RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (lima)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi
3. Memahami
kebebasan berorganisasi.
Kompetensi Dasar
3.1. Mendekripsikan
pengertian organisasi
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat
menjelaskan pengertian organisasi.
§ Siswa dapat
menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
§ Siswa dapat
menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
§ Siswa dapat
menyebutkan contoh struktur organisasi.
§ Siswa dapat
merumuskan contoh tata tertib organisasi.
B. Materi Ajar
§ Pengertian organisasi
§ Ciri-ciri organisasi.
–
Tujuan organisasi.
– Anggota
organisasi.
– Struktur
organisasi.
–
d. Tata tertib organisasi.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan
Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Guru bertanya pada siswa tentang organisasi yang ada di
sekolah.
§ Kegiatan Inti
–
Siswa mencoba membuat definisi kata “organisasi”.
–
Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu mengundi
namajenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat untuk
dibahas oleh tiap kelompok.
–
Siswa mendiskusikan dan mencatat tujuan organisasi
tersebut secara tertulis.
–
Siswa mendiskusikan dan mencatat siapa yang menjadi
anggota dalam organisasi tersebut.
–
Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara
lisan.
§ Kegiatan Penutup
–
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Siswa dan guru membuat kesimpulan dari materi yang telah
dipelajari.
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Guru bertanya pada siswa, peraturan apa saja yang ada di
sekolah, serta siapa yang akan menghukum siswa jika mereka melanggar peraturan
itu.
§ Kegiatan Inti
–
Guru menyiapkan diagram besar berisi hierarki
kepemimpinan di sekolah.
–
Guru bertanya kepada siswa tentang fungsi tiap jabatan
dalam hierarki tersebut.
–
Siswa menyiapkan pekerjaan yang telah dibuat dalam
pertamuan sebelumnya.
–
Siswa melanjutkan pekerjaan tersebut, yaitu membuat
diagram hierarki kepemimpinan/struktur organisasi yang telah mereka kerjakan
pada pertemuan sebelumnya.
–
Siswa mendaftar sejumlah peraturan yang ia ketahui pada
organisasi tersebut.
–
Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara
lisan.
§ Kegiatan Penutup
–
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Siswa dan guru membuat kesimpulan dari materi yang telah
dipelajari.
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar diagram
struktur organisasi apa saja yang ada di lingkungan sekolah.
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng,
M.Pd.) hlm. 60—62.
§ Lingkungan sekolah.
§ Masyarakat sekitar
dan lingkungan kehidupan siswa di luar sekolah.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Mendeskripsikan pengertian
organisasi.
§ Menyebutkan contoh-contoh
tujuan organisasi.
§ Menyebutkan contoh-contoh
anggota organisasi.
§ Merumuskan contoh struktur
organisasi.
§ Merumuskan contoh tata tertib
organisasi.
|
§ Tugas kelompok.
§
Observasi.
|
§ Penilaian tertulis.
§ Penilaian unjuk kerja
(kepercayaan diri anak dalam berimajinasi).
§ Keterlibatan anak dalam
diskusi.
|
§ Menurutmu, siapakah yang berhak
menjadi anggota organisasi pecinta perangko?
§ Siapa pemegang jabatan
tertinggi di sekolahmu?
|
Format Kriteria Penilaian
& 1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& 2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester :
2 (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
3. Memahami kebebasan
berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.2 Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan
sekolah dan masyarakat.
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan berbagai macam
organisasi di masyarakat, serta menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan
tata tertib organisasi-organisasi tersebut.
B. Materi Ajar
Contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat, beserta
tujuan, anggota, struktur, tata tertib, dan fungsi organisasi tersebut bagi individu dan
masyarakat.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan
Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Guru bertanya jawab kepada siswa tentang berbagai
organisasi yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa atau organisasi apa saja
yang diketahui oleh siswa (misalnya posyandu, karang taruna, lembaga les piano,
atau klub sepak bola).
§ Kegiatan Inti
–
Siswa diajak menyebutkan berbagai organisasi yang ada di
lingkungan sekolah dan masyarakat.
–
Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang fungsi
organisasi-organisasi di sekolah dan masyarakat.
–
Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang manfaat
bergabung dengan sebuah organisasi di sekolah atau masyarakat.
–
Guru memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan 2
organisasi yang pernah, sedang, atau akan diikuti oleh siswa di lingkungan
sekolah dan masyarakat, atau organisasi apa pun yang diketahui siswa.
–
Siswa mengerjakan tugas.
–
Guru memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan tujuan,
anggota, struktur, dan tata tertib yang berlaku di kedua organisasi itu.
–
Siswa mengerjakan tugas.
–
Guru memeriksa pekerjaan siswa.
§ Kegiatan Penutup
–
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian
Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah
dipelajari.
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
Pertemuan
Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Guru bertanya jawab kepada siswa tentang tugas yang telah
dikerjakan pada pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
–
Guru memperkenalkan beberapa narasumber, yaitu pengurus
sebuah organisasi yang ada di lingkungan sekolah atau masyarakat.
– Narasumber
memperkenalkan diri, lalu menjelaskan gambaran umum organisasi dan pengalaman
singkat mengikuti oranisasi itu.
–
Siswa mengajukan diri untuk bertanya tentang tujuan,
anggota, struktur, dan tata tertib yang berlaku di organisasi itu, kemudian
narasumber menjawabnya.
–
Siswa mengajukan diri untuk bertanya tentang manfaat
bergabung dengan organisasi itu bagi masyarakat.
–
Guru menugaskan siswa menulis hal-hal yang telah mereka
tangkap dari pertanyaan siswa dan penjelasan narasumber.
–
Siswa mengerjakan tugas.
–
Guru memeriksa pekerjaan siswa.
§ Kegiatan Penutup
–
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah
dipelajari.
–
Guru memperingatkan siswa untuk memfotokopi gambar
halaman 69—73 pada buku teks, serta membawa pensil warna atau cryon pada
pertemuan selanjutnya.
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng,
M.Pd.) hlm. 63—68.
§ Lingkungan rumah
(keluarga), sekolah, dst.
§ Teman.
§ Para pengurus dan
anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.
§ Lingkungan rumah
(keluarga), sekolah, masyarakat, dst.
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menjelaskan tujuan, anggota,
struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.
|
§ Tugas kelompok.
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
|
§ Tujuan organisasi Pramuka
adalah ...
§ Jelaskan perbedaan
organisasi dan perkumpulan!
§ Sebutkan organisasi
apa saja yang ada di sekolahmu!
§ Sebutkan organisasi
masyarakat yang ada di sekitar rumahmu!
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semeste : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi
3. Memahami kebebasan
berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.3. Menampilkan
peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengenal organisasi, memilih
organisasi untuk diikuti, dan menjelaskan alasan memilih organisasi tersebut.
B. Materi Ajar
Contoh-contoh atau
ilustrasi perilaku yang baik dan buruk dalam memilih dan memanfaatkan organisasi yang
ada di masyarakat.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan
Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
§ Kegiatan Inti
–
Siswa menyiapkan pensil warna atau cryon, serta fotokopi
gambar halaman 69—73.
–
Siswa memilih gambar dan mewarnainya.
–
Siswa menceritakan gambar dan alasan mememilih gambar.
–
Guru memeriksa pekerjaan siswa.
§ Kegiatan Penutup
–
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng,
M.Pd.) hlm. 69—73.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah
(keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Memahami prinsip-prinsip
mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
|
§ Tugas individu.
|
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian anak memilih gambar dan krea-tivitas pewar-naan gambar)
|
§ Untuk membantu menjaga
kesehatan murid-murid di sekolah, Made
sebaiknya
§ Apabila Robert bercita-cita
menjadi penegak hukum, di sekolah sebaiknya Robert bergabung dengan ....
§ Agar dapat mempelajari berbagai
keterampilan untuk hidup di alam terbuka, di sekolah sebaiknya Dina bergabung
dengan ....
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semeste : II (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi
4. Menghargai keputusan bersama.
Kompetensi Dasar
4.1 Mengenal bentuk-bentuk
keputusan bersama.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat
menjelaskan definisi keputusan bersama.
§ Siswa dapat
menjelaskan bentuk-bentuk keputusan bersama.
§ Siswa dapat
menjelaskan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.
B. Materi Ajar
§ Pengertian keputusan
bersama.
§ Bentuk-bentuk
keputusan bersama.
§ Kemauan bermusyawarah
untuk mufakat.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan
Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Guru bertanya kepada siswa tentang peraturan yang beraku
di rumah dan telah ditetapkan oleh oangtua, misalnya jam pulang sekolah, tugas
menyiram bunga, dan tanggung jawab memberi makan hewan peliharaan.
§ Kegiatan Inti
–
Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengertian
keputusan bersama, bentuk-bentuk keputusan bersama, dan musyawarah untuk
mufakat.
–
Siswa menuliskan pemahamannya tentang definisi keputusan
bersama pada secarik kertas, lalu mengumpulkannya kepada guru.
–
Seorang siswa membacakan semua definisi yang ditulis
teman, lalu semua siswa membahasnya bersama guru.
–
Siswa dan guru membuat generalisasi definisi keputusan bersama
berdasarkan definisi yang telah dibuat oleh tiap siswa.
–
Siswa menyebutkan jenis-jenis keputusan bersama, dan guru
menuliskannya di papan tulis.
–
Siswa maju ke depan kelas satu per satu, lalu menuliskan
satu manfaat tentang musyawarah dan mufakat.
§ Kegiatan Penutup
–
Guru dan siswa bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian
Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Guru dan siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah
dipelajari.
–
Guru dan siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm.
82—87.
§ Orang tua.
§ Teman.
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Memahami definisi keputusan
bersama.
§ Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama.
§ Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.
|
§ Tugas individu.
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap.
§ Penilaian unjuk kerja
|
§ Mengapa keputusan bersama
dianggap penting?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : II (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi
4. Menghargai keputusan bersama.
Kompetensi Dasar
4.2. Memahami keputusan bersama.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjalankan
berbagai bentuk keputusan bersama, serta melaksanakan hasil musyawarah.
§ Siswa dapat
menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.
B. Materi Ajar
§ Reaksi terhadap keputusan bersama.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman menerima
peraturan yang ditetapkan oleh orangtua, misalnya tugas menjaga adik,
pembatasan waktu bermain, atau pengurangan jumlah uang jajan.
§ Kegiatan Inti
–
Guru meminta siswa berkonsentrasi mendengarkan cerita/contoh
kasus yang akan dibacakan oleh guru.
–
Guru membacakan soal nomor 1 halaman 90, lalu meminta
seorang anak untuk maju ke depan teman-teman dan menjawab pertanyaan a.
–
Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi jawaban
teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan masukan/saran tentang cara
bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman, atau
memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
–
Guru meminta siswa yang lain untuk maju ke depan
teman-teman dan menjawab pertanyaan b.
–
Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi jawaban
teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan masukan/saran tentang cara
bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman, atau
memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
–
Guru meminta siswa yang lain untuk maju ke depan
teman-teman dan menjawab pertanyaan c.
–
Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi jawaban
teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan masukan/saran tentang cara
bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman, atau
memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
–
Kegiatan ini berlaku seterusnya bagi soal nomor 2 hingga
9.
§ Kegiatan Penutup
–
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah
dipelajari.
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng,
M.Pd.) hlm. 90—96.
§ Orangtua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah
(keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Memahami definisi dan
bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan mufakat..
§ Menentukan sikap yang tepat
terhadap keputusan bersama.
|
§ Tugas individu
|
§ Penilaian sikap.
§ Penilaian unjuk kerja.
|
§ Keluargamu berbagi tugas
membersihkan rumah. Kemu tidak senang membersihkan kamar mandi. Tetapi ayah
menunjukmu membersihkan kamar mandi.
§ Apa pendapat Ayahmu tentang
sikap ayahmu?
§ Di kelasmu sedang
ada pemilihan ketua kelas. Ada dua calon ketua kelas, yaitu kamu dan Robert.
Kamu ingin menjadi ketua kelas. Akan tetapi, wali kelasmu langsung memilih
Robert sebagai ketua kelas.
– Apa yang kamu
rasakan ketika mendengar keputusan tersebut?
–
Apa pendapatmu tentang sikap wali kelasmu?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
No comments:
Post a Comment