Monday 3 March 2014

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1

JARINGAN KD/INDIKATOR

































SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1

TEMA : KESEHATAN, KEBERSIHAN DAN KEAMANAN


Satuan Pendidikan           : ...........................................................

Kelas/Semester                 : I (Satu)/ I (Satu)

Tahun Pelajaran                : 2012 – 2013


STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN
NILAI KARAKTER
1
2
3
4
5
6
7
8
PENDIDIKAN KAWARGANEGARAAN






2.       Menampilkan perilaku sesuai norma dalam kehidupan keluarga dan  sekolah
2.1     Mengenal kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan keluarga dan sekolah




















2.1.1      Menjawab pertanyaan guru jam berapa mereka tiap hari bangun pagi, pulang sekolah, dan tidur malam
2.1.2      Menyanyikan lagu Bangun Tidur
2.1.3      Menjawab pertanyaan guru berapa kali biasanya mereka mandi dalam satu hari
2.1.4      Membiasakan diri tertib melakukan tugasnya
2.1.5      Menjelaskan kapan dirinya merayakan ulang tahun
2.1.6      Menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun
2.1.7      Menjawab pertanyaan guru pernahkah mereka menghadiri perayaan ulang tahun temannya
2.1.8      Menjawab pertanyaan guru pernahkah mereka menghadiri perayaan tetangganya yang khitan
2.2.1      Menjawab pertanyaan  apa yang mereka lakukan sebelum berangkat ke sekolah



1.        Jam berapa tiap hari bangun pagi, pulang sekolah, dan tidur malam
2.        Menyanyi lagu Bangun Tidur
3.        Berapa kali biasanya mereka mandi dalam satu hari
4.        Pembiasaan diri tertib melakukan tugas
5.        Penjelasan kapan dirinya merayakan ulang tahun
6.        Menyanyi lagu Selamat Ulang Tahun
7.        Menghadiri perayaan ulang tahun temannya
8.        Menghadiri perayaan tetangganya yang khitan
9.        Apa yang kita lakukan sebelum berangkat ke sekolah




§  Membaca wacana tentang kesehatan, kebersihan tubuh dan kebersihan rumah
§  Mendiskusikan cara hidup bersih dan sehat
§  Menjelaskan cara supaya hidup sehat
§  Menyebutkan ciri-ciri rumah bersih dan sehat 
§  Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan  dan keamanan di rumah  dan di sekolah



2 Minggu
2x6 hari = 12 12 kali pertemuan



§  Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§  Kerangka Dasar Kurikulum  Standar Isi 2006
§  Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§  Tematik untuk Kelas 1A.
§  Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS
§  Buku lain yang relevan
§  Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
§  Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat) yang relevan dengan tema



§  Penilaian Unjuk kerja
§  Penilaian Produk
§  Penilaian Subyektif
§  Penilaian Obyektif
§  Penilaian Tingkah Laku
§  Penilaian Portofolio

§  Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§  Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru









§  Nilai gemar membaca
§  Nilai rasa ingin tahu
§  Nilai peduli lingkungan
§  Nilai jujur
§  Nilai disiplin

2.2     Mengenal perlunya kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan keluarga dan sekolah

2.2.2      Melakukan piket kelas sesuai jadwal
2.2.3      Menjawab pertanyaan mulai pukul berapa biasanya mereka mulai belajar di rumah
2.2.4      Menjelaskan apa yang biasa dilakukan oleh orang tuanya ketika dia ulang tahun.
2.2.5      Membiasakan diri tertib melaksanakan tugas di rumah
2.2.6      Menyanyikan lagu Nama - nama hari
2.2.7      Menjawab pertanyaan tugas apa yang biasa ia lakukan di rumah
2.2.8      Menceritakan kebiasaan yang dilakukan oleh keluarganya setiap hari minggu

10.      Piket kelas sesuai jadwal
11.      Jam mulai belajar di rumah
12.      Kebiasaan dilakukan oleh orang tuanya ketika dia ulang tahun.
13.      Tertib melaksanakan tugas di rumah
14.      Menyanyi lagu Nama - nama hari
15.      Tugas yang biasa ia lakukan di rumah
16.      Kebiasaan yang dilakukan oleh keluarganya setiap hari minggu


2.2.8      Menjawab pertanyaan pernahkah di keluarganya ada acara hajatan
17.      Pernahkah di keluarganya ada acara hajatan





BAHASA INDONESIA






1.       Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa , ungkapan perasaan, pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah sederhana,deskripsi benda-benda di sekitar, dan dongeng binatang/fabel)
1.1     Membedakan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat








1.1.1      Mendengarkan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
1.1.2      Memeragakan dan mengucapkan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
1.1.3      Membedakan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat





1.        Bunyi bahasa, kata dan kalimat
2.        Memeragakan dan mengucapkan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
3.        Membedakan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat






§  Melafalkan bunyi bahasa secara tepat
§  Mencocokan gambar sesuai dg informasi yang didengarkan
§  Mengisi kolom/memberi tanda sesuai dengan informasi yang didengarkan
§  Mengenali huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata dan kalimat sederhana
§  Membaca nyaring (didengar siswa lain) kalimat demi kalimat dalam aragraf serta menggunakan lafal dan intonasi yang tepat sehingga dapat dipahami orang lain
§  Mengidentifikasikan kata-kata kunci dari bacaan agak panjang
§  Menyalin dan mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menuliskannya pada buku tulis 
§  Menuliskan huruf, kata dan kalimat sederhana dengan benar dan  dapat dibaca oleh orang lain
§  Menulsikan kalimat secara benar dan tepat mengikuti apa yang didektekan guru
§  Menulis dengan menggunakan huruf sambung







§  Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§  Kerangka Dasar Kurikulum  Standar Isi 2006
§  Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§  Tematik untuk Kelas 1A.
§  Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS
§  Buku lain yang relevan
§  Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat) yang relevan dengan tema





§  Penilaian Unjuk kerja
§  Penilaian Produk
§  Penilaian Subyektif
§  Penilaian Obyektif
§  Penilaian Tingkah Laku
§  Penilaian Portofolio
§  Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§  Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
§  Penilaian Lisan
§  Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca
§  Mengamati  aktivitas siswa  lain yang tidak sedang belajar  membaca
§  Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi benda-benda di rumah
§  Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi barang-barang dalam gambar
§  Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita di depan kelas





§  Nilai komunikatif
§  Nilai gemar membaca
§  Nilai kreatif
§  Nilai mandiri
§  Nilai disiplin
§  Nilai tanggung jawab
2.       Berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan , pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, pertanyaan, dan informasi secara lisan dalam bentuk berkenalan dan tegur sapa, menjelaskan isi informasi, dan mengandaikan diri sebagai tokoh yang disukai
2.4     Menjelaskan isi cerita bergambar













2.4.1      Mengucapkan kalimat ajakan  yang dapat diucapkan sesuai gambar yang disajikan
2.4.2      Melakukan dan mengucapkan kalimat ketika mengajak teman pegri ke sekolah








4.        Kalimat ajakan  yang dapat diucapkan sesuai gambar yang disajikan
5.        Ucapan kalimat ketika mengajak teman pegri ke sekolah
3.       Membaca : Membaca permulaan dalam bentuk membaca nyaring kata dan kalimat sederhana, membaca lancar bacaan (5-6 kalimat/25 kata), dan membaca penggalan dongeng/fabel
3.3.    Membaca nyaring kata dengan lafal dan tekanan yang tepat







3.3.1      Mendengarkan cara membaca nyaring dengan lapal dan tekanan yang tepat
3.3.2      Membaca nyaring kata dengan lafal dan tekanan yang tepat






6.        Cara membaca nyaring dengan lapal dan tekanan yang tepat
7.        Membaca nyaring

4.       Menulis : Menulis permulaan melalui membiasakan menulis yang benar, menebalkan, mencontoh, dan menyalin suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung serta melengkapi kalimat dengan kata
4.5     Menulis kalimat berdasarkan gambar dengan huruf tegak bersambung









4.5.1      Menyalin/mencontoh  huruf sambung berdasarkan gambar
4.5.2      Menyalin/mencontoh kata berdasarkan gambar








8.        Huruf sambung berdasarkan gambar
9.        Kata berdasarkan gambar


4.6     Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf  lepas dan huruf tegak bersambung



4.6.1      Menyalin/mencontoh  huruf lepas dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
4.6.2      Menyalin/mencontoh kata dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung

10.      Huruf lepas dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
11.      Kata dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung


4.6.3      Menyalin/mencontoh kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
12.      Kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung





MATEMATIKA






4.       Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang sampai dua angka dan menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
4.5     Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
























4.5.1      Menulis model/kalimat matematika dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
4.5.2      Menyebut/membaca penjumlahan dua bilangan
4.5.3      Menjumlah bilangan dua angka
4.5.4      Mengurang bilangan dua angka
4.5.6      Menentukan pasangan bilangan dengan jumlah tertentu
4.5.7      Menghafal/mengingat hasil pen jumlahan atau pengurangan
4.5.8      Membentuk penjumlahan atau pengurangan dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan simbol operasi yang diberikan





1.        Model/kalimat matematika dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
2.        Penjumlahan dua bilangan
3.        Penjumlahan bilangan dua angka
4.        Pengurangan bilangan dua angka
5.        Pasangan bilangan dengan jumlah tertentu
6.        Pen jumlahan atau pengurangan
7.        Penjumlahan atau pengurangan dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan simbol operasi yang diberikas




§  Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
§  Menterjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan ke dalam kalimat sehari-hari
§  Menghitung fakta dasar penjumlahan dan pengurangan
§  Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan






§  Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§  Kerangka Dasar Kurikulum  Standar Isi 2006
§  Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§  Tematik untuk Kelas 1A.
§  Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS
§  Buku lain yang relevan
§  Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat) yang relevan dengan tema




§  Penilaian Unjuk kerja
§  Penilaian Produk
§  Penilaian Subyektif
§  Penilaian Obyektif
§  Penilaian Tingkah Laku
§  Penilaian Portofolio
§  Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§  Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
§  Penilaian Lisan
§  Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca
§  Mengamati  aktivitas siswa  lain yang tidak sedang belajar  membaca
§  Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi benda-benda di rumah
§  Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi barang-barang dalam gambar
Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita di depan kelas




§  Nilai kreatif
§  Nilai kerja keras
§  Nilai disiplin
§  Nilai tanggung jawab
§  Nilai mandiri

4.6     Menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokan pada operasi bilangan










4.6.1      Menunjukkan dengan contoh bahwa hasil penjumlahan dua dan tiga bilangan dapat dilakukan dengan urutan sembarang
4.6.2      Mencongak hasil penjumlahan bilangan dua angka dengan menggunakan sifat pertukaran/pengelompokan
4.6.3      Mencongak hasil pengurangan bilangan dua angka
8.        Contoh bahwa hasil penjumlahan dua dan tiga bilangan dapat dilakukan dengan urutan sembarang
9.        Mencongak hasil penjumlahan bilangan dua angka dengan menggunakan sifat pertukaran/pengelompokan
10.      Mencongak hasil pengurangan bilangan dua angka
4.7      Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan, serta pola  bilangan dua angka














4.7.1      Menentukan unsur/apa yang diketahui dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
4.7.2      Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
4.7.3      Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan pengurangan
4.7.4      Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan

11.      Unsur/apa yang diketahui dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
12.      Model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
13.      Model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan pengurangan
14.      Penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
ILMU PENGETAHUAN ALAM






1.       Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
1.1     Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya












1.1.1      Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
1.1.2      Membandingkan benda berdasarkan persamaan
1.1.3      Memberikan makna pada hasil pengamatan
1.1.4      Menggunakan infornmasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan
1.1.5      Menunjukkan cara merawat tubuh




1.        Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
2.        Membandingkan benda berdasarkan persamaan
3.        Memberikan makna pada hasil pengamatan
4.        Menggunakan infornmasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan
5.        Menunjukkan cara merawat tubuh



§  Membandingkan benda berdasarkan persamaan
§  Memberikan makna pada hasil pengamatan
§  Menggunakan infornmasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan
§  Menunjukkan cara merawat tubuh
§  Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan
§  Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara, danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat
§  Menjaga kebersihan diri, rumah dan sekolah
§  Membuang sampah pada tempatnya
§  Menerangkan kegunaan benda di rumah, sekolah dan di tempat lain





§  Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§  Kerangka Dasar Kurikulum  Standar Isi 2006
§  Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§  Tematik untuk Kelas 1A.
§  Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS
§  Buku lain yang relevan
§  Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat) yang relevan dengan tema



§  Penilaian Unjuk kerja
§  Penilaian Produk
§  Penilaian Subyektif
§  Penilaian Obyektif
§  Penilaian Tingkah Laku
§  Penilaian Portofolio
§  Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§  Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
§  Penilaian Lisan
§  Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca
§  Mengamati  aktivitas siswa  lain yang tidak sedang belajar  membaca
§  Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi benda-benda di rumah
§  Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi barang-barang dalam gambar
Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita di depan kelas



§  Nilai peduli lingkungan
§  Nilai kerja keras
§  Nilai disiplin
§  Nilai tanggung jawab

1.2     Mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
               









1.2.1      Mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
1.2.2      Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan
1.2.3      Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara, danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat
1.2.4      Menjaga kebersihan diri, rumah dan sekolah
1.2.5      Membuang sampah pada tempatnya
6.        Mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
7.        Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan
8.        Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara, danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat
9.        Menjaga kebersihan diri, rumah dan sekolah
10.      Membuang sampah pada tempatnya
Benda dan Sifatnya
3.       Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui   pengamatan perubahan bentuk benda
3.3     Mengidentifikasi  kegunaan benda di lingkungan sekitar







3.3.1      Mengidentifikasi  kegunaan benda di lingkungan sekitar
3.3.2      Menerangkan kegunaan benda di rumah, sekolah dan di tempat lain





11.      Kegunaan benda di lingkungan sekitar
12.      Menerangkan kegunaan benda di rumah, sekolah dan di tempat lain
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL






1.       Memahami identitas diri  dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
1.2     Menceriterakan  pengalaman diri








1.2.1      Menceriterakan  pengalaman diri
1.2.2      Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan
1.2.3      Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh



1.        Pengalaman diri
2.        Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan
3.        Pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh




§  Mengamati gambar tentang kebersihan tubuh
§  Mendiskusikan tentang cara membersihkan anggota tubuh
§  Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan
§  Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh
§  Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan





§  Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§  Kerangka Dasar Kurikulum  Standar Isi 2006
§  Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§  Tematik untuk Kelas 1A.
§  Buku Kerja Tematik
§  Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS



§  Penilaian Unjuk kerja
§  Penilaian Produk
§  Penilaian Subyektif
§  Penilaian Obyektif
§  Penilaian Tingkah Laku
§  Penilaian Portofolio
§  Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§  Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
§  Penilaian Lisan
§  Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca




§  Nilai disiplin
§  Nilai tanggung jawab
§  Nilai mandiri
§  Nilai peduli lingkungan
§  Nilai jujur

2.       Mendeskripsikan lingkungan rumah
2.3     Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah










2.3.1      Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
2.3.2      Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan


4.        Lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
5.        Kebersihan tubuh sesuai aturan












§  Buku lain yang relevan
§  Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
§  Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat) yang relevan dengan tema
§  Mengamati  aktivitas siswa  lain yang tidak sedang belajar  membaca
§  Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi benda-benda di rumah
§  Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi barang-barang dalam gambar
§  Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita di depan kelas




SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN






Seni Rupa
2.       Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
2.1     Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif





2.1.1      Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
2.1.2      Mengekspresikan diri melalui pembuatan gambar



1.        Ekspresi diri melalui gambar ekspresif
2.        Ekspresi diri melalui pembuatan gambar



§  Mengekspresikan diri melalui pembuatan gambar
§  Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui perubahan tempo
§  Menyanyikan lagu dengan syair yang benar
§  Membedakan keras dan lemahnya bunyi suara yang ditampilkan oleh anggota tubuh





§  Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§  Kerangka Dasar Kurikulum  Standar Isi 2006
§  Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§  Tematik untuk Kelas 1A.
§  Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS
§  Buku lain yang relevan
§  Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat) yang relevan dengan tema



§  Penilaian Unjuk kerja
§  Penilaian Produk
§  Penilaian Subyektif
§  Penilaian Obyektif
§  Penilaian Tingkah Laku
§  Penilaian Portofolio
§  Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§  Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
§  Penilaian Lisan
§  Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca
§  Mengamati  aktivitas siswa  lain yang tidak sedang belajar  membaca
§  Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi benda-benda di rumah
§  Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi barang-barang dalam gambar
Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita di depan kelas









§  Nilai kreatif
§  Nilai komunikatif
§  Nilai kerja keras
§  Nilai disiplin

Seni Musik
3.       Mengapresiasi karya seni musik
3.3     Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia







3.3.1      Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
3.3.2      Membedakan keras dan lemahnya bunyi suara yang ditampilkan oleh anggota tubuh



3.        Sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.        Keras dan lemahnya bunyi suara yang ditampilkan oleh anggota tubuh
4.       Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.3     Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia




4.3.1      Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia



5.        Ekspresi diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.4     Melafalkan lagu anak-anak



4.4.1      Melafalkan lagu anak-anak
4.4.2      Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui perubahan tempo
4.4.3      Menyanyikan lagu dengan syair yang benar
6.        Lagu anak-anak
7.        Perubahan yang dialami melalui perubahan tempo
8.        Menyanyi dengan syair yang benar
PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN






1.       Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
1.1     Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri








1.1.1      Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.1.2      Menjaga keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas
1.1.3      Bergerak merubah arah dan kecepatan dalam kelompok
1.1.4      Bekerjasama dalam bermain





1.        Gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
2.        Menjaga keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas
3.        Bergerak merubah arah dan kecepatan dalam kelompok
4.        Bekerjasama dalam bermain





§  Menjaga keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas
§  Bergerak merubah arah dan kecepatan dalam kelompok
§  Bekerjasama dalam bermain
§  Mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama
§  Membersihkan anggota badan sesuai aturan






§  Kurikulum Standar Isi 2006 mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Agama.
§  Kerangka Dasar Kurikulum  Standar Isi 2006
§  Buku Ajar Siswa Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan
§  Tematik untuk Kelas 1A.
§  Buku Kerja Tematik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS
§  Buku lain yang relevan
§  Buku Ajar Siswa mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, PKn, IPS, Matematika, Orkes, Seni-Budaya dan Keterampilan, Agama.
§  Lingkungan sekitar (rumah, sekolah, dan masyarakat) yang relevan dengan tema




§  Penilaian Unjuk kerja
§  Penilaian Produk
§  Penilaian Subyektif
§  Penilaian Obyektif
§  Penilaian Tingkah Laku
§  Penilaian Portofolio
§  Mengamati kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran
§  Mencatat aktifitas siswa dalam merespon pertanyaan guru
§  Penilaian Lisan
§  Mengamati dan menilai siswa ketika belajar membaca
§  Mengamati  aktivitas siswa  lain yang tidak sedang belajar  membaca
§  Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi benda-benda di rumah
§  Mengumpulkan dan menilai hasil tugas siswa dalam mengidentifikasi barang-barang dalam gambar
Mengamati dan menilai keberanian siswa dalam bercerita di depan kelas




§  Nilai peduli sosial
§  Nilai peduli lingkunagn
§  Nilai kreatif
§  Nilai tanggung jawab
§  Nilai toleransi


1.1.5      Mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama

5.        Mengayun lengan ke berbagai arah berirama
5.       Menerapkan budaya hidup sehat
5.1     Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit

5.1.1      Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
5.1.2      Membersihkan anggota badan sesuai aturan

6.        Kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
7.        Membersihkan anggota badan sesuai aturan
5.2     Mengenal pentingnya imunisasi


5.2.1      Mengenal pentingnya imunisasi

8.        Pentingnya imunisasi



Mengetahui
Kepala Sekolah,



..............................................
............................, ......... .......................... ...............
Guru Kelas 1,




..............................................



No comments:

Post a Comment