RENCANA
PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA :
KELUARGA
KELAS/SEMESTER :
SATU (1) / SATU (1)
ALOKASI WAKTU :
16 HARI ( 3 MINGGU)
MATA PELAJARAN YANG DITEMATIKAN : B. IND, MAT, IPA,
IPS, DAN SBK
MATA PELAJARAN IPA
ALOKASI WAKTU : 9 JP @ 3 JP
PERTEMUAN I
I.
STANDAR
KOMPETENSI DASAR
·
MAKHLUK
HIDUP DAN PROSES
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
II.
KOMPETENSI
DASAR
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar
tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
III.
INDIKATOR
Siswa dapat menyebutkan kebutuhan tubuh
agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, pakaian, udara, lingkungan sehat)
IV.
LANGKAH
PEMBELAJARAN
·
KEGIATAN
AWAL (APERSEPSI)
1. Doa bersama dan mengucapkan salam (jika di
awal pembelajaran)
2. Siswa bernyanyi “kepala-pundak-lutut-kaki”
sambil melakukan gerakan yang ada pada lagu tersebut
·
KEGIATAN
INTI (PEMBERIAN INFORMASI DAN PARTISIPASI SISWA)
1. Siswa memperhatikan gambar kebutuhan tubuh
dari buku panduan tematik jilid 1A hal 67
2. Siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan
(apa yang dibutuhkan tubuh untuk sehat dan kuat)
·
KEGIATAN
AKHIR
1. Siswa mengerjakan latihan dari buku kerja
tematik IPA ( Lpa 1 dan 2)
2. Siswa mendapat nilai dari guru
1. Siswa diminta mengerjakan PR di rumah dari
buku kerja tematik IPA (Lpa 3)
Cat : Selama proses berlangsung
guru membimbing siswa yang mendapat kesulitan dan guru menilai proses
pembelajaran dari tiap anak
V.
SUMBER
DAN MEDIA
Sumber : Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) untuk mata pelajaran
Bahasa Indonesia SD. Jakarta
Karli, Hilda, dkk. (2007). Panduan Buku Tematik 1A dan Buku kerja
Tematik untuk IPA jilid 1A, Jakarta : Erlangga
Media : pensil warna, alat dan benda di sekitar
VI.
PENDEKATAN
DAN METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
bermain, tanya jawab
VII.
PENILAIAN
1. Pengamatan (sikap dan perilaku)
“KEMANDIRIAN”
Nilai 9 : mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 8 : Mengerjakan sebagian tugas sesuai perintah guru tanpa
bantuan dari pihak luar
Nilai 7 : Mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru dengan
bantuan dari pihak luar
Nilai 6 : Tidak mau mengerjakan semua tugas sesuai perintah guru
Nilai 5 :
2. Penilaian secara tertulis (memasangkan
gambar, mewarnai)
Nilai 9 : memasangkan gambar secara tepat
dan mewarnai dengan tepat serta rapi
Nilai 8 : memasangkan gambar secara tepat
dan mewarnai dengan tepat tapi tidak rapi
Nilai 7 : memasangkan gambar secara tepat
dan mewarnai dengan tidak tepat serta tidak rapi
Nilai 6 : memasangkan gambar tidak tepat
dan mewarnai dengan tepat tapi tidak rapi
Nilai 5 : memasangkan gambar tidak tepat
dan mewarnai tidak tepat dan tidak rapi
Bandung, Juli 2008
Mengetahui,
Guru
Kelas,
Kepala Sekolah,
RPP TEMA TUMBUHAN
Satuan pendidikan : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / semester : II / 1 (
Satu)
Tema :
Tumbuhan
Pertemuan : 2 ( 2 x 35 menit )
STANDAR KOMPETENSI
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan
dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup
makhluk hidup.
KOMPETENSI DASAR
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan
tumbuhan di sekitar rumah & sekolah melalui pengamatan.
INDIKATOR
·
Menyebutkan macam-macam bunga.
·
Menyebutkan macam-macam warna – warna bunga.
TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Siswa mampu menyebutkan
macam-macam bunga dan warnanya tanpa
melihat buku.
MATERI POKOK
Macam-macam bunga dan warnanya.
Materi terdapat
pada halaman 56
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.
|
Awal
|
10’
|
-
Guru membawa berbagai macam bunga yang mudah di dapat. Atau murid diminta
sebelumnya membawa bunga yang berbeda-beda.
-
Doa bersama dan mengucapkan
salam (jika di awal pembelajaran)
-
Siswa
bersama guru menyanyikan lagu lihat kebun ku sambil dengan memperagakan bunga
yang telah disediakan.
|
2.
|
Inti
|
50’
|
-
Siswa diminta memperhatikan bunga tersebut serta
menyebutkan nama bunga tersebut dan warnanya.
-
Kemudian siswa diminta
memperhatikan gambar bunga yang terdapat pada halaman
56.
-
Siswa
diminta menyebutkan bersama-sama nama bunga pada gambar. Guru bertanya apa ciri khas pada bunga tersebut.
-
Selanjutnya,
dengan teman sebangku, siswa mengerjakan LPA 5 dan LPA 6.
-
Membahas
lembar kerja bersama-sama.
|
3.
|
Akhir
|
10’
|
-
Menyimpulkan pembelajaran.
|
PENDEKATAN, METODE, MEDIA, DAN SARANA
Pendekatan : Tematik
Metode : pengamatan, ceramah
Media : berbagai macam bunga.
Sarana : - SNP,
Standar Isi 2006
-
Panduan
Belajar Tematik SD untuk Kelas II Semester 1. 2A.
EVALUASI
Prosedur : Tes tertulis
Jenis : tertulis
Bentuk : isian
Alat Tes :
v Tes Proses
Saat guru
menjelaskan
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Nilai
|
||
6
|
7
|
8
|
|||
|
|
Tidak ada perhatian.
|
√
|
|
|
|
|
Menyimak penjelasan guru.
|
|
√
|
|
|
|
Dapat memecahkan masalah
yang diajukan oleh guru.
|
|
|
√
|
v Tes Akhir
1. Coba
sebutkan 2 macam nama bunga
2. Apa
ciri ciri bunga mawar
3. Apa
warna bunga matahari
4. Apa
warna bunga mawar
5. Apa
warna bunga melati
v
Kunci Jawaban LPA 5
1. Terserah murid :
Misalnya bunga mawar dan matahari
2. Berwarna merah dan berduri
3. Kuning
4. Merah
5. Putih
Kriteria penilaian setiap jawaban yang
benar diberi nilai 2.
Nilai akhir = Jumlah nilai yang
diperoleh
Tapung Hulu, 18 September 2011
Mengetahui Guru
Kelas
Kepala Sekolah
M. Nuh M. Kadar
NIM.
820 827 933
No comments:
Post a Comment