RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : I (Satu)
Alokasi
Waktu :
4 x 35 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengenal lembaga-lembaga
dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan lingkungan desa.
§ Siswa dapat menyebutkan perangkat desa.
§ Siswa dapat menyebutkan sumber keuangan desa.
§ Siswa dapat menjelaskan lingkungan kelurahan.
§ Siswa dapat menyebutkan perangkat kelurahan.
§ Siswa dapat menyebutkan sumber keuangan kelurahan.
§ Siswa dapat menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan
perangkatnya.
B.
Materi Ajar
§ Desa.
§ Kelurahan.
§ Kecamatan.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan kontekstual.
Pendekatan Cooperative Learning.
Diskusi dengan teman sebangku.
Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Mengajak siswa bertanya jawab
tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur
sampai anak berangkat ke sekolah.
–
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang di lingkungan mana siswa hidup.
–
Mengajak siswa untuk
menyebutkan lingkungan pemerintahan dari tingkatan yang paling kecil (desa,
kelurahan, kecamatan, dan seterusnya) yang dibimbing oleh guru. Tanya jawab ini
dikaitkan dengan sistem pemerintahan (desa, kelurahan, dan kecamatan) yang akan
dibahas.
§ Kegiatan Inti
–
Semua siswa diminta untuk
menyebutkan tingkatan pemerintahan yang ada di Indonesia
(desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten, kota ,
dan provinsi).
–
Guru bercerita tentang bacaan
dalam buku.
–
Bertanya jawab tentang
pemerintahan dari tingkatan pemerintahan yang paling kecil, misalnya:
pemerintahan terendah ada pada desa atau kelurahan; lalu, beberapa desa atau
kelurahan digabungkan ke dalam suatu kecamatan; lalu, beberapa kecamatan
digabungkan ke dalam kota
atau kabupaten; dan seterusnya.
–
Menyimak pemahaman pengertian
desa/kelurahan/kecamatan, termasuk perangkat-perangkatnya.
–
Mengajak siswa menyimak “Saya
Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
–
Mengajak siswa untuk berdiskusi
melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
–
Menugaskan siswa untuk
memberikan laporan hasil pengamatan tentang materi yang dibahas setelah
melakukan kunjungan-kunjungan ke kantor instansi.
–
Mengajak siswa untuk
mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn di halaman 28-32.
§ Kegiatan Penutup
–
Bersama-sama dengan seluruh
siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
–
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Mengakhiri pelajaran dengan
mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar
Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 1-10,
11-14, 15-16.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menjelaskan lingkungan desa.
§ Menyebutkan perangkat desa.
§ Menyebutkan sumber keuangan
desa
§ Menjelaskan lingkungan
kelurahan.
§ Menyebutkan perangkat
kelurahan.
§ Menyebutkan sumber keuangan
kelurahan.
§ Menjelaskan lingkungan
kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan
perilaku)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan
perilaku)
|
§ Mengapa pemerintah desa dapat
memanfaatkan kekayaan desa sebagai dana penyelenggaraan pemerintah desa?
§ Mengumpulkan laporan dan
mencatat hasil diskusi: mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada
kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah?
§ Mengumpulkan laporan dan
mencatat hasil diskusi: mengapa semua perangkat kecamatan bertanggung jawab
kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari pemerintah?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
Kompetensi Dasar
1.2 Menggambarkan struktur organisasi desa dan
pemerintah kecamatan.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memahami gambar struktur pemerintahan desa.
§ Siswa dapat memahami gambar struktur pemerintahan kelurahan.
§ Siswa dapat memahami gambar struktut pemerintahan kecamatan.
B.
Materi Ajar
§ Struktur pemerintahan desa.
§ Struktur pemerintahan kelurahan.
§ Struktur pemerintahan kecamatan.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Mengajak siswa bertanya jawab
tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
–
Dilanjutkan dengan mengajak
siswa untuk menyebutkan struktur organisasi/pemerintahan desa, kelurahan, dan
kecamatan.
§ Kegiatan Inti
–
Semua siswa diminta untuk
mengamati gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
–
Bertanya jawab tentang
bagaimana hubungannya dengan perangkat-perangkatnya.
§ Kegiatan Penutup
–
Bersama-sama dengan seluruh
siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
–
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Mengakhiri pelajaran dengan
mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar
Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 9, 13, 16.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Memahami gambar struktur
pemerintahan desa,
§ Memahami gambar struktur
pemerintahan kelurahan,
§ Memahami gambar struktur
pemerintahan kecamatan.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan
perilaku)
§ Penilaian tulisan
§ Penilaian sikap (pengamatan
perilaku)
|
§ gambarkan struktur pemerintahan
desa.
§ gambarkan struktur pemerintahan
kelurahan.
§ gambarkan struktur pemerintahan
kecamatan.
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
2.
Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan
provinsi.
Kompetensi Dasar
2.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan
pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota.
§ Siswa dapat menyebutkan kewenangan pemerintah kabupaten/kota.
§ Siswa dapat menjelaskan pemerintahan provinsi.
§ Siswa dapat menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi.
§ Siswa dapat memahami tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
B.
Materi Ajar
§ Pemerintah kabupaten/kota.
§ Pemerintah provinsi di Indonesia .
§ Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Mengajak siswa bertanya jawab
tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur
sampai anak berangkat ke sekolah.
–
Dilanjutkan dengan bertanya
jawab tentang di lingkungan mana siswa hidup (kabupaten/kota dan provinsi).
–
Mengajak siswa untuk
menyebutkan lingkungan pemerintahan kabupaten, kota , dan provinsi yang dibimbing oleh guru.
Tanya jawab ini dikaitkan dengan pemerintahan kabupaten, kota , dan provinsi yang akan dibahas.
§ Kegiatan Inti
–
Semua siswa diminta untuk
menyebutkan lingkungan pemerintahan kabupaten, kota , dan provinsi) di Indonesia.
–
Guru bercerita tentang bacaan
dalam buku.
–
Bertanya jawab tentang
pemerintahan (kabupaten, kota ,
dan provinsi) serta perangkatnya.
–
Menyimak pemahaman pengertian kabupaten/kota
dan provinsi.
–
Mengajak siswa menyimak “Saya
Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
–
Mengajak siswa untuk berdiskusi
melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
–
Mengajak siswa untuk
mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket PKn di halaman
45-48.
§ Kegiatan Penutup
–
Bersama-sama dengan seluruh
siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
–
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Mengakhiri pelajaran dengan
mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar
Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 33-37,
38-41, 41-42.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menjelaskan pemerintahan
kabupaten/kota.
§ Menyebutkan kewenangan
pemerintah kabupaten/kota.
§ Menjelaskan pemerintahan
provinsi.
§ Menyebutkan kewenangan
pemerintah provinsi.
§ Memahami tugas, wewenang, hak,
dan kewajiban DPRD.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian lisan
§ Penilaia unjuk kerja
(keberani-an untuk menyam-paikan pendapat)
|
§ Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah?
§ Mengapa gubernur wajib memegang teguh dan
mengamalkan Pancasila dan UUD 1945?
§ Jelaskan pemerintahan
kabupaten/kota.?
§ Sebutkan kewenangan pemerintah
kabupaten/kota.?
§ Jelaskan pemerintahan
provinsi.?
§ Sebutkan kewenangan pemerintah
provinsi.?
§ Jelaskan tugas, wewenang, hak,
dan kewajiban DPRD ?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IV (Empat)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit (1 pertemuan).
Standar
Kompetensi
2.
Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan
provinsi.
Kompetensi
Dasar
2.2 Menggambarkan struktur organisasi kabupaten,
kota, dan provinsi.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota.
§ Siswa dapat memahami gambar struktur pemerintahan provinsi.
B.
Materi Ajar
§ Struktur pemerintah kabupaten/kota.
§ Struktur pemerintah provinsi di Indonesia .
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Penugasan.
C. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua
§ Kegiatan Awal
–
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
–
Mengajak siswa bertanya jawab
tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
–
Dilanjutkan dengan mengajak
siswa untuk menyebutkan struktur organisasi/pemerintahan kabupaten/kota dan
provinsi.
§ Kegiatan Inti
–
Semua siswa diminta untuk
mengamati gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
–
Bertanya jawab tentang
bagaimana hubungannya dengan perangkat-perangkatnya.
§ Kegiatan Penutup
–
Bersama-sama dengan seluruh
siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
–
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui ketercapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
–
Mengakhiri pelajaran dengan
mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar
Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, P.Pd.) hlm. 35, 40.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Memahami gambar struktur
pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
|
§ gambarkan struktur pemerintahan kabupaten/
kota.?
§ gambarkan struktur pemerintahan provinsi.?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
No comments:
Post a Comment