JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS 1
TEMA : KESEHATAN, KEBERSIHAN
DAN KEAMANAN
Satuan Pendidikan :
...........................................................
Kelas/Semester : I
(Satu)/ I (Satu)
Tahun Pelajaran :
2012 – 2013
STANDAR
KOMPETENSI/ KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SARANA DAN
SUMBER
|
PENILAIAN
|
NILAI
KARAKTER
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
PENDIDIKAN
KAWARGANEGARAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Menampilkan perilaku sesuai norma dalam
kehidupan keluarga dan sekolah
2.1 Mengenal kebiasaan, tata tertib, tradisi,
dan adat dalam kehidupan keluarga dan sekolah
|
2.1.1 Menjawab pertanyaan guru jam berapa
mereka tiap hari bangun pagi, pulang sekolah, dan tidur malam
2.1.2 Menyanyikan lagu Bangun Tidur
2.1.3 Menjawab pertanyaan guru berapa kali
biasanya mereka mandi dalam satu hari
2.1.4 Membiasakan diri tertib melakukan
tugasnya
2.1.5 Menjelaskan kapan dirinya merayakan
ulang tahun
2.1.6 Menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun
2.1.7 Menjawab pertanyaan guru pernahkah
mereka menghadiri perayaan ulang tahun temannya
2.1.8 Menjawab pertanyaan guru pernahkah
mereka menghadiri perayaan tetangganya yang khitan
2.2.1 Menjawab pertanyaan apa yang mereka lakukan sebelum berangkat
ke sekolah
|
1. Jam
berapa tiap hari bangun pagi, pulang sekolah, dan tidur malam
2. Menyanyi
lagu Bangun Tidur
3. Berapa
kali biasanya mereka mandi dalam satu hari
4. Pembiasaan
diri tertib melakukan tugas
5. Penjelasan
kapan dirinya merayakan ulang tahun
6. Menyanyi
lagu Selamat Ulang Tahun
7. Menghadiri
perayaan ulang tahun temannya
8. Menghadiri
perayaan tetangganya yang khitan
9. Apa yang
kita lakukan sebelum berangkat ke sekolah
|
§ Membaca
wacana tentang kesehatan, kebersihan tubuh dan kebersihan rumah
§ Mendiskusikan
cara hidup bersih dan sehat
§ Menjelaskan cara supaya hidup sehat
§ Menyebutkan ciri-ciri rumah bersih dan sehat
§ Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan dan keamanan di rumah dan di sekolah
|
2 Minggu
2x6 hari = 12 12 kali pertemuan
|
§
Kurikulum Standar Isi 2006
mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes,
Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§ Tematik untuk Kelas 1A.
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,
IPA, PKn, IPS
§ Buku lain yang relevan
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA,
PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
§ Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat)
yang relevan dengan tema
|
§ Penilaian Unjuk kerja
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Subyektif
§ Penilaian Obyektif
§ Penilaian Tingkah Laku
§ Penilaian Portofolio
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
|
§ Nilai gemar membaca
§ Nilai rasa ingin tahu
§ Nilai peduli lingkungan
§ Nilai jujur
§ Nilai disiplin
|
2.2 Mengenal perlunya kepatuhan terhadap
kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan keluarga dan sekolah
|
2.2.2 Melakukan piket kelas sesuai jadwal
2.2.3 Menjawab pertanyaan mulai pukul berapa
biasanya mereka mulai belajar di rumah
2.2.4 Menjelaskan apa yang biasa dilakukan
oleh orang tuanya ketika dia ulang tahun.
2.2.5 Membiasakan diri tertib melaksanakan
tugas di rumah
2.2.6 Menyanyikan lagu Nama - nama hari
2.2.7 Menjawab pertanyaan tugas apa yang biasa
ia lakukan di rumah
2.2.8 Menceritakan kebiasaan yang dilakukan
oleh keluarganya setiap hari minggu
|
10. Piket
kelas sesuai jadwal
11. Jam mulai
belajar di rumah
12. Kebiasaan
dilakukan oleh orang tuanya ketika dia ulang tahun.
13. Tertib
melaksanakan tugas di rumah
14. Menyanyi
lagu Nama - nama hari
15. Tugas
yang biasa ia lakukan di rumah
16. Kebiasaan
yang dilakukan oleh keluarganya setiap hari minggu
|
|||||
|
2.2.8 Menjawab pertanyaan pernahkah di
keluarganya ada acara hajatan
|
17. Pernahkah
di keluarganya ada acara hajatan
|
|
|
|
|
|
BAHASA INDONESIA
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Mendengarkan
: Memahami bunyi bahasa , ungkapan perasaan, pujian,
ajakan, pemberitahuan, perintah sederhana,deskripsi benda-benda di sekitar,
dan dongeng binatang/fabel)
1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa, kata
dan kalimat
|
1.1.1 Mendengarkan berbagai bunyi bahasa, kata
dan kalimat
1.1.2 Memeragakan dan mengucapkan berbagai
bunyi bahasa, kata dan kalimat
1.1.3 Membedakan berbagai bunyi bahasa, kata
dan kalimat
|
1. Bunyi
bahasa, kata dan kalimat
2. Memeragakan
dan mengucapkan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
3. Membedakan
berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
|
§ Melafalkan
bunyi bahasa secara tepat
§ Mencocokan gambar sesuai dg informasi yang didengarkan
§ Mengisi
kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yang didengarkan
§ Mengenali
huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana
§ Membaca
nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi kalimat dalam aragraf serta
menggunakan lafal dan intonasi yang tepat sehingga dapat dipahami orang lain
§ Mengidentifikasikan kata-kata kunci dari bacaan agak
panjang
§ Menyalin dan mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku
atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis
§ Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan
benar dan dapat dibaca oleh orang lain
§ Menulsikan kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa
yang didektekan guru
§ Menulis dengan menggunakan huruf sambung
|
|
§
Kurikulum Standar Isi 2006
mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes,
Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§ Tematik untuk Kelas 1A.
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,
IPA, PKn, IPS
§ Buku lain yang relevan
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA,
PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat)
yang relevan dengan tema
|
§ Penilaian Unjuk kerja
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Subyektif
§ Penilaian Obyektif
§ Penilaian Tingkah Laku
§ Penilaian Portofolio
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
§ Penilaian Lisan
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca
§ Mengamati
aktivitas siswa lain yang tidak
sedang belajar membaca
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi benda-benda di rumah
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi
barang-barang dalam gambar
§ Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita
di depan kelas
|
§ Nilai komunikatif
§ Nilai gemar membaca
§ Nilai kreatif
§ Nilai mandiri
§ Nilai disiplin
§ Nilai tanggung jawab
|
2. Berbicara
: Mengungkapkan pikiran, perasaan , pujian, ajakan,
pemberitahuan, perintah, pertanyaan, dan informasi secara lisan dalam bentuk
berkenalan dan tegur sapa, menjelaskan isi informasi, dan mengandaikan diri
sebagai tokoh yang disukai
2.4 Menjelaskan
isi cerita bergambar
|
2.4.1 Mengucapkan kalimat ajakan yang dapat diucapkan sesuai gambar yang
disajikan
2.4.2 Melakukan dan mengucapkan kalimat ketika
mengajak teman pegri ke sekolah
|
4. Kalimat
ajakan yang dapat diucapkan sesuai
gambar yang disajikan
5. Ucapan
kalimat ketika mengajak teman pegri ke sekolah
|
|||||
3. Membaca : Membaca permulaan dalam bentuk membaca nyaring kata dan kalimat
sederhana, membaca lancar bacaan (5-6 kalimat/25 kata), dan membaca penggalan
dongeng/fabel
3.3. Membaca nyaring kata dengan lafal dan
tekanan yang tepat
|
3.3.1 Mendengarkan cara membaca nyaring dengan
lapal dan tekanan yang tepat
3.3.2 Membaca nyaring kata dengan lafal dan
tekanan yang tepat
|
6. Cara
membaca nyaring dengan lapal dan tekanan yang tepat
7. Membaca
nyaring
|
|||||
4. Menulis
: Menulis permulaan melalui membiasakan menulis yang
benar, menebalkan, mencontoh, dan menyalin suku kata, kata, dan kalimat
sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung serta melengkapi kalimat
dengan kata
4.5 Menulis
kalimat berdasarkan gambar dengan huruf tegak bersambung
|
4.5.1 Menyalin/mencontoh huruf sambung berdasarkan gambar
4.5.2 Menyalin/mencontoh kata berdasarkan
gambar
|
8. Huruf
sambung berdasarkan gambar
9. Kata
berdasarkan gambar
|
|||||
4.6 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan
guru dengan huruf lepas dan huruf
tegak bersambung
|
4.6.1 Menyalin/mencontoh huruf lepas dari buku atau papan tulis
dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
4.6.2 Menyalin/mencontoh kata dari buku atau
papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
|
10. Huruf
lepas dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak
bersambung
11. Kata dari
buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
|
|||||
|
4.6.3 Menyalin/mencontoh kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan huruf
lepas dan huruf tegak bersambung
|
12. Kalimat
sederhana dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak
bersambung
|
|
|
|
|
|
MATEMATIKA
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang sampai dua angka dan menggunakannya
dalam menyelesaikan masalah
4.5 Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan
|
4.5.1 Menulis model/kalimat matematika dari
kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau
pengurangan
4.5.2 Menyebut/membaca penjumlahan dua
bilangan
4.5.3 Menjumlah bilangan dua angka
4.5.4 Mengurang bilangan dua angka
4.5.6 Menentukan pasangan bilangan dengan
jumlah tertentu
4.5.7 Menghafal/mengingat hasil pen jumlahan
atau pengurangan
4.5.8 Membentuk penjumlahan atau pengurangan
dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan simbol operasi yang
diberikan
|
1. Model/kalimat
matematika dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan atau pengurangan
2. Penjumlahan
dua bilangan
3. Penjumlahan
bilangan dua angka
4. Pengurangan
bilangan dua angka
5. Pasangan
bilangan dengan jumlah tertentu
6. Pen
jumlahan atau pengurangan
7. Penjumlahan
atau pengurangan dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan
simbol operasi yang diberikas
|
§ Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan
dan pengurangan
§ Menterjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan ke
dalam kalimat sehari-hari
§ Menghitung fakta dasar penjumlahan dan pengurangan
§ Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan
pengelompokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan
|
|
§
Kurikulum Standar Isi 2006
mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes,
Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§ Tematik untuk Kelas 1A.
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,
IPA, PKn, IPS
§ Buku lain yang relevan
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA,
PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
Lingkungan
sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat) yang relevan dengan tema
|
§ Penilaian Unjuk kerja
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Subyektif
§ Penilaian Obyektif
§ Penilaian Tingkah Laku
§ Penilaian Portofolio
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
§ Penilaian Lisan
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca
§ Mengamati
aktivitas siswa lain yang tidak
sedang belajar membaca
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi benda-benda di rumah
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi barang-barang dalam gambar
Mengamati
dan menilai keberanian siswa dalam bercerita di depan kelas
|
§ Nilai kreatif
§ Nilai kerja keras
§ Nilai disiplin
§ Nilai tanggung jawab
§ Nilai mandiri
|
4.6 Menggunakan
sifat pertukaran dan pengelompokan pada operasi bilangan
|
4.6.1 Menunjukkan dengan contoh bahwa hasil
penjumlahan dua dan tiga bilangan dapat dilakukan dengan urutan sembarang
4.6.2 Mencongak hasil penjumlahan bilangan dua
angka dengan menggunakan sifat pertukaran/pengelompokan
4.6.3 Mencongak hasil pengurangan bilangan dua
angka
|
8. Contoh
bahwa hasil penjumlahan dua dan tiga bilangan dapat dilakukan dengan urutan
sembarang
9. Mencongak
hasil penjumlahan bilangan dua angka dengan menggunakan sifat
pertukaran/pengelompokan
10. Mencongak
hasil pengurangan bilangan dua angka
|
|||||
4.7 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penjumlahan dan pengurangan, serta pola
bilangan dua angka
|
4.7.1 Menentukan unsur/apa yang diketahui dari
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
4.7.2 Menulis model/kalimat matematika dari
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
4.7.3 Menulis model/kalimat matematika dari
masalah yang berkaitan dengan pengurangan
4.7.4 Menentukan penyelesaian dari masalah
yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
|
11. Unsur/apa
yang diketahui dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau
pengurangan
12. Model/kalimat
matematika dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
13. Model/kalimat
matematika dari masalah yang berkaitan dengan pengurangan
14. Penyelesaian
dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
|
|||||
ILMU PENGETAHUAN ALAM
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Mengenal
anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan
kegunaannya serta cara perawatannya
|
1.1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan
kegunaannya serta cara perawatannya
1.1.2 Membandingkan benda berdasarkan persamaan
1.1.3 Memberikan makna pada hasil pengamatan
1.1.4 Menggunakan infornmasi dari hasil
pengamatan untuk menjawab pertanyaan
1.1.5 Menunjukkan cara merawat tubuh
|
1. Mengenal
bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
2. Membandingkan
benda berdasarkan persamaan
3. Memberikan
makna pada hasil pengamatan
4. Menggunakan
infornmasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan
5. Menunjukkan
cara merawat tubuh
|
§
Membandingkan
benda berdasarkan persamaan
§ Memberikan makna pada hasil pengamatan
§ Menggunakan
infornmasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan
§ Menunjukkan
cara merawat tubuh
§ Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan
§ Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara,
danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat
§ Menjaga kebersihan diri, rumah dan sekolah
§ Membuang
sampah pada tempatnya
§ Menerangkan
kegunaan benda di rumah, sekolah dan di tempat lain
|
|
§
Kurikulum Standar Isi 2006
mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes,
Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§ Tematik untuk Kelas 1A.
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,
IPA, PKn, IPS
§ Buku lain yang relevan
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA,
PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat)
yang relevan dengan tema
|
§ Penilaian Unjuk kerja
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Subyektif
§ Penilaian Obyektif
§ Penilaian Tingkah Laku
§ Penilaian Portofolio
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
§ Penilaian Lisan
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca
§ Mengamati
aktivitas siswa lain yang tidak
sedang belajar membaca
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi benda-benda di rumah
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi barang-barang dalam gambar
Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita
di depan kelas
|
§ Nilai peduli lingkungan
§ Nilai kerja keras
§ Nilai disiplin
§ Nilai tanggung jawab
|
1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
|
1.2.1 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
1.2.2 Menyebutkan makanan sehat untuk
pertumbuhan
1.2.3 Menceritakan perlunya air, makanan,
pakaian, udara, danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat
1.2.4 Menjaga kebersihan diri, rumah dan
sekolah
1.2.5 Membuang
sampah pada tempatnya
|
6. Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
7. Menyebutkan
makanan sehat untuk pertumbuhan
8. Menceritakan
perlunya air, makanan, pakaian, udara, danlingkungan bersih untuk tumbuh
sehat
9. Menjaga
kebersihan diri, rumah dan sekolah
10. Membuang
sampah pada tempatnya
|
|||||
Benda dan Sifatnya
3. Mengenal
berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui
pengamatan perubahan bentuk benda
3.3 Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
|
3.3.1 Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
3.3.2 Menerangkan
kegunaan benda di rumah, sekolah dan di tempat lain
|
11. Kegunaan
benda di lingkungan sekitar
12. Menerangkan
kegunaan benda di rumah, sekolah dan di tempat lain
|
|||||
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Memahami
identitas diri dan keluarga, serta
sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
1.2 Menceriterakan pengalaman diri
|
1.2.1 Menceriterakan pengalaman diri
1.2.2 Menjelaskan bagaimana cara membersihkan
anggota badan
1.2.3 Menceritakan pentingnya kesehatan bagi
pertumbuhan tubuh
|
1. Pengalaman
diri
2. Menjelaskan
bagaimana cara membersihkan anggota badan
3. Pentingnya
kesehatan bagi pertumbuhan tubuh
|
§ Mengamati gambar tentang kebersihan tubuh
§ Mendiskusikan tentang cara membersihkan anggota tubuh
§ Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan
§ Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan
tubuh
§ Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan
|
|
§
Kurikulum Standar Isi 2006
mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes,
Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§ Tematik untuk Kelas 1A.
§
Buku Kerja Tematik
§ Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS
|
§ Penilaian Unjuk kerja
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Subyektif
§ Penilaian Obyektif
§ Penilaian Tingkah Laku
§ Penilaian Portofolio
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
§ Penilaian Lisan
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca
|
§
Nilai disiplin
§
Nilai tanggung jawab
§
Nilai mandiri
§
Nilai peduli lingkungan
§
Nilai jujur
|
2. Mendeskripsikan
lingkungan rumah
2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan
perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
2.3.1 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan
perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
2.3.2 Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai
aturan
|
4. Lingkungan
rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
5. Kebersihan
tubuh sesuai aturan
|
|||||
|
|
|
|
|
§ Buku lain yang relevan
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA,
PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
§ Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat)
yang relevan dengan tema
|
§ Mengamati
aktivitas siswa lain yang tidak
sedang belajar membaca
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi benda-benda di rumah
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi barang-barang dalam gambar
§ Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita
di depan kelas
|
|
SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Seni Rupa
2. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar
ekspresif
|
2.1.1 Mengekspresikan diri melalui gambar
ekspresif
2.1.2 Mengekspresikan
diri melalui pembuatan gambar
|
1. Ekspresi
diri melalui gambar ekspresif
2. Ekspresi
diri melalui pembuatan gambar
|
§ Mengekspresikan diri melalui pembuatan gambar
§ Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui perubahan
tempo
§ Menyanyikan lagu dengan syair yang benar
§ Membedakan keras dan lemahnya bunyi suara yang
ditampilkan oleh anggota tubuh
|
|
§
Kurikulum Standar Isi 2006
mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes,
Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006
§ Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§ Tematik untuk Kelas 1A.
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,
IPA, PKn, IPS
§ Buku lain yang relevan
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA,
PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
Lingkungan
sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat) yang relevan dengan tema
|
§ Penilaian Unjuk kerja
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Subyektif
§ Penilaian Obyektif
§ Penilaian Tingkah Laku
§ Penilaian Portofolio
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
§ Penilaian Lisan
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca
§ Mengamati
aktivitas siswa lain yang tidak
sedang belajar membaca
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi benda-benda di rumah
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi barang-barang dalam gambar
Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita
di depan kelas
|
§ Nilai kreatif
§ Nilai komunikatif
§ Nilai kerja keras
§ Nilai disiplin
|
Seni Musik
3. Mengapresiasi karya seni musik
3.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
3.3.1 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
3.3.2 Membedakan keras dan lemahnya bunyi
suara yang ditampilkan oleh anggota tubuh
|
3. Sikap
apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4. Keras
dan lemahnya bunyi suara yang ditampilkan oleh anggota tubuh
|
|||||
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.3 Mengekspresikan diri melalui alat musik
atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
4.3.1 Mengekspresikan diri melalui alat musik
atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
5. Ekspresi
diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
|||||
4.4 Melafalkan lagu anak-anak
|
4.4.1 Melafalkan lagu anak-anak
4.4.2 Mengungkapkan perubahan yang dialami
melalui perubahan tempo
4.4.3 Menyanyikan lagu dengan syair yang benar
|
6. Lagu
anak-anak
7. Perubahan
yang dialami melalui perubahan tempo
8. Menyanyi
dengan syair yang benar
|
|||||
PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/
aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
|
1.1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari
dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.1.2 Menjaga keselamatan diri dan orang lain
dalam aktifitas
1.1.3 Bergerak merubah arah dan kecepatan
dalam kelompok
1.1.4 Bekerjasama dalam bermain
|
1. Gerak
dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai
sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
2. Menjaga
keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas
3. Bergerak
merubah arah dan kecepatan dalam kelompok
4. Bekerjasama
dalam bermain
|
§ Menjaga
keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas
§
Bergerak
merubah arah dan kecepatan dalam kelompok
§ Bekerjasama
dalam bermain
§ Mengayunkan
lengan ke berbagai arah berirama
§ Membersihkan
anggota badan sesuai aturan
|
|
§
Kurikulum Standar Isi 2006
mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes,
Seni-Budaya dan Agama.
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006
§
Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§ Tematik untuk Kelas 1A.
§ Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia,
IPA, PKn, IPS
§ Buku lain yang relevan
§ Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA,
PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
§ Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat)
yang relevan dengan tema
|
§ Penilaian Unjuk kerja
§ Penilaian Produk
§ Penilaian Subyektif
§ Penilaian Obyektif
§ Penilaian Tingkah Laku
§ Penilaian Portofolio
§ Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§ Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
§ Penilaian Lisan
§ Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca
§ Mengamati
aktivitas siswa lain yang tidak
sedang belajar membaca
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi benda-benda di rumah
§ Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam
mengidentifikasi barang-barang dalam gambar
Mengamati
dan menilai keberanian siswa dalam bercerita di depan kelas
|
§
Nilai peduli sosial
§
Nilai peduli lingkunagn
§
Nilai kreatif
§
Nilai tanggung jawab
§
Nilai toleransi
|
|
1.1.5 Mengayunkan lengan ke berbagai arah
berirama
|
5. Mengayun
lengan ke berbagai arah berirama
|
|||||
5. Menerapkan budaya hidup
sehat
5.1 Menjaga
kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
|
5.1.1 Menjaga
kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
5.1.2 Membersihkan anggota badan sesuai aturan
|
6. Kebersihan
diri yang meliputi kuku dan kulit
7. Membersihkan
anggota badan sesuai aturan
|
|||||
5.2 Mengenal
pentingnya imunisasi
|
5.2.1 Mengenal
pentingnya imunisasi
|
8. Pentingnya
imunisasi
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
..............................................
|
............................,
......... .......................... ...............
Guru Kelas 1,
..............................................
|
No comments:
Post a Comment