Wednesday 29 April 2015

RPP Pkn Sekolah Dasar Kelas V Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN 001 Kasikan
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                      
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :  I (Satu)
Alokasi Waktu     :  4 x 35 menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi            
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar                
1.1.    Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
§  Siswa dapat mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya. 
§  Siswa dapat memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§  Siswa memahami fungsi wilayah darat NKRI.
§  Siswa memahami fungsi wilayah laut NKRI.
§  Siswa memahami fungsi wilayah udara NKRI.

B.  Materi Ajar
§  Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§  Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Guru dan siswa bertanya jawab tentang fungsi peta dunia.

§  Kegiatan Inti
     Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang besar dan dapat dilihat oleh semua siswa.
     Guru menjelaskan batas-batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.
     Guru menunjuk batas-batas tersebut pada peta secara acak dan berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat.
     Guru menyiapkan kelas diskusi.
     Siswa berdiskusi tentang tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru.
     Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran.

§  Kegiatan Penutup
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
     Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman naik pesawat terbang.

§  Kegiatan Inti
     Guru dan siswa bertanya jawab secara general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
     Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
     Guru mengundi topik darat, laut, atau udara untuk semua kelompok.
     Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka dapatkan.
     Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan di depan teman-teman.
     Teman-teman dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.


§  Kegiatan Penutup
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan.

E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Peta dunia.
§  Gambar/foto tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1—3.

               F.  Penilaian  
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan pengertian NKRI
§ Menyebutkan dasar hukum NKRI.
§ Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI.
§ Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI
§  Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI.

§ Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
§ Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
§ Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.  
§ Diskusi kelompok










§ Diskusi kelompok



§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).



§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
§ NKRI adalah ....
§ Indonesia merupakan negara berbentuk ....
§ Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
§ Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
§ NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum  untuk ....



§ Batas utara NKRI adalah ....
§ Batas selatan  NKRI adalah ....
§ Batas barat NKRI adalah ....
§ Batas timur NKRI adalah ....
§ Indonesia terletak di ... derajat ...
§ sampai ... derajat ..., dan ... derajat ...
§ sampai ... derajat ....
§ Fungsi wilayah daratan NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah laut NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah udara NKRI adalah ....
§ Zona Ekonomi Eksklusif adalah ....

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1





 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui
Kepala Sekolah



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

  ………..,  ................ 20 ..
   Guru Mapel PKN.



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN 001 Kasikan
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu    :  6 x 35  menit (3 pertemuan).

Standar Kompetensi            
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar                      
1.2.    Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat memahami arti penting keutuhan NKRI.
§  Siswa dapat menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
§  Siswa dapat menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.

B.   Materi Ajar
§  Arti penting keutuhan NKRI
§  Fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa
§  Makna kesatuan wilayah Indonesia

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan apa saja yang siswa lakukan setelah pulang dari sekolah.

§  Kegiatan Inti
     Guru berceramah kepada siswa tentang kehidupan siswa yang damai dan tenang dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari (sekolah, bermain, berpergian, dan lain-lain); hubungannya dengan keragaman dan kekayaan budaya; kedaulatan Indonesia sebagai negara kesatuan; serta   legalitas negara yang lengkap dengan hukum dan peraturan.
     mengatur kelas diskusi dan membagi jumlah siswa dalam beberapa kelompok.
     Siswa mendiskusikan arti penting keutuhan NKRI dengan panduan guru.
     Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran di depan teman-teman.
     Siswa lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.

§  Kegiatan Penutup
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru dan siswa bertanya jawab tentang rutinitas siswa belajar di rumah.

§  Kegiatan Inti
     Guru meminta seorang siswa membaca Pancasila dengan lantang di depan teman-teman, lalu siswa lain menirukannya.
     Siswa memperhatikan gambar lambang kelima sila pada burung garuda, dan guru menjelaskan makna lambang tersebut.
     Guru menunjuk lambang sila pada gambar burung garuda secara acak dan siswa menebak menyebutkan isi silanya secara bersama-sama.
     Guru bercerita tentang sebab-seBab dirumuskannya Pancasila.
     Guru mengatur kelas untuk berdiskusi dan membagi siswa dalam beberapa kelompok.
     Siswa mendiskusikan fungsi  Pancasila bagi NKRI dengan panduan guru.
     Siswa melaporkan hasil diskusi secara berkelompok.
§  Kegiatan Penutup
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan.

Pertemuan Ketiga
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang kebiasaan membaca buku.

§  Kegiatan Inti
     Guru memperkenalkan kosakata dalam berbagai segi kehidupan bernegara (misalnya kata “politik”, “sosial”, “budaya”, “ekonomi”, “pertahanan-keamanan”), lalu menjelaskan makna kata-kata itu secara general.
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial,  budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan secara general.
     Guru menyiapkan kelas diskusi.
     Siswa berdiskusi tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial, budaya, ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
     Siswa melaporkan hasil diskusi.

3.  Kegiatan Penutup
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
     Guru mengingatkan siswa untuk memfotokopi gambar pada halaman 14—18 buku teks, serta membawa pensil warna atau cryon pada pertemuan selanjutnya.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pertemuan.

E.   Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 5—9.
§  Berbagai buku sejarah perjuangan bangsa.
§  Burung garuda Pancasila, beserta tamengnya.
§  Lagu ”Garuda Pancasila”.

F.   Penilaian 
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Memahami arti penting keutuhan NKRI.






§ Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.








§ Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).
§ Tugas individu.






Tugas berkelompok









Tugas individu
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).



§ Penilaian lisan.
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).

§ Penilaian lisan.
§ Logika dan kreativitas contoh yang diberikan siswa.
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak mengungkapkan isi pikiran)
§ Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
§ Apa saja usaha yang dilakukan pemimpin bangsa kita dahulu dalam mewujudkan NKRI?
§  Mengapa Indonesia berbentuk negara kesatuan?
§ Apa alasan dibentuknya Pacasila?
§ Apa fungsi Pancasila bagi NKRI?







§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi?
§ Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi sosial-budaya?





Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 


 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui
Kepala Sekolah



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

  ………..,  ................ 20 ..
   Guru Mapel PKN.



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN 001 Kasikan
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                 
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi            
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar                      
1.3.    Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI.


A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat memberi contoh dan memilih perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B.  Materi Ajar
§  Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Guru mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan pagi hari sejak bangun pagi sampai siswa berangkat ke sekolah.
§  Kegiatan Inti
     Siswa dan guru bertanya jawab secara general tentang masalah-masalah keutuhan NKRI.
     Guru meminta siswa menyiapkan fotokopi gambar yang ada pada halaman 14—18 buku teks dan cryon atau pensil warna masing-masing.
     Siswa mulai bekerja mewarnai gambar yang ia pilih. 
     Siswa menceritakan isi gambar dan alasan memilih gambar secara lisan dan bergantian di depan teman-teman.

§  Kegiatan Penutup      
     Guru bertanya kepada siswa tentang perasaan dan pikiran mereka tentang kegiatan yang baru saja dilakukan.
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang peraturan perundang-undangan pusat dan daerah.
     Pelajaran diakhiri dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 14—18.
§  Teman
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

               F.  Penilaian  
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI.




§ Tugas individu.

§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar dan kreativitas pewarnaan gambar)
§ Penilaian lisan ketika siswa menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar.
§ Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah .... (gambar A atau gambar B).
§ Sikap pemeluk agama yang berlainan sebaiknya adalah .... (gambar a atau b)
§ Apabila melakukan demonstrasi, sikap yang seharusnya dilakukan para peserta demonstrasi adalah .... (gambar a atau b)
§ Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah .... (gambar a atau b)


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1





 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui
Kepala Sekolah



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

  ………..,  ................ 20 ..
   Guru Mapel PKN.



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN 001 Kasikan
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                 
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :  (Satu)
Alokasi Waktu    :  4 x 35  menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi                           
2.   Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. 

Kompetensi Dasar                   
2.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.

A. Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengetahui dan nenyebutkan berbagai macam perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, tingkat pusat dan daerah.
§  Siswa dapat mengetahui dan menyebutkan perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah.

B.  Materi Ajar
§  Pengertian perundang-undangan.
§  Fungsi peraturan perundang-undangan.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran 
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan mereka ketika bangun pagi.
§  Kegiatan Inti
     Siswa diajak untuk membaca pengantar Bab Peraturan Perundang-Undangan pada halaman 30 dan 31.
     Siswa merumuskan pengertian/definisi peraturan perundang-undangan pusat dan daerah secara individual.
     Siswa melaporkan hasil pemikirannya secara lisan.
     Siswa, disertai dengan panduan guru, membuat generalisasi definisi yang telah dibuat oleh semua siswa.
§  Kegiatan Penutup
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari dan manfaat belajar merumuskan definisi.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali kegiatan.
§  Kegiatan Inti
     Guru meminta siswa mengulang mengingat definisi peraturan perundang-undangan pusat dan daerah yang telah dirumuskan pada pertemuan sebelumnya.
     Guru menyiapkan kelas diskusi. 
     Siswa berdiskusi tentang fungsi penting peraturan perundang-undangan pusat dan daerah bagi individu dan masyarakat.
     Siswa melaporkan hasil diskusi.
§  Kegiatan Penutup
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari dan manfaat belajar merumuskan definisi.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Artikel yang menceritakan berbagai peraturan perundang-undangan daerah, misalnya artikel tentang hak asasi manusia, keuangan daerah, atau larangan merokok di tempat umum.
§  Rekaman siaran berita televisi atau radio yang berhubungan dengan berbagai peraturan perundang-undangan daerah.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 33—34.

               F.  Penilaian  
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan pengertian perundang-undanan pusat dan daerah. 
§ Memahami perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah.
§ Mengetahui berbagai hal yang perlu diatur dengan undang-undang. 
§ Memahami sebab dan asas pembuatan undang-undang
§ Tugas individu.
§ Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita)
§ Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya)
§ Mengapa perlu dibuat peraturan perundang-undang-an?
§ Mengapa hak asasi manusia perlu diatur berdasakan undang-uundang?

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui
Kepala Sekolah



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

  ………..,  ................ 20 ..
   Guru Mapel PKN.



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN 001 Kasikan
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                 
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :  1 (satu)
Alokasi Waktu    :  4 x 35  menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi                           
2.   Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.

Kompetensi Dasar                      
2.2. Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu lintas, dan larangan merokok.

A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa mengetahui dan dapat menyebutkan tata urutan perundang-undangan di Indonesia, serta memahami dan dapat menjelaskan kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

B.  Materi Ajar
§  Tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia.
§  Contoh peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi kelas dan diskusi kelompok.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan rutin siswa sehari-hari yang biasanya dilakukan secara berurutan (misalnya bangun pagi, lalu mandi, sekolah, pulang sekolah, bermain, lalu menyapu halaman).
§  Kegiatan Inti
     Guru mengajak siswa menyebutkan tata urutan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia  dengan suara lantang, secara bersama-sama dan berulang-ulang.
     Guru menyiapkan kartu berisi tulisan nama perturan perundang-undangan di Indonesia.
     Guru mengacak urutan kartu itu, lalu siswa mengurutkannya sesuai urutan yang benar. 
     Kegiatan tersebut dilakukan siswa secara bergantian.
§  Kegiatan Penutup
     Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman belajar hari itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Guru dan siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari, serta kesimpulan manfaat mempelajari materi tersebut.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran hari itu.

Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman siswa memperhatikan peraturan larangan merokok di tempat umum, larangan menginjak rumput di taman kota, atau larangan berjualan di tempat tertentu.
§  Kegiatan Inti
     Guru menyiapkan artikel yang mengandung informasi tentang berbagai peraturan perundang-undangan daerah untuk bahan diskusi (misalnya artikel tentang larangan merokok di tempat umum atau larangan berjualan di tempat tertentu.
     Guru menyiapkan kelas diskusi dan membagi kelompok.
     Siswa mengundi artikel untuk kelompok mereka masing-masing.
     Siswa berdiskusi dengan pengawasan guru.
     Siswa melaporkan hasil dikusi.
§  Kegiatan Penutup
     Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman belajar hari itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Guru dan siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari, serta kesimpulan manfaat mempelajari materi tersebut.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran hari itu. 
E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Kartu berisi tulisan urutan tata perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
§  Berbagai artikel di koran atau surat kabar tentang berbagai peraturan perundang-undangan pusat dan daerah.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 35—42.

               F. Penilaian   
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Mengetahui tata urutan perundang-undangan di Indonesia.
§  Memahami kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia berdasarkan hierarkinya.


§ Mengetahui akibat mematuhi peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
§ Mengetahui akibat melanggar peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
§ Tugas       
§ kelompok.







§ Tugas individu.
§ Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak menjelaskan pemikirannya)

§ Penilaian tertulis (kemampuan analitis).
§ Penilaian unjuk kerja .
§ UUD 1945 merupakan peraturan yang terdapat pada tataran .... dan  berfungsi sebagai .... (dan lain-lain)





§ Apa akibat melanggar peraturan daerah yang berisi larangan  merokok di tempat umum?

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui
Kepala Sekolah



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

  ………..,  ................ 20 ..
   Guru Mapel PKN.



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

No comments:

Post a Comment