Monday 31 October 2011

RPP Bahasa Inggris Kelas IV Semester 1 Unit 3 Pelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN             :           BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER             :           IV/1, Unit 3 Pelajaran 3
WAKTU                                :           2 x 35 menit


A.  STANDAR KOMPETENSI
1.   Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.   Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
3.   Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
                         
B.  KOMPETENSI DASAR
1.1  Merespon  dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks  kelas
1.2  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas

2.1. Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
2.2. Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana

3.1.            Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
                                   
C.  INDIKATOR
1.   Mendengarkan dan melakukan instruksi sederhana
2.   Memberi dan menjawab larangan dan perintah
                                                                                   
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.1. Mendengarkan dan melakukan instruksi sederhana
1.2. Mendengarkan dan mengulangi

2.1. Memberi larangan dan perintah
2.2. Menjawab larangan dan perintah
                                                       
E.  MATERI
Penjelasan dari narasumber

1.1. Pokok-pokok pembicaraan:
a.   Meilin, don’t put the cake on the chair, please.
b.   Put it on the table, please.

2.1. Jawaban
a.   Oops! Sorry, Mom.
b.   All right, Mom.

F.  METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Presentasi

G.  LANGKAH PEMBELAJARAN

I.    Pendahuluan
a.   Siswa bertanya jawab tentang informasi yang didengar dari guru
b.   Siswa memahami tujuan pembelajaran yang akan dicapai

II. Inti
a.   Siswa mendengarkan penejelasan dari guru
b.   Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan dari guru
c.   Siswa mendengarkan dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh
      guru
d.   Siswa melihat dan mempraktekkan apa yang dijelaskan guru
e.   Siswa berlatih dengan memberikan pertanyaan kepada  siswa yang lain
f.   Siswa yang lain menjawab pertanyaan dengan ungkapan-ungkapan dengan
      ucapan dan lafal yang benar
g.   Siswa mencocokkan kalimat dengan gambar yang tepat.
h.   Siswa menyanyikan lagu.
                                         
III. Penutup
a.   Siswa mengungkapkan berbagai permasalahan yang muncul saat KBM
b.   Siswa mengaitkan hasil pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa

H.  SUMBER/ALAT/BAHAN
I.       Sumber
II.  Alat/Media
a.   Contoh penjelasan dari narasumber (berupa teks)
b.   Radio, tape recorder, rekaman kaset.

I.  PENILAIAN
a.   Tulis dan lisan
b.   Mandiri dan/atau Kelompok (pasangan)
c.   Soal dan/atau Tugas



                                                                        ..................... 20...........


Menyetujui.                            
Kepala Sekolah.                                                                      Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..................................
NIP .................                                                                 NIP ...........................
Sumber : tim erlangga

1 comment:

  1. Ternyata ini blognya seorang guru....

    Sukses y blognya..
    tks

    ReplyDelete