Wednesday 29 April 2015

RPP Pkn Sekolah Dasar Kelas V Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN 001 Kasikan
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (lima)
Semester               :   2 (Dua)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi                           
3. Memahami kebebasan berorganisasi.

Kompetensi Dasar                   
3.1. Mendekripsikan pengertian organisasi

A.  Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi. 
§  Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
§  Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
§  Siswa dapat menyebutkan contoh struktur organisasi.
§  Siswa dapat merumuskan contoh tata tertib organisasi.

B.  Materi Ajar
§  Pengertian organisasi
§  Ciri-ciri organisasi.
     Tujuan organisasi.
     Anggota organisasi.
     Struktur organisasi.
     d. Tata tertib organisasi. 
C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.


D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru bertanya pada siswa tentang organisasi yang ada di sekolah.
§  Kegiatan Inti
     Siswa mencoba membuat definisi kata “organisasi”.
     Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu mengundi namajenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat untuk dibahas oleh tiap kelompok.
     Siswa mendiskusikan dan mencatat tujuan organisasi tersebut secara tertulis.
     Siswa mendiskusikan dan mencatat siapa yang menjadi anggota dalam organisasi tersebut.
     Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara lisan.
§  Kegiatan Penutup
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru bertanya pada siswa, peraturan apa saja yang ada di sekolah, serta siapa yang akan menghukum siswa jika mereka melanggar peraturan itu.
§  Kegiatan Inti
     Guru menyiapkan diagram besar berisi hierarki kepemimpinan di sekolah.
     Guru bertanya kepada siswa tentang fungsi tiap jabatan dalam hierarki tersebut.
     Siswa menyiapkan pekerjaan yang telah dibuat dalam pertamuan sebelumnya.
     Siswa melanjutkan pekerjaan tersebut, yaitu membuat diagram hierarki kepemimpinan/struktur organisasi yang telah mereka kerjakan pada pertemuan sebelumnya.
     Siswa mendaftar sejumlah peraturan yang ia ketahui pada organisasi tersebut.
     Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara lisan.
§  Kegiatan Penutup
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.

E.  Sumber/Bahan Belajar
§  Gambar diagram struktur organisasi apa saja yang ada di lingkungan sekolah.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 60—62.
§  Lingkungan sekolah.
§  Masyarakat sekitar dan lingkungan kehidupan siswa di luar sekolah.

               G.  Penilaian 
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Mendeskripsikan pengertian organisasi.
§ Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
§ Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.




§ Merumuskan contoh struktur organisasi.
§ Merumuskan contoh tata tertib organisasi.
§ Tugas kelompok.
§ Observasi.








§ Penilaian tertulis.
§ Penilaian unjuk kerja (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi).
§ Keterlibatan anak dalam diskusi.
§ Menurutmu, siapakah yang berhak menjadi anggota organisasi pecinta perangko?






§ Siapa pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu?

Format Kriteria Penilaian      
&  1. Produk ( hasil diskusi )     
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  2. Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui
Kepala Sekolah



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

  ………..,  ................ 20 ..
   Guru Mapel PKN.



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN 001 Kasikan
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               :  2 (Dua)
Alokasi Waktu    :  4 x 35 menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi                           
3. Memahami kebebasan berorganisasi

Kompetensi Dasar
3.2  Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan berbagai macam organisasi di masyarakat, serta menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib organisasi-organisasi tersebut. 

B.   Materi Ajar
Contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat, beserta tujuan, anggota, struktur, tata tertib, dan fungsi organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru bertanya jawab kepada siswa tentang berbagai organisasi yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa atau organisasi apa saja yang diketahui oleh siswa (misalnya posyandu, karang taruna, lembaga les piano, atau klub sepak bola).  
§  Kegiatan Inti
     Siswa diajak menyebutkan berbagai organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat.
     Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang fungsi organisasi-organisasi di sekolah dan masyarakat.
     Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang manfaat bergabung dengan sebuah organisasi di sekolah atau masyarakat.
     Guru memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan 2 organisasi yang pernah, sedang, atau akan diikuti oleh siswa di lingkungan sekolah dan masyarakat, atau organisasi apa pun yang diketahui siswa.
     Siswa mengerjakan tugas.
     Guru memberi tugas kepada siswa untuk menuliskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib yang berlaku di kedua organisasi itu.
     Siswa mengerjakan tugas.
     Guru memeriksa pekerjaan siswa.
§  Kegiatan Penutup      
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru bertanya jawab kepada siswa tentang tugas yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya.  
§  Kegiatan Inti
     Guru memperkenalkan beberapa narasumber, yaitu pengurus sebuah organisasi yang ada di lingkungan sekolah atau masyarakat.
     Narasumber memperkenalkan diri, lalu menjelaskan gambaran umum organisasi dan pengalaman singkat mengikuti oranisasi itu.
     Siswa mengajukan diri untuk bertanya tentang tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib yang berlaku di organisasi itu, kemudian narasumber menjawabnya.
     Siswa mengajukan diri untuk bertanya tentang manfaat bergabung dengan organisasi itu bagi masyarakat.
     Guru menugaskan siswa menulis hal-hal yang telah mereka tangkap dari pertanyaan siswa dan penjelasan narasumber.
     Siswa mengerjakan tugas.
     Guru memeriksa pekerjaan siswa.
§  Kegiatan Penutup      
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
     Guru memperingatkan siswa untuk memfotokopi gambar halaman 69—73 pada buku teks, serta membawa pensil warna atau cryon pada pertemuan selanjutnya.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.   Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 63—68.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
§  Teman.
§  Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst.

               F.   Penilaian 
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.
§ Tugas kelompok.
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Tujuan organisasi Pramuka adalah ...
§  Jelaskan perbedaan organisasi dan perkumpulan!
§  Sebutkan organisasi apa saja yang ada di sekolahmu!
§  Sebutkan organisasi masyarakat yang ada di sekitar rumahmu!


Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




Mengetahui
Kepala Sekolah



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

  ………..,  ................ 20 ..
   Guru Mapel PKN.



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN 001 Kasikan
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (Lima)
Semeste                 :   2 (dua)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi                           
3. Memahami kebebasan berorganisasi

Kompetensi Dasar
3.3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengenal organisasi, memilih organisasi untuk diikuti, dan menjelaskan alasan memilih organisasi tersebut.

B.   Materi Ajar
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dan buruk dalam memilih dan memanfaatkan organisasi yang ada di masyarakat.

C.   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
§  Kegiatan Inti
     Siswa menyiapkan pensil warna atau cryon, serta fotokopi gambar halaman 69—73. 
     Siswa memilih gambar dan mewarnainya. 
     Siswa menceritakan gambar dan alasan mememilih gambar.
     Guru memeriksa pekerjaan siswa.

§  Kegiatan Penutup
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.   Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 69—73.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

F.   Penilaian 
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
§ Tugas individu.

§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar dan krea-tivitas pewar-naan gambar)
§ Untuk membantu menjaga kesehatan murid-murid di sekolah,  Made sebaiknya
§ Apabila Robert bercita-cita menjadi penegak hukum, di sekolah sebaiknya Robert bergabung dengan ....
§ Agar dapat mempelajari berbagai keterampilan untuk hidup di alam terbuka, di sekolah sebaiknya Dina bergabung dengan ....




 Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 

 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui
Kepala Sekolah



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

  ………..,  ................ 20 ..
   Guru Mapel PKN.



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :   SDN 001 Kasikan
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (Lima)
Semeste                 :  II (Dua)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi                           
4.   Menghargai keputusan bersama.  

Kompetensi Dasar
4.1 Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan definisi keputusan bersama.
§  Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk keputusan bersama.
§  Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.

B.     Materi Ajar
§  Pengertian keputusan bersama.
§  Bentuk-bentuk keputusan bersama.
§  Kemauan bermusyawarah untuk mufakat.

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru bertanya kepada siswa tentang peraturan yang beraku di rumah dan telah ditetapkan oleh oangtua, misalnya jam pulang sekolah, tugas menyiram bunga, dan tanggung jawab memberi makan hewan peliharaan.

§  Kegiatan Inti
     Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengertian keputusan bersama, bentuk-bentuk keputusan bersama, dan musyawarah untuk mufakat. 
     Siswa menuliskan pemahamannya tentang definisi keputusan bersama pada secarik kertas, lalu mengumpulkannya kepada guru.
     Seorang siswa membacakan semua definisi yang ditulis teman, lalu semua siswa membahasnya bersama guru.
     Siswa dan guru membuat generalisasi definisi keputusan bersama berdasarkan definisi yang telah dibuat oleh tiap siswa.
     Siswa menyebutkan jenis-jenis keputusan bersama, dan guru menuliskannya di papan tulis.
     Siswa maju ke depan kelas satu per satu, lalu menuliskan satu manfaat tentang musyawarah dan mufakat.

§  Kegiatan Penutup
     Guru dan siswa bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Guru dan siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
     Guru dan siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.     Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 82—87.
§  Orang tua.
§  Teman.

F.   Penilaian 
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Memahami definisi keputusan bersama.
§ Memahami  bentuk-bentuk keputusan bersama.
§ Memahami  prinsip-prinsip  musyawarah dan mufakat.
§ Tugas individu.



§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap.
§ Penilaian unjuk kerja
§ Mengapa keputusan bersama dianggap penting?
Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1
&  Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui
Kepala Sekolah



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

  ………..,  ................ 20 ..
   Guru Mapel PKN.



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN 001 Kasikan
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (Lima)
Semester               : II (Dua)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi                           
4.   Menghargai keputusan bersama.  

Kompetensi Dasar                               
4.2.    Memahami keputusan bersama.

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjalankan berbagai bentuk keputusan bersama, serta melaksanakan hasil musyawarah.
§  Siswa dapat menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.

B.     Materi Ajar
§   Reaksi terhadap keputusan bersama.

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan Kontekstual.
§  Pendekatan Cooperative Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Ceramah.
§  Penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§  Kegiatan Awal
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
     Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman menerima peraturan yang ditetapkan oleh orangtua, misalnya tugas menjaga adik, pembatasan waktu bermain, atau pengurangan jumlah uang jajan.
§  Kegiatan Inti
     Guru meminta siswa berkonsentrasi mendengarkan cerita/contoh kasus yang akan dibacakan oleh guru.
     Guru membacakan soal nomor 1 halaman 90, lalu meminta seorang anak untuk maju ke depan teman-teman dan menjawab pertanyaan a.
     Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi jawaban teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan masukan/saran tentang cara bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman, atau memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
     Guru meminta siswa yang lain untuk maju ke depan teman-teman dan menjawab pertanyaan b.
     Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi jawaban teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan masukan/saran tentang cara bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman, atau memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
     Guru meminta siswa yang lain untuk maju ke depan teman-teman dan menjawab pertanyaan c.
     Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi jawaban teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan masukan/saran tentang cara bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman, atau memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
     Kegiatan ini berlaku seterusnya bagi soal nomor 2 hingga 9. 

§  Kegiatan Penutup
     Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
     Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
     Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.     Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 90—96. 
§  Orangtua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.





F.     Penilaian 
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Memahami definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan mufakat..
§ Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.
§ Tugas individu
§ Penilaian sikap.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Keluargamu berbagi tugas membersihkan rumah. Kemu tidak senang membersihkan kamar mandi. Tetapi ayah menunjukmu membersihkan kamar mandi.
§ Apa pendapat Ayahmu tentang sikap ayahmu?
§ Di kelasmu sedang ada pemilihan ketua kelas. Ada dua calon ketua kelas, yaitu kamu dan Robert. Kamu ingin menjadi ketua kelas. Akan tetapi, wali kelasmu langsung memilih Robert sebagai ketua kelas.
   Apa yang kamu rasakan ketika mendengar keputusan tersebut?
   Apa pendapatmu tentang sikap wali kelasmu?
                               
Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1




&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui
Kepala Sekolah



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

  ………..,  ................ 20 ..
   Guru Mapel PKN.



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

No comments:

Post a Comment