RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SD / MI
.................................................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester :
1 / I
Standar
Kompetensi : 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan
sederhanan / aktivitas jasmani dan nilai yang
terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar :
1.1. Mempraktikkan gerak dasar
jalan, lari dan lompat
dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, toleransi dan percaya diri.
Indikator : Gerak dasar berjalan
-
berjalan ke depan dengan langkah pendek
-
berjalan dengan langkah panjang
-
lomba balap sendok
Gerak dasar lari
-
lari ke depan
-
lari ke belakang
-
bermain kejar – kejaran.
Gerak dasar lompat dan loncat.
-
melompat ke depan
-
loncat – loncat
-
lompat ke samping dan berputar
-
lompat ke samping
-
lomba melompat
dengan berbagai variasi arah dan gerak
serta melakukan
gerakan
secara individu, berpasangan maupun beregu.
Alokasi Waktu : 9
x 35 menit ( x
pertemuan )
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
berjalan berbagai variasi yang dikemas dalam bentuk permainan atau modufikasi.
B. Materi Pembelajaran
-
berjalan
-
Berlari
-
melompat
- Metode Pembelajaran
-
ceramah
-
demontrasi
-
penugasan
-
latihan
-
tanya jawab
D. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
1.
Pertemuan pertama
Pendahuluan
-
Menyiapkan lapangan, berbaris, berdo’a, presensi,
apersepsi dan pemanasan dengan permainan menjala ikan.
Inti
;
Gerak
dasar berjalan
-
berjalan ke depan dengan langkah pendek
-
berjalan dengan langkah panjang
-
lomba balap sendok
Penutup
-
Pendinginan dengan bernyanyi, berbaris, tugas – tugas,
evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
2. Pertemuan ke dua
Pendahuluan
-
Menyiapkan lapangan, berbaris, berdo’a, presensi,
apersepsi dan pemanasan dengan permainan mencari pasangan.
Inti
:
Gerak dasar lari
-
lari ke depan
-
lari ke belakang
-
bermain kejar – kejaran.
Penutup.
-
pendinginan, berbaris membentuk lingkaran, tugas,
evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar
3.
Pertemuan ke tiga
Pendahuluan
-
Menyiapkan lapangan, berbaris, berdo’a, presensi,
apersepsi dan pemanasan dengan permainan menjala ikan.
Inti
Gerak dasar lompat dan loncat.
-
melompat ke depan
-
loncat – loncat
-
lompat ke samping dan berputar
-
lompat ke samping
-
lomba melompat
Penutup
-
Pendinginan dengan bernyanyi, berbaris, tugas – tugas,
evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.
-
Buku KTSP Penjasorkes kls. 1 oleh tim Abdi Guru
Penerbit Erlangga halaman 2, 3, 4, 5,
6,7,8,9,10
E. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
Tes unjuk kerja :
-
berjalan
-
berlari
-
melompat
Dengan
berbagai variasi arah dan jarak serta melakukan gerakan secara individu,
berpasangan maupun kelompok atau beregu.
2.
Rublik Penilaian
RUBLIK PENILAIAN
UNJUK
KERJA GERAK DASAR
no
|
Aspek yang dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berjalan
|
|
|
|
|
2
|
Berlari
|
|
|
|
|
3
|
Melompat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
Mengetahui Guru
Penjasorkes
Kepala Sekolah
----------------------------- ------------------------------
Nip. Nip.
No comments:
Post a Comment