Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi
Pokok : Bilangan Cacah dan
Lambangnya
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
1.1
Membilang banyak benda
B.
Indikator
o
Menyebutkan banyaknya suatu benda
C.
Materi Essensial
o
Membilang banyak benda
o
Membaca dan menulis lambang bilangan
o
Membandingkan dua kumpulan benda
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I
jilid 1A
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang
diharapkan
o
Membacakan kalimat pembuka pada hlm. 2
|
Mencatat indikator
Siswa mendengarkan Sambil membaca
buku
|
5
|
2.
Kegiatan Inti
o
Guru menyebutkan benda benda yang terdapat
pada gambar
-
ada berapa meja ?
-
ada berapa tas ?
-
ada berapa kursi ?
-
ada berapa buku ?
o
Menugaskan mengerjakan:
-
latihan 1
-
latihan 2
|
Siswa
mendengarkan dan menjawab pertanyaan bendasarakan gambar hlm 2
Menugaskan
mengerjakan latihan 1 dan 2
|
50
|
3.
Penutup
o
Memotivasi untuk mengulang pelajaran di
rumah
|
Mendengarkan motivasi guru
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerajakan soal
A.
Kompetensi Dasar
1.1
Membilang banyak benda
B.
Indikator
o
Membaca dan menuliskan lambang bilangan
C.
Materi Essensial
o
Membilang banyak benda
o
Membaca dan menulis lambang bilangan
o
Membandingkan dua kumpulan benda
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I
jilid 1A
o
Gambar sebagai lat peraga
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang
diharapkan
|
Mencatat indikator
|
5
|
2.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan lambang bilangan sama dengan
mengenal sesuatu yang abstrak.
o
Kreativitas guru dalam menggunakan metode
an alat peraga pada kegiatan belajar mengejar, sangat menentukan pemahaman
murid dalam membaca lambang bilangan.
-
membacakan bilangan 1 sampai 5 dan
menugaskan siswa untuk menirukan ucapan dari guru
o
Membimbing siswa mengucapkan lambang
bilangan secara berurut dengan memperhatikan lambang bilangan pada latihan 1
hlm. 5
|
Mendengarkan
penjelasan lambang bilangan sama
membacakan
bilangan 1 sampai 5 berdasarkan gambar
Mengerjakan
latihan 1
|
50
|
3.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk lebih rajin
mengerjakan latihan
|
Mendengarkan motivasi guru
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerajakan soal
A.
Kompetensi Dasar
1.1
Membilang banyak benda
B.
Indikator
o
Membaca dan menuliskan lambang bilangan
C.
Materi Essensial
o
Membilang banyak benda
o
Membaca dan menulis lambang bilangan
o
Membandingkan dua kumpulan benda
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I
jilid 1A
o
Gambar sebagai alat peraga
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang
diharapkan
|
Mencatat indikator
|
5
|
o
Memperkenalkan siswa bentuk lambang
bilangan
o
Memberikan contoh cara menuliskan lambang
bilangan
o
Memberikan tugas latihan menulis secara
bertahap
-
menulis dengan jari mengikuti anak panah
-
menulis dengan jari di udara
-
menulis dengan jari di atas meja
-
menulis dengan pensil
o
Menugaskan mengerjakan latihan 2, 3 dan 4
|
Mendengarkan
penjelasan lambang bilangan sama
Mendengarkan
dan mempraktikan cara menulis
Mengerjakan
latihan 2, 3 dan 4
|
50
|
o
Memberikan motivasi untuk lebih rajin
mengerjakan latihan
|
Mendengarkan motivasi guru
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Keempat dan kelima / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerajakan soal
A.
Kompetensi Dasar
1.1
Membilang banyak benda
B.
Indikator
o
Membaca dan menuliskan lambang bilangan
C.
Materi Essensial
o
Membilang banyak benda
o
Membaca dan menulis lambang bilangan
o
Membandingkan dua kumpulan benda
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I
jilid 1A
o
Gambar sebagai lat peraga
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang
diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
2.
Kegiatan Inti
o
Guru membacakan lambang bilangan 6 sampai
dengan 10
o
Guru menugaskan siswa mengerjakan latihan 5
dan 6
o
Guru memberikan contoh cara menuliskan
lambang bilangan 6 sampai dengan 10
o
Menjelaskan latihan pengayaan hlm. 15
|
Mendengarkan
penjelasan lambang bilangan sama
Mengerjakan
latihan 5, 6
Siswa
menulis lambang bilangan dengan tahapan
-
menulis dengan menggunkan jari mengikuti
arah anak panah, dilanjutkan dengan menulis di udara dan selanjutnya menulis
di meja
-
mengerjakan latihan 7, 8, dan 9
Mengerjakan
latihan pengayaan
|
100
|
3.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk lebih rajin
mengerjakan latihan
|
Mendengarkan motivasi guru
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Keenam dan ketujuh / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerajakan soal
A.
Kompetensi Dasar
1.1
Membilang banyak benda
B.
Indikator
o
Membaca dan menuliskan lambang bilangan
C.
Materi Essensial
o
Membilang banyak benda
o
Membaca dan menulis lambang bilangan
o
Membandingkan dua kumpulan benda
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I
jilid 1A
o
Gambar sebagai lat peraga
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang
diharapkan
|
Mencatat indikator
|
10
|
2.
Kegiatan Inti
o
Membacakan lambang bilangan 11 sampai
dengan 20
o
Menugaskan mengerjakan latihan 11,
o
Guru meminta murid membacakan lambang
bilangan dengan lisan tanpa menghitung benda pada latihan 2.
o
Mengerjakan latihan 13
o
Menuliskan lambang bilangan 11 sampai
dengan 20
o
Menugaskan mengerjakan latihan 14
|
Mendengarkan
penjelasan lambang bilangan 11 sampai dengan 20
Mengerjakan
latihan 11 dan 12
Mengerjakan
latihan 14
|
100
|
3.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk lebih rajin
mengerjakan latihan
o
Menugaskan mnegerjakn latihan 15 dan 16
|
Mendengarkan motivasi guru
|
10
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Kedelapan / 2 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
1.1
Membilang banyak benda
B.
Indikator
o
Membandingakan dua kumpulan
C.
Materi Essensial
o
Membilang banyak benda
o
Membaca dan menulis lambang bilangan
o
Membandingkan dua kumpulan benda
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I
jilid 1A
o
Gambar sebagai lat peraga
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi yang
diharapkan
o
Menugaskan mengempulkan pkerjaan rumah
|
Mencatat indikator
|
5
|
2.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan cara membandingkan dua kumpulan
benda dengan kalimat :
-
Lebih banyak dari
-
Sama dengan
-
Lebih sedikit dari
o
Menugaskan mengerjakan latihan 1
o
Guru mengunakan benda kongkret berupa buku
dan pensil maupun sendok dan garpu atau yang lainnya untuk memahami konsep
perbandingan. Selanjutnya ditingkatkan di semi kongkret dan akhinya lambang
bilangan untuk perbandingan.
o
Menugaskan siswa mengerjakan latihan
pengayaan hlm. 25
|
Mendengarkan
penjelasan cara membandingkan dua kumpulan benda
Mengerjakan
latihan 1
Mengerjakan
latihan pengayaan
|
50
|
3.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk lebih rajin
mengerjakan latihan
|
Mendengarkan motivasi guru
|
5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
No comments:
Post a Comment