RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
3.1 Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal
lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR,
DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dst.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian
pemerintah dan sistem pemerintahan.
§ Siswa dapat menjelaskan lembaga
legislatif.
§ Siswa dapat menjelaskan lembaga eksekutif.
§ Siswa dapat menjelaskan lembaga yudikatif.
§ Siswa dapat menjelaskan Badan Pemeriksa
Keuangan.
§ Siswa dapat menjelaskan Komisi Pemilihan
Umum.
B. Materi Ajar
§ Pengertian pemerintah.
§ Komponen pemerintahan di Indonesia.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative
Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Mengajak siswa bertanya jawab
tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur
sampai anak berangkat ke sekolah.
–
Mengajak siswa untuk menyebutkan
lembaga-lembaga negara (lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif) yang
dibimbing oleh guru. Tanya
jawab ini dikaitkan dengan sistem pemerintahan tingkat pusat yang akan dibahas.
§ Kegiatan Inti
–
Semua siswa diminta untuk
membaca dan memahami pengertian pemerintah, pemerintahan, dan sistem
pemerintahan.
–
Siswa menyebutkan
lembaga-lembaga negara tingkat pusat (lembaga legislatif, eksekutif, dan
yudikatif).
–
Guru bercerita tentang bacaan
dalam buku.
–
Bertanya jawab tentang
lembaga-lembaga negara tingkat pusat, yaitu lembaga legislatif (MPR, DPR, dan
DPD), eksekutif (presiden), dan yudikatif (Mahkamah Agung dan Mahkamah
Konstitusi), serta BPK dan Komisi Pemilihan Umum.
–
Mengajak siswa menyimak “Saya
Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
–
Mengajak siswa untuk berdiskusi
melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
–
Menugaskan siswa untuk
memberikan laporan hasil pengamatan tentang materi yang dibahas setelah
melakukan pengamatan sarana-sarana di lingkungan tempat tinggal siswa.
–
Mengajak siswa untuk
mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn di halaman
80-84.
§ Kegiatan Penutup
–
Bersama-sama dengan seluruh
siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
–
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Mengakhiri pelajaran dengan
mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah
Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian
pemerintah dan sistem pemerintahan
§ Menjelaskan lembaga legislatif
§ Menjelaskan lembaga eksekutif
§ Menjelaskan lembaga yudikatif
§ Menjelaskan Badan Pemeriksa
Keuangan
§ Menjelaskan Komisi Pemilihan
Umum
|
Tugas
individu
Tugas
kelom-pok
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§
|
§ Mengapa dalam suatu negara
harus ada pemerintahan?
§ Bagaimana susunan keanggotaan
dan kedudukannya?
§ Apa tugas dan wewenangnya?
§ Apa arti lembaga eksekutif?
§ Apa saja tugas-tugas presiden?
§ Mendiskusikan lembaga-lembaga
(MA, MK, dan KY).
§ Apa tugas dan kewenangan
lembaga-lembaga tersebut?
§ Apa tugas BPK?
§ Kepada siapa hasil tugas BPK
diserahkan?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit (1 pertemuan).
A.
Standar Kompetensi
3.1 Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
B.
Kompetensi Dasar
3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat
pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memahami lembaga eksekutif
(presiden).
D.
Materi Ajar
§ Lembaga eksekutif.
E.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative
Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
F.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Mengajak siswa bertanya jawab
tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
§ Kegiatan Inti
–
Semua siswa diminta untuk
mengamati lembaga eksekutif (presiden).
–
Bertanya jawab tentang lembaga
eksekutif (presiden).
§ Kegiatan Penutup
–
Bersama-sama dengan seluruh
siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
–
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Mengakhiri pelajaran dengan
mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
G.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah
Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 57-59, 65, 66.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
H. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Memahami lembaga eksekutif
(presiden).
|
§ Tugas individu
§ Tugas kelom-pok
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan penda-pat)
|
§ Sebutkan organisasi
pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para
menteri?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di
lingkungannya.
Kompetensi Dasar
4.1 Memberikan contoh
sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menceritakan proses
globalisasi.
§ Siswa dapat menyebutkan pengaruh
globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Siswa dapat menjelaskan sikap terhadap
pengaruh globalisasi.
B.
Materi Ajar
§ Arti globalisasi dan sejarahnya.
§ Kita di tengah-tengah globalisasi.
§ Sikap kita terhadap globalisasi.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative
Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Mengajak siswa bertanya jawab
tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur
sampai anak berangkat ke sekolah.
–
Mengajak siswa untuk
menceritakan globalisasi dan pengaruhnya yang dibimbing oleh guru.
§ Kegiatan Inti
–
Semua siswa diminta untuk
mengamati cerita sejarah globalisasi.
–
Siswa pun diajak untuk memahami
arti dan pengaruh globalisasi serta sikap dalam menghadapinya.
–
Guru bercerita tentang bacaan
dalam buku.
–
Bertanya jawab tentang pengaruh
globalisasi dan sikap siswa terhadap globalisasi.
–
Mengajak siswa menyimak “Saya
Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
–
Mengajak siswa untuk berdiskusi
melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
–
Mengajak siswa untuk
mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn di halaman
103-107.
§ Kegiatan Penutup
–
Bersama-sama dengan seluruh
siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
–
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Mengakhiri pelajaran dengan
mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah
Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 85-90, 91-96, 97-98.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menceritakan proses
globalisasi.
§ Menyebutkan pengaruh
globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Menjelaskan sikap terhadap
pengaruh globalisasi.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian lisan (keberanian
menyampaikan pendapat)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan
perilaku)
|
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Buatlah tabel mengenai makanan impor apa
saja yang digemari di
§ Mengapa permainan playstation atau game
di komputer di
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit (1 pertemuan).
Standar
Kompetensi
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di
lingkungannya.
Kompetensi Dasar
4.2 Mengidentifikasi
jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan
internasional.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan globalisasi
kebudayaan.
B.
Materi Ajar
§ Sikap kita terhadap globalisasi.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative
Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Mengajak siswa bertanya jawab
tentang kebudayaan apa saja yang ada di Indonesia .
–
Dilanjutkan dengan mengajak
siswa untuk menyebutkan contoh kebudayaan di Indonesia , seperti tarian
tradisional, dan contoh kebudayaan asing.
§ Kegiatan Inti
–
Semua siswa diminta untuk
mengamati kebudayaan yang ada di Indonesia .
–
Bertanya jawab tentang
kebudayaan di Indonesia
dibandingkan dengan kebudayaan asing.
§ Kegiatan Penutup
–
Bersama-sama dengan seluruh
siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
–
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Mengakhiri pelajaran dengan
mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah
Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 95, 96.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menjelaskan globalisasi
kebudayaan.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan
perilaku)
|
§ Buatlah daftar mengenai jenis budaya
asing yang kini popular di Indonesia.
§ Mengapa globalisasi terjadi?
§ Sebutkan jenis budaya Indonesia yang
pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di
lingkungannya.
Kompetensi Dasar
4.3 Menentukan sikap
terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan sikap kita
terhadap globalisasi.
B.
Materi Ajar
§ Sikap kita terhadap globalisasi.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative
Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Mengajak siswa bertanya jawab
tentang globalisasi di Indonesia .
§ Kegiatan Inti
–
Semua siswa diminta untuk
mengamati pengaruh globalisasi di Indonesia .
–
Mengajak siswa untuk bersikap
terhadap pengaruh globalisasi.
§ Kegiatan Penutup
–
Bersama-sama dengan seluruh
siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
–
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Mengakhiri pelajaran dengan
mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah
Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 97, 98.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan
perilaku)
|
§
Mengisi
kolom skala sikap.
§
Mengapa
globalisasi terjadi?
§
Bagaimana
cara sikap kita terhadap globalisasi?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
No comments:
Post a Comment