lisan maupun tulisan

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

1. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang

Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.

2. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang

Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis

3. Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi

hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi

4. Mengetahui isi teks hasil observasi

5. Mengetahui struktur teks hasil observasi

6. Mengetahui ciri bahasa teks hasil observasi

1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai dan mensyukuri

Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 1

keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana

memahami informasi lisan dan tulis

2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan

bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan

informasi lisan dan tulis

3. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan sikap jujur,

tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam menyusun/

memproduksi hasil observasi baik lisan maupun tulisan

4. Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya siswa dapat mengetahui isi

teks hasil laporan observasi baik secara lisan maupun tulisan.

5. Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya siswa dapat mengetahui

struktur teks hasil laporan observasi baik secara lisan maupun tulisan

6. Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya siswa dapat mengetahui

cirri bahasa teks hasil laporan observasi baik secara lisan maupun tulisan

• Teks hasil observasi

• Struktur teks hasil observasi

• Ciri bahasa teks hasil observasi

G. Metode Pembelajaran

Metode Inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan presentasi.

H. Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Pertama

a. Kegiatan Pendahuluan

1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan

2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan

3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah

4) Untuk menarik minat, siswa mendengarkan pembacaan puisi bertema lingkungan

5) Siswa diberi pemahaman tentang teks laporan hasil observasi yang dikaitkan dengan

pembelajaran sebelumnya

pembelajaran yang akan dilaksanakan.

pembelajaran yang akan dilaksanakan

hidup yang berjudul “Tanah Kelahiran” karya Ramadhan K.H.

fenomena yang terjadi di sekitar siswa. Guru menggugah kesadaran siswa agar

mencintai lingkungan hidup

Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 2

1) Siswa mengamati sebuah gambar tentang lingkungan hidup.

2) Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang dilihat dalam

gambar dan pengetahuan siswa tentang lingkungan alam Indonesia atau lingkungan

yang ada di sekitar siswa.

3) Siswa mengambil undian yang berisi istilah kebahasaan. Lalu, masing-masing siswa

menyebutkan kata yang sama, bersatu membentuk kelompok kecil.

4) Siswa mendapatkan fotokopi teks hasil observasi.

5)Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara

berkelompok membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks hasil observasi.

6) Salah satu kelompok melaporkan hasil diskusinya.

7) Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.

8) Siswa mengisi latihan berupa mencocokan kalimat dan kata yang isinya berkaitan

9) Siswa bersama guru membahas hasil latihan.

10)Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat

memahami isi teks hasil observasi

11)Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka

tentang hambatan dalam memahami isi teks hasil observasi

12) Siswa terbaik mendapatkan penghargaan dari guru.

1) Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran

2) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan

3) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan

1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan

pembelajaran sebelumnya

2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan

pembelajaran yang akan dilaksanakan.

3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah

pembelajaran yang akan dilaksanakan

1) Kedalaman pengetahuan dan kemampuan siswa tentang struktur teks hasil observasi

dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh atau model teks hasil observasi.

Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 3

2) Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur teks hasil

3) Siswa duduk kembali bersatu dengan kelompoknya masing-masing dengan posisi

tempat duduk yang diatur ulang.

4)Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara

berkelompok membaca dan berdiskusi menentukan struktur teks hasil observasi.

5) Wakil dari masing-masing kelompok secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.

6) Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.

7) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat

memahami struktur teks hasil observasi

8) Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka

tentang hambatan dalam memahami struktur teks hasil observasi.

1) Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran

2) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan

3) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

a. Kegiatan Pendahuluan

1) Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan

pembelajaran sebelumnya

2) Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan

pembelajaran yang akan dilaksanakan.

3) Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah

pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1) Kedalaman pengetahuan dan kemampuan siswa tentang ciri-ciri bahasa teks hasil

observasi dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh atau model teks hasil

2) Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan ciri-ciri bahasa teks

hasil observasi.

3) Siswa duduk kembali bersatu dengan kelompoknya masing-masing dengan posisi

tempat duduk yang diatur ulang

4) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara

berkelompok membaca dan berdiskusi menentukan ciri-ciri bahasa teks hasil

Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 4

5) Wakil dari masing-masing kelompok secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.

6) Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat

7) Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka

memahami ciri-ciri bahasa teks hasil observasi

tentang hambatan dalam memahami ciri-ciri bahasa teks hasil observasi

1) Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran

2) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan

3) Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru

4) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

No Aspek yang dinilai Teknik

1. Religius Pengamatan Proses Lembar

2. Tanggung jawab

4. Responsif

Penilaian

Waktu

Penilaian

Instrumen

Penilaian

Pengamatan

Keterangan

Hasil penilaian

nomor 1 dan 2

untuk masukan

pembinaan dan

informasi bagi

Guru Agama

dan Guru PKn

Pencapaian

Kompetensi

Mengetahui isi teks

Teknik

Penilaian

Tes

tertulis

Bentuk

Penilaian Instrumen

Tes uraian 1. Bacalah dengan saksama

Mengetahui struktur

observasi observasi

Mengetahui cirri-ciri

bahasa teks laporan

Tes

tertulis

Tes uraian 2. Identifikasikanlah dan jelaskan

teks laporan hasil observasi

berikut! Jawablah pertanyaan-
pertanyaan berikut ini!

struktur teks laporan hasil

observasi!

Tes

tertulis

Tes uraian 3. Identifikasikanlah dan jelaskan

cirri-ciri bahasa teks laporan

hasil observasi!!

Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 5

PedomanPenskoran :

Aspek Skor

Siswa menjawab pertanyaan

• Jawaban betul 1

Aspek Skor

Siswa mengidentifikasi struktur teks observasi

• Jawaban sempurna 5

• Jawaban kurang sempurna 3

• Jawaban tidak sempurna 1

SKOR MAKSIMAL 5

Aspek Skor

Siswa mengidentifikasi ciri-ciri bahasa teks laporan hasil

• Jawaban sempurna 5

• Jawaban kurang sempurna 3

• Jawaban tidak sempurna 1

SKOR MAKSIMAL 5

Ismail Marahimin. 2008. Penulisan Populer. Jakarta: Pustaka Jaya

Parera, J.P. 2003. Menulis Tertib dan Sistematis. Jakarta : Erlangga

Keraf, Gorys. 2004. Argumentasi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah

Jakarta, Juli 2013

Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 6

Endang Kurniawan, M. Pd.

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran :..................................................................................................

Kelas/Semester:....................................................................................................

Tahun Ajaran :....................................................................................................

Waktu Pengamatan: ............................................................................................

Sikap yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan

Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.

1. BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam

2. MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam

menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten

3. MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam

menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten

4. MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan

tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

Religius Jujur Tanggung jawab Santun

BT MT MB MK BT MT MB MK BT MT MB MK BT MT MB MK

Bahasa Indonesia – SMP/MTs | 7

No comments:

Post a Comment