Monday 31 October 2011

RPP Bahasa Inggris Kelas IV Semester 1 Unit 1 Pelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                        :           BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER             :           IV/1, Unit 1 Pelajaran 5
WAKTU                                 :           2 x 35 menit


A.    STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.      Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
3.      Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
4.      Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1. Merespon  dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks  kelas
1.2. Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas

2.1. Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak     tutur: mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi aba-aba

3.1. Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan  kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana

4.1.            Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat yang sangat sederhana
4.2.            Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis

C.    INDIKATOR
1.   Mendengarkan dan melakukan instruksi sederhana
2.   Memberi dan menjawab salam dengan ucapan dan lafal yang benar
3.   Mengeja kata dengan baik dan benar
4.   Mengucapkan salam perpisahan dan membalasnya dengan benar
                                                                                   
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.1. Mendengarkan dan melakukan instruksi sederhana
1.2. Mendengarkan dan mengulangi

2.1. Memberikan salam dengan ucapan serta lafal yang benar
2.2. Menjawab salam dengan ucapan dan lafal yang benar
2.3. Memberikan dan menjawab salam dengan ucapan dan lafal yang benar dalam sebuah  
       permainan

3.1. Menjawab permintaan ejaan dengan ucapan dan lafal yang benar
3.2. Meminta dan menjawab permintaan ejaan dengan ucapan dan lafal yang benar

      4.1. Mengucapkan salam perpisahan
      4.2. Membalas salam perpisahan dengan benar
           
E.     MATERI
Penjelasan dari narasumber

1.1. Pokok-pokok pembicaraan:
a.   Well, class is over. Let’s go home, students.
b.   Goodbye.
c.   See you tomorrow, friends.

2.1. Jawaban
a.      Thank you, Miss Bertha.
b.      Bye. See you tomorrow.
c.       Bye./Goodbye. See you tomorrow.

F.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Presentasi

G.    LANGKAH PEMBELAJARAN

I.    Pendahuluan
a.   Siswa bertanya jawab tentang informasi yang didengar dari guru
b.   Siswa memahami tujuan pembelajaran yang akan dicapai

II. Inti
a.       Siswa mendengarkan penejelasan dari guru
b.      Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan dari guru
c.       Siswa mendengarkan dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru
d.      Siswa melihat dan mempraktekkan apa yang dijelaskan guru
e.       Siswa berlatih dengan memberikan pertanyaan kepada  siswa yang lain
f.       Siswa yang lain menjawab pertanyaan dengan ungkapan-ungkapan dengan ucapan dan lafal yang benar
g.      Siswa berlatih dalam kelompok

III. Penutup
a.   Siswa mengungkapkan berbagai permasalahan yang muncul saat KBM
b.   Siswa mengaitkan hasil pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa

H.    SUMBER/ALAT/BAHAN
I.       Sumber
II.  Alat/Media
a.   Contoh penjelasan dari narasumber (berupa teks)
b.   Radio, tape recorder, rekaman kaset.

I.   PENILAIAN
a.   Tulis dan lisan
b.   Mandiri dan/atau Kelompok (pasangan)
c.   Soal dan/atau Tugas


                                                                                               ........................... 20...............


Menyetujui.
Kepala Sekolah.                                                                                   Guru Mata Pelajaran




........................                                                                                     ...............................
NIP ................                                                                                     NIP .......................

Sumber : Tim Erlangga

No comments:

Post a Comment