RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu
: 2 x 35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi
1. Menghargai nilai-nilai juang
dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan
nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu
mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
§ Siswa mampu menjelaskan
proses perjuangan meraih kemerdekaan.
§ Siswa mampu menyebutkan
macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
§ Siswa mampu menceritakan
arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§ Siswa mampu menceritakan
arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
B.
Materi Ajar
§ Indonesia dijajah oleh
bangsa asing.
§ Kebangkitan Nasional.
§ Sumpah Pemuda.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
– Mengajak siswa bertanya
jawab tentang kegiatan selama liburan.
– Dilanjutkan dengan
bertanya jawab tentang nama dan asal pahlawan Indonesia.
§ Kegiatan Inti
– Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
– Bertanya jawab mengenai
suasana pada masa penjajahan.
– Bertanya jawab mengenai
bangsa apa yang pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
– Guru menunjukkan
foto/gambar para pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
– Guru menjelaskan mengapa
timbul perlawanan rakyat di berbagai wilayah.
– Guru bertanya mengapa
perlawanan di berbagai wilayah selalu dapat ditindas.
– Bersama pasangan, siswa
ditugaskan mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
– Membaca secara bergantian
mengenai Kebangkitan Nasional.
– Berdiskusi mengenai
mengapa timbul kesadaran berbangsa.
– Guru menjelaskan
asal-usul Hari Kebangkitan Nasional.
– Guru bertanya mengenai
nilai-nilai Hari Kebangkitan Nasional pada masa kini.
– Melanjutkan membaca teks
mengenai Sumpah Pemuda.
– Menjelaskan kepada siswa
mengapa timbul Sumpah Pemuda.
– Bersama-sama mengucapkan
sumpah pemuda dengan baik dan sungguh-sungguh.
– Guru menugaskan siswa
untuk menjelaskan isi dan maksud Sumpah Pemuda.
– Untuk pengayaan dan untuk
mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal
yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn yaitu halaman 4.
§ Kegiatan Penutup
– Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
– Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Mengakhiri pelajaran
dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto para pahlawan.
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan
Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 1-3, 3-4.
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ mendiskripsi-kan nilai-nilai
juang para pahlawan
§ Menceritakanarti dan nilai
Kebangkitan Nasional.
§ Menceritakan arti dan nilai
Sumpah Pemuda
§ Menyebutkan isi Pancasila
§ Memahami nilai tiap-tiap butir
Pancasila
|
§ Tugas individu
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulis
§ Penilaian sikap
|
§ Menceritakan mengapa Indonesia
dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
§ Menjelaskan nilai yang
terkandung pada Sumpah Pemuda untuk diterapkan pada masa sekarang ini.
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu
: 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
1. Menghargai
nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.2 Menceritakan
secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar
Negara.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menceritakan
nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§ Siswa mampu menyebutkan
isi perumusan Negara RI.
§ Siswa mampu menyebutkan
isi Piagam Jakarta.
§ Siswa mampu menyebutkan
isi Pancasila dengan baik dan tepat.
§ Siswa mampu memahami
nilai tiap butir Pancasila.
B.
Materi Ajar
§ Persiapan Kemerdekaan
Indonesia.
§ Badan Penyelidik
Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§ Perumusan Dasar Negara
RI.
§ Panitia Sembilan.
§ Panitia Persiapan
Kemerdekaan Indonesia.
§ Rumusan Pancasila yang
disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
– Mengajak siswa bertanya
jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
– Dilanjutkan dengan
bertanya jawab tentang isi dan makna Sumpah Pemuda yang telah dipelajari pada
pertemuan sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
– Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
”Persiapan Kemerdekaan Indonesia”.
– Bertanya jawab tentang
gambaran keadaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
– Melanjutkan membaca teks
tentang BPUPKI secara bergiliran.
– Bertanya jawab tetang
tujuan dibentuknya BPUPKI.
– Melanjutkan membaca teks
tentang Perumusan Dasar Negara RI.
– Guru bertanya calon
rumusan siapakah yang paling mendekati dengan isi Dasar Negara Pancasila.
– Melanjutkan membaca teks
mengenai Panitia Sembilan secara bergiliran.
– Guru menjelaskan hasil
kerja Panitia Sembilan.
– Membaca teks mengenai
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
– Dilanjutkan dengan membaca
Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
– Menyebutkan bersama-sama
rumusan Pancasila yang disahkan.
– Guru menugaskan siswa
untuk menjelaskan nilai yang terkandung pada setiap butir Pancasila.
– Membaca kemudian
menjelaskan dengan kata-kata sendiri mengenai makna lambang Garuda Pancasila.
– Menyanyikan lagu Gaaruda
Pancasila dengan semangat dan sikap sempurna.
– Untuk pengayaan dan untuk
mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal
yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn yaitu halaman 10.
§ Kegiatan Penutup
– Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
– Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Mengakhiri pelajaran
dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto Garuda
Pancasila.
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan
Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 4-7, 7-11.
§ Buku referensi lain.
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menceritakan nilai
kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§ Menyebutkan isi
perumusan Negara RI.
§ Menyebutkan isi Piagam
Jakarta.
§ Menyebutkan isi
Pancasila dengan baik dan tepat.
§ Memahami nilai tiap
butir Pancasila.
|
§ Tugas individu
|
§ penilaian lisan,
penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
|
Menjelaskan mengapa terjadi
perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
1. Menghargai nilai-nilai juang
dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.3 Meneladani nilai-nilai
juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar
Negara dalam kehidupan sehari-hari.
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menerapkan nilai-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
B.
Materi Ajar
Meneladani nilai-nilai perjuangan.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif
Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
– Mengajak siswa bertanya
jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
– Dilanjutkan dengan
bertanya jawab tentang makna Garuda Pancasila yang telah dipelajari pada
pertemuan sebelumnya.
– Mengajak siswa untuk
menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan semangat dan bersungguh-sungguh.
§ Kegiatan Inti
– Bertanya jawab tentang
agama yang diakui di Indonesia beserta
tempat ibadahnya.
– Guru menugaskan siswa
untuk menjawab pertanyaan dengan memilih gambar yang tepat sesuai dengan
nilai-nilai perjuangan.
– Membahas bersama
soal-soal.
– Guru menugaskan siswa
untuk mewarnai dengan baik jawaban soal yang tepat.
– Bertanya jawab mengenai
nilai yang dipesankan pada setiap kasus.
– Siswa diingatkan untuk
mempelajari kembali materi mengenai perjuangan meraih kemerdekaan, proses
perumusan Pancasila dan meneladani nilai-nilai perjuangan. Kemudian berlatih
soal-soal latihan pada ”Ayo Belajar” hal. 21-24, untuk menghadapi ulangan
harian pada pertemuan berikutnya.
§ Kegiatan Penutup
– Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
– Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Mengakhiri pelajaran
dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
ulangan harian.
§ Kegiatan Inti
– Siswa diminta untuk
menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena
akan diadakan ulangan harian.
– Siswa diberikan lembar
soal ulangan harian.
– Siswa diingatkan mengenai
waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi
bila peserta didik menyontek.
– Guru mengumpulkan kertas
ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto para
pahlawan.
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah
Sriwilujeng M.Pd.) hal. 12-20, 21-24.
§ Buku referensi lain.
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menerapkan nila-nilai juang
para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan seharí-hari.
§ Mengerjakan soal dengan baik
berkaitan dengan materi mengenai nila-nilai juang dalam proses perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
§ Tugas individu
§ Tugas latihan.
§ Ulangan harian
|
§ Penilain tulisan.
§ Penam-pilan kap.
§ Pilihan ganda.
Essai.
|
§ Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam
rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
§ Robert melihat temannya
berkelahi. Sikap yang seharusnya diambil Robert adalah….
§ Arti Pancasila adalah ....
a. tiga sila
b.empat sila
c. lima sila
d. enam sila
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 4x
35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
2. Memahami sistem pemerintahan
Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menceritakan
proses pemilu di Indonesia.
§ Siswa mampu menyebutkan
arti san asas pemilihan umum di Indonesia.
§ Siswa mampu menyebutkan
tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
§ Siswa mampu menyebutkan
tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004.
§ Siswa mampu menyebutkan
persyaratan calon Presiden dan Wakil Presiden.
§ Siswa mampu menyebutkan
daftar Presiden RI.
§ Siswa mampu menyebutkan
tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
§ Siswa mampu menyebutkan
larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.
§ Siswa mampu menyebutkan
aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
§ Siswa mampu menyebutkan
aturan Peraturan Pemerintah (PP).
B.
Materi Ajar
§ Arti dan asas Pemilu
§ Pelaksanaan Pemilu
§ Proses Pemilu Presiden
dan Wakil Presiden
§ Pemilihan Kepala Daerah
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
– Membahas tugas yang
pekerjaan rumah.
– Dilanjutkan dengan
bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
– Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
Pemilihan Umum di Indonesia.
– Bertanya jawab mengenai
arti dan asas Pemilu
– Guru bertanya tentang
tujuan diadakannya Pemilu.
– Siswa menceritakan proses
Pemilu yang pernah dilihat oleh siswa baik secara langsung ataupun melalui
layar kaca.
– Bertanya jawab mengenai
syarat Presiden menurut masing-masing siswa.
– Semua siswa mengamati
lambang tiga peserta pada zaman Orde Baru.
– Guru mengajak siswa
menyebutkan nama-nama Presiden RI dan wakilnya.
– Semua siswa mengamati
gambar daftar Presiden RI.
– Guru menjelaskan tujuan
dan pelaksanaan kampanye
– Guru bertanya tentang
pengalaman para siswa mengikuti pemilihan di kelasnya, contohnya pemilihan
ketua kelas atau ketua OSIS.
– Bertanya jawab mengenai
sikap yang seharusnya dimiliki pada saat mengikuti pemilihan.
§ Kegiatan Penutup
– Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
– Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Mengakhiri pelajaran
dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto Pemilu.
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan
Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 25-43.
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menceritakan proses Pemilu di Indonesia.
§ Menyebutkan arti dan asas
Pemilihan Umum di Indonesia.
§ Menyebutkan tahun-tahun
pemilihan umum di Indonesia.
§ Menyebutkan tiga tahapan dalam
pemilu tahun 2004.
§ Menyebutkan persyaratan calon
presiden dan wakil presiden.
§ Menyebutkan daftar presiden RI.
§ Menyebutkan tugas dan wewenang
KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
§ Mengetahui larangan-larangan
pada pelaksanaan kampanye.
§ Menyebutkan aturan-aturan
pemilihan Kepala Daerah.
§ Menyebutkan aturan Peraturan
Pemerintah (PP).
|
§ Tugas Individu
§ Tugas berpasangan
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulisan
|
§ Menjelas-kan mengapa di negara
kita diadakan pemilihan umum.
§ Mengapa pelaksanaan kampanye
harus diatur sedemikian rupa?
§ Buatlah laporan proses
pemilihan ketua kelas di sekolahmu
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2x
35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi
2. Memahami sistem pemerintahan
Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar
2.2 Mendeskripsikan lembaga-lembaga
negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menyebutkan
lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
§ Siswa mampu menyebutkan
wewenang MPR.
§ Siswa mampu menyebutkan
tugas, fungsi, dan hak-hak DPR.
§ Siswa mampu menyebutkan
tugas-tugas DPD.
§ Siswa mampu menyebutkan
tugas-tugas legislatif Presiden bersama DPR.
§ Siswa mampu menyebutkan
tugas BPK.
§ Siswa mampu menyebutkan
tugas-tugas Mahkamah Agung (MA).
§ Siswa mampu menyebutkan
kewenangan MK.
§ Siswa mampu menyebutkan
fungsi Komisi Yudisial.
B.
Materi Ajar
§ Majelis Permusyawaratan
Rakyat (MPR).
§ Dewan Perwakilan Rakyat
(DPR).
§ Dewan Perwakilan Daerah
(DPD).
§ Presiden.
§ Badan Pemeriksa Keuangan
(BPK).
§ Kekuasaan Kehakiman.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
– Membahas tugas yang
pekerjaan rumah.
– Dilanjutkan dengan
bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
– Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
Lembaga-lembaga Negara.
– Guru bertanya tentang
fungsi lembaga negara.
– Berdiskusi mengenai
suasana suatu negara apabila tidak memiliki pemerintah.
– Guru menjelaskan
lembaga-lembaga negara RI.
– Berdiskusi mengenai
sistem pemerintahan negara RI.
– Siswa diminta untuk
mengamati bagan hubungan lembaga negara RI.
– Guru menjelaskan bagan
hubungan lembaga negara RI.
– Guru menjelaskan asas
pemerintahan Indonesia.
§ Kegiatan Penutup
– Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
– Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Mengakhiri pelajaran
dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar/foto
lembaga-lembaga negara.
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan
Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 43-50.
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ -Menyebut-kan lembaga-lembaga
negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen.
§ Menyebutkan wewenang MPR.
§ Menyebutkan tugas, fungsi, dan
hak-hak DPR.
§ Menyebutkan tugas-tugas DPD.
§ Menyebutkan tugas-tugas
legislatif Presiden bersama DPR.
|
Tugas Individu
|
§ Penilaian tulisan.
|
§ Menjelas-kan mengapa dalam
suatu negara diperlukan lembaga-lembaga negara (eksekutif, legislatif, dan
yudikatif).
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 4x
35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
2. Memahami
sistem pemerintahan Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar
2.3 Mendeskripsikan tugas dan fungsi
pemerintahan pusat dan daerah.
A.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mampu menyebutkan
tugas dan fungsi pemerintahan pusat.
§ Siswa mampu menyebutkan
tugas masing-masing antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
§ Siswa mampu menyebutkan
tugas dan fungsi pemerintah daerah.
§ Siswa mampu menyebutkan
perangkat daerah.
B.
Materi Ajar
§ Majelis Permusyawaratan
Rakyat (MPR).
§ Dewan Perwakilan Rakyat
(DPR).
§ Dewan Perwakilan Daerah
(DPD).
§ Presiden.
§ Badan Pemeriksa Keuangan
(BPK).
§ Kekuasaan Kehakiman.
C.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
– Membahas tugas pekerjaan
rumah.
– Dilanjutkan dengan
bertanya jawab tentang pelajaran terakhir yang dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
– Semua siswa diminta
menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai
Pemerintah Pusat.
– Guru bertanya mengenai
defenisi pemerintah.
– Tanya jawab tentang
sistem pemerintahan Indonesia.
– Tanya jawab mengenai
defenisi hukum.
– Berdiskusi mengenai aparat
penegak hukum dan fungsinya.
– Guru menjelaskan sistem
pemerintah pusat.
– Siswa membaca teks
mengenai hubungan pemerintah pusat dan daerah.
– Bersama-sama menyebutkan
susunan pemerintah daerah.
– Guru memberi penjelasan
mengenai pemerintah daerah dan fungsinya.
– Berdiskusi mengenai
otonomi daerah dan fungsinya
– Bertanya jawab mengenai
manfaaat otonomi daerah.
– Guru menugaskan siswa
untuk membuat bagan perbandingan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
– Semua siswa ditugaskan
untuk mengerjakan tugas ”Ayo Bercerita”.
– Siswa diingatkan untuk
mempelajari kembali materi mengenai pemilihan umum di Indonesia, proses pemilu
Presiden/Wakil Presiden dan pilkada, lembaga-lembaga negara, serta pemerintahan
pusat dan pemerintahan daerah, kemudian berlatih soal-soal latihan pada ”Ayo
Belajar” hal 58-60, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
§ Kegiatan Penutup
– Bersama-sama dengan
seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
– Bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Mengakhiri pelajaran
dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
– Mengajak semua siswa
bersoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
ulangan harian.
§ Kegiatan Inti
– Siswa diminta untuk
menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena
akan diadakan ulangan harian.
– Siswa diberikan lembar soal
ulangn harian.
– Siswa diingatkan mengenai
waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi
bila peserta didik menyontek.
– Guru mengumpulkan kertas
ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telas selesai.
§ Kegiatan Penutup
– Siswa diingatkan untuk
mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang mengenal peranan Indonesia di Asia
Tenggara.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§ Bagan pemerintah pusat
dan daerah.
§ Foto/gambar aparat
penegak hukum.
§ Buku paket (Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan
Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 51- 54, 54-57.
§ Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menyebutkan tugas dan fungsi
pemerintah pusat.
§ Menyebutkan tugas masing-masing
antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
§ Menyebutkan tugas dan fungsi
pemerintah daerah.
§ Menyebutkan perangkat daerah
§ Mengerjakan soal dengan baik
berkaitan dengan materi mengenai Pemilihan Umum di Indonesia, proses Pemilu
Presiden/ Wakil Presiden dan Pilkada, lembaga-lembaga negara serta pemerintah
pusat dan pemerintah daerah
|
Tugas Kelompok
Ulangan harian.
|
§ Penilaian tulisan
§ Pilihan ganda.
§ Penilaian lisan atau tertulis
(uraian).
|
§ Mencerita-kan pengalaman tentang
kampanye pemilu atau pilkada di daerah masing-masing.
§ Kekuasa-an tertinggi negara berada di
tangan ...
a. DPR
b. MPR
c. Presiden
d. menteri
§ Apa yang dimaksud
dengan pemilihan umum?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
No comments:
Post a Comment