Thursday 16 April 2015

Contoh RPP Tematik Untuk Tugas Kuliah UT

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

TEMA                                                                                                   : KELUARGA
KELAS/SEMESTER                                                                        : SATU (1) / SATU (1)
ALOKASI WAKTU                                                                           : 16 HARI ( 3 MINGGU)
MATA PELAJARAN YANG DITEMATIKAN                          : B. IND, MAT, IPA, IPS, DAN SBK

MATA PELAJARAN IPA
ALOKASI WAKTU : 9 JP @ 3 JP

PERTEMUAN I

I.                    STANDAR KOMPETENSI DASAR
·         MAKHLUK HIDUP DAN PROSES
Mengenal anggota tubuh  dan kegunaannya serta cara perawatannya

II.                  KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)

III.               INDIKATOR
Siswa dapat menyebutkan kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, pakaian, udara, lingkungan sehat)

IV.                LANGKAH PEMBELAJARAN
·         KEGIATAN AWAL (APERSEPSI)
1.       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
2.       Siswa bernyanyi “kepala-pundak-lutut-kaki” sambil melakukan gerakan yang ada pada lagu tersebut

·         KEGIATAN INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1.       Siswa memperhatikan gambar kebutuhan tubuh dari buku panduan tematik jilid 1A hal 67
2.       Siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan (apa yang dibutuhkan tubuh untuk sehat dan kuat)

·         KEGIATAN AKHIR
1.       Siswa mengerjakan latihan dari buku kerja tematik IPA ( Lpa 1 dan 2)
2.       Siswa mendapat nilai dari guru
1.       Siswa diminta mengerjakan PR di rumah dari buku kerja tematik IPA (Lpa 3)

Cat : Selama proses berlangsung guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses pembelajaran dari tiap anak

V.                  SUMBER DAN MEDIA
Sumber            : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk mata      pelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta
                                        Karli, Hilda, dkk. (2007). Panduan Buku Tematik 1A dan Buku kerja Tematik untuk IPA jilid 1A, Jakarta : Erlangga
Media                        : pensil warna, alat dan benda di sekitar

VI.                PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan                          : Tematik
Metode                                  : bermain, tanya jawab

VII.             PENILAIAN
1.       Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9            : mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 8            : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa bantuan dari pihak luar
Nilai 7            : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan bantuan dari pihak luar
Nilai 6            : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
Nilai 5            :

2.       Penilaian secara tertulis (memasangkan gambar, mewarnai)
Nilai 9 : memasangkan gambar secara tepat dan mewarnai dengan tepat serta rapi
Nilai 8 : memasangkan gambar secara tepat dan mewarnai dengan tepat tapi tidak rapi
Nilai 7 : memasangkan gambar secara tepat dan mewarnai dengan tidak tepat serta tidak rapi
Nilai 6 : memasangkan gambar tidak tepat dan mewarnai dengan tepat tapi tidak rapi
Nilai 5 : memasangkan gambar tidak tepat dan mewarnai tidak tepat dan tidak rapi




Bandung,              Juli 2008

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                Guru Kelas,
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                     



 


































RPP  TEMA TUMBUHAN
Satuan pendidikan         : SDN 001 Kasikan
Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas  / semester             :  II / 1 ( Satu)
Tema                               :  Tumbuhan
Pertemuan                      2 ( 2 x 35 menit )

STANDAR KOMPETENSI
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.

KOMPETENSI DASAR
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah & sekolah melalui pengamatan.

INDIKATOR
·         Menyebutkan macam-macam bunga.
·         Menyebutkan macam-macam warna – warna bunga.

TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Siswa mampu menyebutkan macam-macam bunga dan warnanya tanpa melihat buku.

MATERI POKOK
Macam-macam bunga dan warnanya.
Materi terdapat pada halaman 56

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
No.
Kegiatan
Waktu
Kegiatan Pembelajaran
1.
Awal
10’
-       Guru membawa berbagai macam bunga  yang mudah di dapat. Atau murid diminta sebelumnya membawa bunga yang berbeda-beda.
-       Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di awal pembelajaran)
-       Siswa bersama guru menyanyikan lagu lihat kebun ku sambil dengan memperagakan bunga yang telah disediakan.
2.
Inti
50’
-       Siswa diminta memperhatikan bunga tersebut serta menyebutkan nama bunga tersebut dan warnanya.
-       Kemudian siswa diminta memperhatikan gambar bunga  yang terdapat pada halaman 56.
-       Siswa diminta menyebutkan bersama-sama nama bunga  pada gambar. Guru bertanya apa  ciri khas pada bunga tersebut.
-       Selanjutnya, dengan teman sebangku, siswa mengerjakan LPA 5 dan LPA 6.
-       Membahas lembar kerja bersama-sama.
3.
Akhir
10’
-     Menyimpulkan pembelajaran.

PENDEKATAN, METODE, MEDIA, DAN SARANA
Pendekatan     :  Tematik
Metode       :  pengamatan, ceramah
Media         :  berbagai macam bunga.
Sarana        :  -  SNP, Standar Isi 2006
-   Panduan Belajar Tematik SD untuk Kelas II Semester 1. 2A.

EVALUASI
Prosedur          : Tes tertulis
Jenis                : tertulis
Bentuk            : isian
Alat Tes          :
v  Tes Proses
Saat guru menjelaskan
No.
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Nilai
6
7
8


Tidak ada perhatian.




Menyimak penjelasan guru.




Dapat memecahkan masalah yang diajukan oleh guru.



v  Tes Akhir
1. Coba sebutkan 2 macam nama bunga  
2. Apa ciri ciri bunga mawar
3. Apa warna bunga matahari
4. Apa warna bunga mawar
5. Apa warna bunga melati
v   
Kunci Jawaban LPA 5
1. Terserah murid : Misalnya bunga mawar dan matahari
2. Berwarna merah dan berduri
3. Kuning
4. Merah
5. Putih
Kriteria penilaian setiap jawaban yang benar diberi nilai 2.
Nilai akhir = Jumlah nilai yang diperoleh
                                

                  
Tapung Hulu, 18 September 2011
Mengetahui                                                                             Guru Kelas
Kepala Sekolah




M. Nuh                                                                                   M. Kadar

                                                                                                NIM. 820 827 933

No comments:

Post a Comment