RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester :
I (Satu)
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
1. Memahami
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.1. Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
A. Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat
mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
§ Siswa dapat
mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan
bujurnya.
§ Siswa dapat memahami
tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Siswa memahami fungsi
wilayah darat NKRI.
§ Siswa memahami fungsi
wilayah laut NKRI.
§ Siswa memahami fungsi
wilayah udara NKRI.
B. Materi Ajar
§ Batas wilayah NKRI,
luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan
batas-batas fisik NKRI.
§ Fungsi wilayah darat,
laut, dan udara NKRI.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan
Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Guru dan siswa
bertanya jawab tentang fungsi peta dunia.
§ Kegiatan Inti
– Guru menyiapkan
sebuah peta dunia yang besar dan dapat dilihat oleh semua siswa.
– Guru menjelaskan
batas-batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa
menyimaknya.
– Guru menunjuk
batas-batas tersebut pada peta secara acak dan berulang-ulang, dan siswa
menebaknya dengan cepat.
– Guru menyiapkan kelas
diskusi.
– Siswa berdiskusi
tentang tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru.
– Siswa menceritakan
hasil diskusi secara bergiliran.
§ Kegiatan Penutup
– Siswa dan guru
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui
pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Siswa dan guru
membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Guru dan siswa
bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman
naik pesawat terbang.
§ Kegiatan Inti
– Guru dan siswa
bertanya jawab secara general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara
NKRI.
– Guru membagi jumlah
siswa di kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
– Guru mengundi topik
darat, laut, atau udara untuk semua kelompok.
– Siswa berdiskusi
tentang topik yang mereka dapatkan.
– Siswa melaporkan
hasil dikusi secara lisan di depan teman-teman.
– Teman-teman dari
kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.
§ Kegiatan Penutup
– Siswa dan guru
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk
mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Siswa dan guru
membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Peta dunia.
§ Gambar/foto
tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan
udara.
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng,
M.Pd.) hlm. 1—3.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian NKRI
§ Menyebutkan dasar hukum NKRI.
§ Menjelaskan satuan daerah
otonom dalam NKRI.
§ Menjelaskan tentang hubungan
luar negeri yang dilakukan NKRI
§ Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan
pengaruhnya terhadap NKRI.
§ Menunjukkan sisi utara selatan,
timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang
menjadi batas NKRI.
§ Menyebutkan posisi lintang dan
bujur NKRI.
§ Memahami tujuan penetapan
batas-batas fisik NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah
daratan NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah laut
NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah
udara NKRI.
|
§ Diskusi kelompok
§ Diskusi kelompok
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan
perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (hasil
diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan
perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
|
§ NKRI adalah ....
§ Indonesia merupakan negara
berbentuk ....
§ Satuan daerah otonom dalam NKRI
misalnya ....
§ Indonesia memiliki bentuk
negara kesatuan karena ....
§ NKRI perlu mengadakan Pemilihan
Umum untuk ....
§ Batas utara NKRI adalah ....
§ Batas selatan NKRI adalah ....
§ Batas barat NKRI adalah ....
§ Batas timur NKRI adalah ....
§ Indonesia terletak di ...
derajat ...
§ sampai ... derajat ..., dan ...
derajat ...
§ sampai ... derajat ....
§ Fungsi wilayah daratan NKRI
adalah ....
§ Fungsi wilayah laut NKRI adalah
....
§ Fungsi wilayah udara NKRI
adalah ....
§ Zona Ekonomi Eksklusif adalah
....
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 6 x
35 menit (3 pertemuan).
Standar Kompetensi
1. Memahami
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memahami
arti penting keutuhan NKRI.
§ Siswa dapat
menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.
§ Siswa dapat
menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial budaya,
ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
B. Materi Ajar
§ Arti penting keutuhan
NKRI
§ Fungsi Pancasila
sebagai perekat persatuan bangsa
§ Makna kesatuan
wilayah Indonesia
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan
Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
– Guru bertanya kepada
siswa tentang kegiatan apa saja yang siswa lakukan setelah pulang dari sekolah.
§ Kegiatan Inti
– Guru berceramah
kepada siswa tentang kehidupan siswa yang damai dan tenang dalam melaksanakan
aktivitas sehari-hari (sekolah, bermain, berpergian, dan lain-lain);
hubungannya dengan keragaman dan kekayaan budaya; kedaulatan Indonesia sebagai
negara kesatuan; serta legalitas negara
yang lengkap dengan hukum dan peraturan.
– mengatur kelas
diskusi dan membagi jumlah siswa dalam beberapa kelompok.
– Siswa mendiskusikan
arti penting keutuhan NKRI dengan panduan guru.
– Siswa menceritakan
hasil diskusi secara bergiliran di depan teman-teman.
– Siswa lain menanggapi
hasil diskusi kelompok teman.
§ Kegiatan Penutup
– Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui
pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Siswa dan guru
membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
– Guru dan siswa
bertanya jawab tentang rutinitas siswa belajar di rumah.
§ Kegiatan Inti
– Guru meminta
seorang siswa membaca Pancasila dengan lantang di depan teman-teman, lalu siswa lain menirukannya.
– Siswa memperhatikan
gambar lambang kelima sila pada burung garuda, dan guru menjelaskan makna
lambang tersebut.
– Guru menunjuk lambang
sila pada gambar burung garuda secara acak dan siswa menebak menyebutkan isi
silanya secara bersama-sama.
– Guru bercerita
tentang sebab-seBab dirumuskannya Pancasila.
– Guru mengatur kelas
untuk berdiskusi dan membagi siswa dalam beberapa kelompok.
– Siswa mendiskusikan
fungsi Pancasila bagi NKRI dengan
panduan guru.
– Siswa melaporkan
hasil diskusi secara berkelompok.
§ Kegiatan Penutup
– Siswa dan guru
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk
mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Siswa dan guru
membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan.
Pertemuan Ketiga
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
– Guru mengajak siswa
bertanya jawab tentang kebiasaan membaca buku.
§ Kegiatan Inti
– Guru memperkenalkan
kosakata dalam berbagai segi kehidupan bernegara (misalnya kata “politik”,
“sosial”, “budaya”, “ekonomi”, “pertahanan-keamanan”), lalu menjelaskan makna
kata-kata itu secara general.
– Siswa dan guru
bertanya jawab tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik,
sosial, budaya, ekonomi,
pertahanan-keamanan secara general.
– Guru menyiapkan kelas
diskusi.
– Siswa berdiskusi
tentang makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik, sosial, budaya,
ekonomi, dan pertahanan-keamanan.
– Siswa melaporkan
hasil diskusi.
3. Kegiatan Penutup
– Siswa dan guru
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk
mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Siswa dan guru
membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
– Guru mengingatkan
siswa untuk memfotokopi gambar pada halaman 14—18 buku teks, serta membawa
pensil warna atau cryon pada pertemuan selanjutnya.
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pertemuan.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng,
M.Pd.) hlm. 5—9.
§ Berbagai buku sejarah
perjuangan bangsa.
§ Burung garuda
Pancasila, beserta tamengnya.
§ Lagu ”Garuda
Pancasila”.
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Memahami
arti penting keutuhan NKRI.
§ Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan
bangsa.
§
Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan
bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).
|
§ Tugas individu.
Tugas berkelompok
Tugas
individu
|
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja (hasil
diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian daya nalar.
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Logika dan kreativitas contoh
yang diberikan siswa.
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian anak mengungkapkan isi pikiran)
|
§ Apa maksud semboyan Bhinneka
Tunggal Ika?
§ Apa saja usaha yang dilakukan
pemimpin bangsa kita dahulu dalam mewujudkan NKRI?
§ Mengapa Indonesia berbentuk negara kesatuan?
§ Apa alasan dibentuknya
Pacasila?
§ Apa fungsi Pancasila bagi NKRI?
§ Apa makna kesatuan wilayah
Indonesia dari segi ekonomi?
§ Apa makna kesatuan wilayah
Indonesia dari segi sosial-budaya?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : V
(Lima)
Semester : I
(Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi
1. Memahami
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.3. Menunjukkan
contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Indikator Pencapaian Kompetensi
§ Memahami
prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat memberi
contoh dan memilih perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
B. Materi Ajar
§ Contoh-contoh atau
ilustrasi perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan
Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
§ Kegiatan Awal
– Guru mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali
pelajaran.
– Guru mengajak siswa
bertanya jawab tentang kegiatan pagi hari sejak bangun pagi sampai siswa
berangkat ke sekolah.
§ Kegiatan Inti
– Siswa dan guru
bertanya jawab secara general tentang masalah-masalah keutuhan NKRI.
– Guru meminta siswa
menyiapkan fotokopi gambar yang ada pada halaman 14—18 buku teks dan cryon atau
pensil warna masing-masing.
– Siswa mulai bekerja
mewarnai gambar yang ia pilih.
– Siswa menceritakan
isi gambar dan alasan memilih gambar secara lisan dan bergantian di depan
teman-teman.
§ Kegiatan Penutup
– Guru bertanya kepada
siswa tentang perasaan dan pikiran mereka tentang kegiatan yang baru saja
dilakukan.
– Siswa dan guru
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu, untuk
mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Siswa diingatkan
untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang peraturan perundang-undangan
pusat dan daerah.
– Pelajaran diakhiri
dengan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng,
M.Pd.) hlm. 14—18.
§ Teman
§ Lingkungan rumah
(keluarga), sekolah, dst.
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Memahami
prinsip-prinsip sikap
memelihara keutuhan NKRI.
|
§ Tugas individu.
|
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian anak memilih gambar dan kreativitas pewarnaan gambar)
§ Penilaian lisan ketika siswa
menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar.
|
§ Apabila terjadi kerusuhan,
sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah .... (gambar A atau
gambar B).
§ Sikap pemeluk agama yang
berlainan sebaiknya adalah .... (gambar a atau b)
§ Apabila melakukan demonstrasi,
sikap yang seharusnya dilakukan para peserta demonstrasi adalah .... (gambar
a atau b)
§ Apabila terjadi kerusuhan,
sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah .... (gambar a atau
b)
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : V
(Lima)
Semester :
(Satu)
Alokasi Waktu
: 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
2. Memahami peraturan perundang-undangan
tingkat pusat dan daerah.
Kompetensi Dasar
2.1. Menjelaskan
pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat
dan daerah.
A. Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat
mengetahui dan nenyebutkan berbagai macam perundang-undangan yang berlaku di
Indonesia, tingkat pusat dan daerah.
§ Siswa dapat
mengetahui dan menyebutkan perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di
tingkat pusat dan daerah.
B. Materi Ajar
§ Pengertian
perundang-undangan.
§ Fungsi peraturan
perundang-undangan.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan
Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi dengan teman
sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
– Guru bertanya kepada
siswa tentang kegiatan mereka ketika bangun pagi.
§ Kegiatan Inti
– Siswa diajak untuk
membaca pengantar Bab Peraturan Perundang-Undangan pada halaman 30 dan 31.
– Siswa merumuskan
pengertian/definisi peraturan perundang-undangan pusat dan daerah secara
individual.
– Siswa melaporkan
hasil pemikirannya secara lisan.
– Siswa, disertai
dengan panduan guru, membuat generalisasi definisi yang telah dibuat oleh semua
siswa.
§ Kegiatan Penutup
– Siswa dan
guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui
pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Siswa dan guru membuat
kesimpulan materi yang telah dipelajari dan manfaat belajar merumuskan
definisi.
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali kegiatan.
§ Kegiatan Inti
– Guru meminta siswa
mengulang mengingat definisi peraturan perundang-undangan pusat dan daerah yang
telah dirumuskan pada pertemuan sebelumnya.
– Guru menyiapkan kelas
diskusi.
– Siswa berdiskusi
tentang fungsi penting peraturan perundang-undangan pusat dan daerah bagi
individu dan masyarakat.
– Siswa melaporkan
hasil diskusi.
§ Kegiatan Penutup
– Siswa dan guru
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk
mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Siswa dan guru
membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari dan manfaat belajar merumuskan
definisi.
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Artikel yang
menceritakan berbagai peraturan perundang-undangan daerah, misalnya artikel
tentang hak asasi manusia, keuangan daerah, atau larangan merokok di tempat
umum.
§ Rekaman siaran berita
televisi atau radio yang berhubungan dengan berbagai peraturan perundang-undangan
daerah.
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan
untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng,
M.Pd.) hlm. 33—34.
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Menjelaskan pengertian
perundang-undanan pusat dan daerah.
§ Memahami perbedaan fungsi tiap
peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah.
§ Mengetahui berbagai hal yang
perlu diatur dengan undang-undang.
§ Memahami sebab dan asas
pembuatan undang-undang
|
§ Tugas individu.
|
§ Penilaian tertulis (kemampuan
analitis).
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian anak bercerita)
§ Penilaian tertulis (kemampuan
analitis).
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian anak menjelaskan pemikirannya)
|
§ Mengapa perlu dibuat peraturan
perundang-undang-an?
§ Mengapa hak asasi manusia perlu
diatur berdasakan undang-uundang?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN 001 Kasikan
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : V
(Lima)
Semester :
1 (satu)
Alokasi Waktu
: 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
2. Memahami peraturan perundang-undangan
tingkat pusat dan daerah.
Kompetensi Dasar
2.2. Memberikan contoh peraturan
perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu
lintas, dan larangan merokok.
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa mengetahui dan
dapat menyebutkan tata urutan perundang-undangan di Indonesia, serta memahami
dan dapat menjelaskan kandungan dan fungsi peraturan-peraturan
perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
B. Materi Ajar
§ Tata urutan peraturan
perundang-undangan di Indonesia.
§ Contoh peraturan
perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan
Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi kelas dan
diskusi kelompok.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
– Guru bertanya kepada
siswa tentang kegiatan rutin siswa sehari-hari yang biasanya dilakukan secara
berurutan (misalnya bangun pagi, lalu mandi, sekolah, pulang sekolah, bermain,
lalu menyapu halaman).
§ Kegiatan Inti
– Guru mengajak siswa
menyebutkan tata urutan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dengan suara lantang, secara bersama-sama dan
berulang-ulang.
– Guru menyiapkan kartu
berisi tulisan nama perturan perundang-undangan di Indonesia.
– Guru mengacak urutan
kartu itu, lalu siswa mengurutkannya sesuai urutan yang benar.
– Kegiatan tersebut
dilakukan siswa secara bergantian.
§ Kegiatan Penutup
– Guru bertanya kepada
siswa tentang pengalaman belajar hari itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Guru dan siswa
membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari, serta kesimpulan manfaat
mempelajari materi tersebut.
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran
hari itu.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengawali pelajaran.
– Guru bertanya kepada
siswa tentang pengalaman siswa memperhatikan peraturan larangan merokok di
tempat umum, larangan menginjak rumput di taman kota, atau larangan berjualan
di tempat tertentu.
§ Kegiatan Inti
– Guru menyiapkan
artikel yang mengandung informasi tentang berbagai peraturan perundang-undangan
daerah untuk bahan diskusi (misalnya artikel tentang larangan merokok di tempat
umum atau larangan berjualan di tempat tertentu.
– Guru menyiapkan kelas
diskusi dan membagi kelompok.
– Siswa mengundi
artikel untuk kelompok mereka masing-masing.
– Siswa berdiskusi
dengan pengawasan guru.
– Siswa melaporkan
hasil dikusi.
§ Kegiatan Penutup
– Guru bertanya kepada
siswa tentang pengalaman belajar hari itu untuk mengetahui pencapaian Indikator
Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
– Guru dan siswa
membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari, serta kesimpulan manfaat
mempelajari materi tersebut.
– Siswa dan guru berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran
hari itu.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Kartu berisi tulisan
urutan tata perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
§ Berbagai artikel di
koran atau surat kabar tentang berbagai peraturan perundang-undangan pusat dan
daerah.
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm.
35—42.
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
§ Mengetahui tata urutan
perundang-undangan di Indonesia.
§ Memahami kandungan dan fungsi
peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia berdasarkan
hierarkinya.
§ Mengetahui akibat
mematuhi peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
§ Mengetahui akibat melanggar peraturan dan
undang-undang bagi individu dan masyarakat.
|
§ Tugas
§ kelompok.
§ Tugas individu.
|
§ Penilaian tertulis (kemampuan
analitis).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian
anak menjelaskan pemikirannya)
§ Penilaian tertulis (kemampuan
analitis).
§ Penilaian unjuk kerja .
|
§ UUD 1945 merupakan peraturan
yang terdapat pada tataran .... dan
berfungsi sebagai .... (dan lain-lain)
§ Apa akibat melanggar peraturan
daerah yang berisi larangan merokok di
tempat umum?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua
salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak
Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
& Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = (
Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811
199103 2 002
|
No comments:
Post a Comment