Monday 31 October 2011

RPP Bahasa Inggris Kelas IV Semester 1 Unit 3 Pelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN             :           BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER             :           IV/1, Unit 3 Pelajaran 1
WAKTU                                :           2 x 35 menit


A.    STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.      Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1. Merespon  dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks  kelas
1.2. Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas

2.1.            Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak     tutur: menanyakan seseorang di bahasa Inggris
                                   
C.    INDIKATOR
1.   Mendengarkan dan melakukan instruksi sederhana
2.   Menanyakan dan memberikan jawaban tentang  seseorang dengan ucapan, ejaan dan lafal yang benar
3.   Menyebutkan anggota-anggota keluarga
                                                                                   
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.1. Mendengarkan dan melakukan instruksi sederhana
1.2. Mendengarkan dan mengulangi

2.1. Menanyakan tentang  seseorang dengan ucapan, ejaan dan lafal yang benar
2.2. memberikan jawaban tentang  seseorang dengan ucapan, ejaan dan lafal yang benar
2.3. Menanyakan dan memberikan jawaban tentang  seseorang dengan ucapan, ejaan dan lafal yang benar

3.1. Menyebutkan anggota-anggota keluarga
                                                
E.     MATERI
Penjelasan dari narasumber

1.1. Pokok-pokok pembicaraan:
a.   Hello, Mrs. Li.
b.   Shake hands.
c.   Who is he?
d.   Who is she?

2.1. Jawaban
a.      Hello, Dona. Nice to meet you.
b.      Siswa melakukan sesuatu sesuai dengan perintah narasumber.
c.       He is my dad.
d.      She is my mom.

F.     METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Presentasi

G.    LANGKAH PEMBELAJARAN

I.    Pendahuluan
a.   Siswa bertanya jawab tentang informasi yang didengar dari guru
b.   Siswa memahami tujuan pembelajaran yang akan dicapai

II. Inti
a.       Siswa mendengarkan penejelasan dari guru
b.      Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan dari guru
c.       Siswa mendengarkan dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru
d.      Siswa melihat dan mempraktekkan apa yang dijelaskan guru
e.       Siswa berlatih dengan memberikan pertanyaan kepada  siswa yang lain
f.       Siswa yang lain menjawab pertanyaan dengan ungkapan-ungkapan dengan ucapan dan lafal yang benar
g.      Siswa berlatih dalam kelompok

III. Penutup
a.   Siswa mengungkapkan berbagai permasalahan yang muncul saat KBM
b.   Siswa mengaitkan hasil pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa

H.    SUMBER/ALAT/BAHAN
I.       Sumber
II.  Alat/Media
a.   Contoh penjelasan dari narasumber (berupa teks)
b.   Radio, tape recorder, rekaman kaset.

I.   PENILAIAN
a.   Tulis dan lisan
b.   Mandiri dan/atau Kelompok (pasangan)
c.   Soal dan/atau Tugas


                                                                                               ........................... 20...............



Menyetujui.
Kepala Sekolah.                                                                                   Guru Mata Pelajaran




........................                                                                                     ...............................
NIP ................                                                                                     NIP .......................

Sumber : Tim Erlangga

No comments:

Post a Comment