RENCANA
PEMBELAJARAN
TEMATIK
Pertemuan 7, 8 dan 9
SATUAN PENDIDIKAN : ...........................................................
TEMA : KEBERSIHAN, KESEHATAN
DAN KEAMANAN
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU :
3 kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)
I. STANDAR KOMPETENSI
AGAMA
Akhlak
7. Membiasakan perilaku patuh kepada
orangtua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pengenalan
tata kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2. Menampilkan perilaku sesuai norma dalam
kehidupan keluarga dan sekolah
BAHASA
INDONESIA
1. Mendengarkan
: Memahami bunyi bahasa , ungkapan perasaan, pujian,
ajakan, pemberitahuan, perintah sederhana,deskripsi benda-benda di sekitar, dan
dongeng binatang/fabel)
2. Berbicara
: Mengungkapkan pikiran, perasaan , pujian, ajakan,
pemberitahuan, perintah, pertanyaan, dan informasi secara lisan dalam bentuk
berkenalan dan tegur sapa, menjelaskan isi informasi, dan mengandaikan diri
sebagai tokoh yang disukai
3. Membaca : Membaca permulaan dalam bentuk membaca nyaring kata dan kalimat sederhana,
membaca lancar bacaan (5-6 kalimat/25 kata), dan membaca penggalan
dongeng/fabel
4. Menulis
: Menulis permulaan melalui membiasakan menulis yang benar,
menebalkan, mencontoh, dan menyalin suku kata, kata, dan kalimat sederhana
dengan huruf lepas dan tegak bersambung serta melengkapi kalimat dengan kata
MATEMATIKA
Bilangan
4. Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang sampai dua angka dan menggunakannya
dalam menyelesaikan masalah
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
1. Mengenal
anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
Benda
dan Sifatnya
3. Mengenal berbagai
sifat benda dan kegunaannya melalui
pengamatan perubahan bentuk benda
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
1. Memahami
identitas diri dan keluarga, serta sikap
saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
2. Mendeskripsikan
lingkungan rumah
SENI
BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Seni
Rupa
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Seni
Musik
3. Mengapresiasi karya seni musik
4. Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik
PENJASORKES
1. Mempraktikkan
gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang
terkandung di dalamnya
5.
Menerapkan budaya hidup sehat
II. KOMPETENSI
DASAR
AGAMA
Akhlak
7.1 Menampilkan perilaku patuh kepada
orangtua
7.2 Menampilkan perilaku patuh kepada guru
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pengenalan
tata kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.1 Mengenal kebiasaan, tata tertib, tradisi,
dan adat dalam kehidupan keluarga dan sekolah
2.2 Mengenal perlunya kepatuhan terhadap
kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan keluarga dan sekolah
BAHASA
INDONESIA
1. Mendengarkan
:
1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa, kata
dan kalimat
2. Berbicara
:
2.4 Menjelaskan
isi cerita bergambar
3. Membaca :
3.3. Membaca nyaring kata dengan lafal dan
tekanan yang tepat
4. Menulis
:
4.5 Menulis
kalimat berdasarkan gambar dengan huruf tegak bersambung
4.6 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan
guru dengan huruf lepas dan huruf tegak
bersambung
MATEMATIKA
Bilangan
4.5 Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan
4.6 Menggunakan
sifat pertukaran dan pengelompokan pada operasi bilangan
4.7 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penjumlahan dan pengurangan, serta pola
bilangan dua angka
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan
kegunaannya serta cara perawatannya
1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
Benda
dan Sifatnya
3.3 Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
1.2 Menceriterakan pengalaman diri
2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan
perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
SENI
BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Seni
Rupa
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar
ekspresif
Seni
Musik
3.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.3 Mengekspresikan diri melalui alat musik
atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.4 Melafalkan lagu anak-anak
PENJASORKES
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
5.1 Menjaga
kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
5.2 Mengenal
pentingnya imunisasi
III. INDIKATOR
AGAMA
Akhlak
7.1.1
Menunjukkan prilaku patuh kepada
orang tua
7.1.2
Membiasakan prilaku patuh kepada
orang tua
7.2.1
Menunjukkan prilaku patuh kepada
guru
7.2.2 Membiasakan prilaku patuh kepada guru
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pengenalan
tata kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.1.1 Menjawab
pertanyaan guru jam berapa mereka tiap hari bangun pagi, pulang sekolah, dan
tidur malam
2.1.2 Menyanyikan
lagu Bangun Tidur
2.1.3 Menjawab
pertanyaan guru berapa kali biasanya mereka mandi dalam satu hari
2.1.4 Membiasakan
diri tertib melakukan tugasnya
2.1.5 Menjelaskan
kapan dirinya merayakan ulang tahun
2.1.6 Menyanyikan
lagu Selamat Ulang Tahun
2.1.7 Menjawab
pertanyaan guru pernahkah mereka menghadiri perayaan ulang tahun temannya
2.1.8 Menjawab
pertanyaan guru pernahkah mereka menghadiri perayaan tetangganya yang khitan
2.2.1 Menjawab
pertanyaan apa yang mereka lakukan
sebelum berangkat ke sekolah
2.2.2 Melakukan
piket kelas sesuai jadwal
2.2.3 Menjawab
pertanyaan mulai pukul berapa biasanya mereka mulai belajar di rumah
2.2.4 Menjelaskan
apa yang biasa dilakukan oleh orang tuanya ketika dia ulang tahun.
2.2.5 Membiasakan
diri tertib melaksanakan tugas di rumah
2.2.6 Menyanyikan
lagu Nama - nama hari
2.2.7 Menjawab
pertanyaan tugas apa yang biasa ia lakukan di rumah
2.2.8 Menceritakan
kebiasaan yang dilakukan oleh keluarganya setiap hari minggu
2.2.8 Menjawab
pertanyaan pernahkah di keluarganya ada acara hajatan
BAHASA
INDONESIA
1. Mendengarkan
:
1.1.1 Mendengarkan berbagai bunyi bahasa, kata
dan kalimat
1.1.2 Memeragakan dan mengucapkan berbagai
bunyi bahasa, kata dan kalimat
1.1.3 Membedakan berbagai bunyi bahasa, kata
dan kalimat
2. Berbicara
:
2.4.1 Mengucapkan kalimat ajakan yang dapat diucapkan sesuai gambar yang
disajikan
2.4.2 Melakukan dan mengucapkan kalimat ketika
mengajak teman pegri ke sekolah
3. Membaca :
3.3.1 Mendengarkan cara membaca nyaring dengan
lapal dan tekanan yang tepat
3.3.2 Membaca nyaring kata dengan lafal dan
tekanan yang tepat
4. Menulis
:
4.5.1 Menyalin/mencontoh huruf sambung berdasarkan gambar
4.5.2 Menyalin/mencontoh kata berdasarkan
gambar
4.6.1 Menyalin/mencontoh huruf lepas dari buku atau papan tulis dengan
huruf lepas dan huruf tegak bersambung
4.6.2 Menyalin/mencontoh kata dari buku atau
papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
4.6.3 Menyalin/mencontoh kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas
dan huruf tegak bersambung
MATEMATIKA
Bilangan
4.5.1 Menulis model/kalimat matematika dari
kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau
pengurangan
4.5.2 Menyebut/membaca penjumlahan dua bilangan
4.5.3 Menjumlah bilangan dua angka
4.5.4 Mengurang bilangan dua angka
4.5.6 Menentukan pasangan bilangan dengan jumlah
tertentu
4.5.7 Menghafal/mengingat hasil pen jumlahan
atau pengurangan
4.5.8 Membentuk penjumlahan atau pengurangan
dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan simbol operasi yang
diberikan
4.6.1 Menunjukkan dengan contoh bahwa hasil
penjumlahan dua dan tiga bilangan dapat dilakukan dengan urutan sembarang
4.6.2 Mencongak hasil penjumlahan bilangan dua
angka dengan menggunakan sifat pertukaran/pengelompokan
4.6.3 Mencongak hasil pengurangan bilangan dua
angka.
4.7.1 Menentukan unsur/apa yang diketahui dari
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
4.7.2 Menulis model/kalimat matematika dari
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
4.7.3 Menulis model/kalimat matematika dari
masalah yang berkaitan dengan pengurangan
4.7.4 Menentukan penyelesaian dari masalah yang
berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
1.1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan
kegunaannya serta cara perawatannya
1.1.2 Membandingkan benda berdasarkan persamaan
1.1.3 Memberikan makna pada hasil pengamatan
1.1.4 Menggunakan infornmasi dari hasil
pengamatan untuk menjawab pertanyaan
1.1.5 Menunjukkan cara merawat tubuh
1.2.1 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
1.2.2 Menyebutkan makanan sehat untuk
pertumbuhan
1.2.3 Menceritakan perlunya air, makanan,
pakaian, udara, danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat
1.2.4 Menjaga kebersihan diri, rumah dan
sekolah
1.2.5 Membuang sampah pada tempatnya
Benda
dan Sifatnya
3.3.1 Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
3.3.2 Menerangkan
kegunaan benda di rumah, sekolah dan di tempat lain
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
1.2.1 Menceriterakan pengalaman diri
1.2.2 Menjelaskan bagaimana cara membersihkan
anggota badan
1.2.3 Menceritakan pentingnya kesehatan bagi
pertumbuhan tubuh
2.3.1 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan
perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
2.3.2 Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai
aturan
SENI
BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Seni
Rupa
2.1.1 Mengekspresikan diri melalui gambar
ekspresif
2.1.2 Mengekspresikan diri melalui pembuatan
gambar
Seni
Musik
3.3.1 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
3.3.2 Membedakan keras dan lemahnya bunyi suara
yang ditampilkan oleh anggota tubuh
4.3.1 Mengekspresikan diri melalui alat musik
atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.4.1 Melafalkan lagu anak-anak
4.4.2 Mengungkapkan perubahan yang dialami
melalui perubahan tempo
4.4.3 Menyanyikan lagu dengan syair yang benar
PENJASORKES
1.1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran,
kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.1.2 Menjaga keselamatan diri dan orang lain
dalam aktifitas
1.1.3 Bergerak merubah arah dan kecepatan dalam
kelompok
1.1.4 Bekerjasama dalam bermain
1.1.5 Mengayunkan lengan ke berbagai arah
berirama
5.1.1 Menjaga
kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
5.1.2 Membersihkan anggota badan sesuai aturan
5.2.1 Mengenal
pentingnya imunisasi
IV. TUJUAN
AGAMA
Akhlak
1. Menunjukkan prilaku patuh kepada orang
tua
2. Membiasakan prilaku patuh kepada orang
tua
3. Menunjukkan prilaku patuh kepada guru
4.
Membiasakan prilaku patuh kepada
guru
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pengenalan
tata kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
1. Menjawab
pertanyaan guru jam berapa mereka tiap hari bangun pagi, pulang sekolah, dan
tidur malam
2. Menyanyikan lagu
Bangun Tidur
3. Menjawab
pertanyaan guru berapa kali biasanya mereka mandi dalam satu hari
4. Membiasakan
diri tertib melakukan tugasnya
. Menjelaskan
kapan dirinya merayakan ulang tahun
6. Menyanyikan
lagu Selamat Ulang Tahun
7. Menjawab
pertanyaan guru pernahkah mereka menghadiri perayaan ulang tahun temannya
8. Menjawab
pertanyaan guru pernahkah mereka menghadiri perayaan tetangganya yang khitan
9. Menjawab
pertanyaan apa yang mereka lakukan
sebelum berangkat ke sekolah
10. Melakukan
piket kelas sesuai jadwal
11. Menjawab
pertanyaan mulai pukul berapa biasanya mereka mulai belajar di rumah
12. Menjelaskan
apa yang biasa dilakukan oleh orang tuanya ketika dia ulang tahun.
13. Membiasakan
diri tertib melaksanakan tugas di rumah
14. Menyanyikan
lagu Nama - nama hari
15. Menjawab
pertanyaan tugas apa yang biasa ia lakukan di rumah
16. Menceritakan
kebiasaan yang dilakukan oleh keluarganya setiap hari minggu
17. Menjawab
pertanyaan pernahkah di keluarganya ada acara hajatan
BAHASA
INDONESIA
1. Mendengarkan
:
1. Mendengarkan
berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
2. Memeragakan
dan mengucapkan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
3. Membedakan
berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
2. Berbicara
: Mengungkapkan pikiran, perasaan , pujian, ajakan, pemberitahuan,
perintah, pertanyaan, dan informasi secara lisan dalam bentuk berkenalan dan
tegur sapa, menjelaskan isi informasi, dan mengandaikan diri sebagai tokoh yang
disukai
4. Mengucapkan
kalimat ajakan yang dapat diucapkan
sesuai gambar yang disajikan
5. Melakukan
dan mengucapkan kalimat ketika mengajak teman pegri ke sekolah
3. Membaca :
6. Mendengarkan
cara membaca nyaring dengan lapal dan tekanan yang tepat
7. Membaca
nyaring kata dengan lafal dan tekanan yang tepat
4. Menulis
:
8. Menyalin/mencontoh huruf sambung berdasarkan gambar
9. Menyalin/mencontoh
kata berdasarkan gambar
10. Menyalin/mencontoh huruf lepas dari buku atau papan tulis dengan
huruf lepas dan huruf tegak bersambung
11. Menyalin/mencontoh
kata dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
12. Menyalin/mencontoh
kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak
bersambung
MATEMATIKA
Bilangan
1. Menulis
model/kalimat matematika dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan
dengan penjumlahan atau pengurangan
2. Menyebut/membaca
penjumlahan dua bilangan
3. Menjumlah
bilangan dua angka
4. Mengurang
bilangan dua angka
5. Menentukan
pasangan bilangan dengan jumlah tertentu
6. Menghafal/mengingat
hasil pen jumlahan atau pengurangan
7. Membentuk
penjumlahan atau pengurangan dengan hasil terbesar atau terkecil dari
angka-angka dan simbol operasi yang diberikan
8. Menunjukkan
dengan contoh bahwa hasil penjumlahan dua dan tiga bilangan dapat dilakukan
dengan urutan sembarang
9. Mencongak
hasil penjumlahan bilangan dua angka dengan menggunakan sifat
pertukaran/pengelompokan
10. Mencongak
hasil pengurangan bilangan dua angka.
11. Menentukan
unsur/apa yang diketahui dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau
pengurangan
12. Menulis
model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
13. Menulis
model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan pengurangan
14. Menentukan
penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
1. Mengenal
bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
2. Membandingkan
benda berdasarkan persamaan
3. Memberikan
makna pada hasil pengamatan
4. Menggunakan
infornmasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan
5. Menunjukkan
cara merawat tubuh
6. Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
7. Menyebutkan
makanan sehat untuk pertumbuhan
8. Menceritakan
perlunya air, makanan, pakaian, udara, danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat
9. Menjaga
kebersihan diri, rumah dan sekolah
10. Membuang
sampah pada tempatnya
Benda
dan Sifatnya
11. Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
12. Menerangkan
kegunaan benda di rumah, sekolah dan di tempat lain
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
1. Menceriterakan pengalaman diri
2. Menjelaskan
bagaimana cara membersihkan anggota badan
3. Menceritakan
pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh
4. Menjelaskan
lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
5. Melaksanakan
kebersihan tubuh sesuai aturan
SENI
BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Seni
Rupa
1. Mengekspresikan
diri melalui gambar ekspresif
2. Mengekspresikan
diri melalui pembuatan gambar
Seni
Musik
3. Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4. Membedakan
keras dan lemahnya bunyi suara yang ditampilkan oleh anggota tubuh
5. Mengekspresikan
diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
6. Melafalkan
lagu anak-anak
7. Mengungkapkan
perubahan yang dialami melalui perubahan tempo
8. Menyanyikan
lagu dengan syair yang benar
PENJASORKES
1. Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai
sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
2. Menjaga
keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas
3. Bergerak
merubah arah dan kecepatan dalam kelompok
4. Bekerjasama
dalam bermain
5. Mengayunkan
lengan ke berbagai arah berirama
6. Menjaga
kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
7. Membersihkan
anggota badan sesuai aturan
8. Mengenal
pentingnya imunisasi
V. MATERI
AGAMA
Akhlak
1. Perilaku
patuh kepada orang tua
2. Perilaku
patuh kepada orang tua
3. Peilaku
patuh kepada guru
4. Perilaku
patuh kepada guru
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pengenalan
tata kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
1. Jam
berapa tiap hari bangun pagi, pulang sekolah, dan tidur malam
2. Menyanyi
lagu Bangun Tidur
3. Berapa
kali biasanya mereka mandi dalam satu hari
4. Pembiasaan
diri tertib melakukan tugas
5. Penjelasan
kapan dirinya merayakan ulang tahun
6. Menyanyi
lagu Selamat Ulang Tahun
7. Menghadiri
perayaan ulang tahun temannya
8. Menghadiri
perayaan tetangganya yang khitan
9. Apa yang
kita lakukan sebelum berangkat ke sekolah
10. Piket
kelas sesuai jadwal
11. Jam mulai
belajar di rumah
12. Kebiasaan
dilakukan oleh orang tuanya ketika dia ulang tahun.
13. Tertib
melaksanakan tugas di rumah
14. Menyanyi
lagu Nama - nama hari
15. Tugas yang
biasa ia lakukan di rumah
16. Kebiasaan
yang dilakukan oleh keluarganya setiap hari minggu
17. Pernahkah
di keluarganya ada acara hajatan
BAHASA
INDONESIA
1. Mendengarkan
:
1. Bunyi
bahasa, kata dan kalimat
2. Memeragakan
dan mengucapkan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
3. Membedakan
berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
2. Berbicara
:
4. Kalimat
ajakan yang dapat diucapkan sesuai
gambar yang disajikan
5. Ucapan
kalimat ketika mengajak teman pegri ke sekolah
3. Membaca :
6. Cara
membaca nyaring dengan lapal dan tekanan yang tepat
7. Membaca
nyaring
4. Menulis
:
8. Huruf
sambung berdasarkan gambar
9. Kata
berdasarkan gambar
10. Huruf
lepas dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
11. Kata dari
buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
12. Kalimat
sederhana dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak
bersambung
MATEMATIKA
Bilangan
1. Model/kalimat
matematika dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
atau pengurangan
2. Penjumlahan
dua bilangan
3. Penjumlahan
bilangan dua angka
4. Pengurangan
bilangan dua angka
5. Pasangan
bilangan dengan jumlah tertentu
6. Pen
jumlahan atau pengurangan
7. Penjumlahan
atau pengurangan dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan
simbol operasi yang diberikan
8. Contoh
bahwa hasil penjumlahan dua dan tiga bilangan dapat dilakukan dengan urutan
sembarang
9. Mencongak
hasil penjumlahan bilangan dua angka dengan menggunakan sifat
pertukaran/pengelompokan
10. Mencongak
hasil pengurangan bilangan dua angka.
11. Unsur/apa
yang diketahui dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
12. Model/kalimat
matematika dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
13. Model/kalimat
matematika dari masalah yang berkaitan dengan pengurangan
14. Penyelesaian
dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
1. Mengenal
bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
2. Membandingkan
benda berdasarkan persamaan
3. Memberikan
makna pada hasil pengamatan
4. Menggunakan
infornmasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan
5. Menunjukkan
cara merawat tubuh
6. Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
7. Menyebutkan
makanan sehat untuk pertumbuhan
8. Menceritakan
perlunya air, makanan, pakaian, udara, danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat
9. Menjaga
kebersihan diri, rumah dan sekolah
10. Membuang
sampah pada tempatnya
Benda
dan Sifatnya
11. Kegunaan
benda di lingkungan sekitar
12. Menerangkan
kegunaan benda di rumah, sekolah dan di tempat lain
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
1. Pengalaman
diri
2. Menjelaskan
bagaimana cara membersihkan anggota badan
3. Pentingnya
kesehatan bagi pertumbuhan tubuh
4. Lingkungan
rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
5. Kebersihan
tubuh sesuai aturan
SENI
BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Seni
Rupa
1. Ekspresi
diri melalui gambar ekspresif
2. Ekspresi
diri melalui pembuatan gambar
Seni
Musik
3. Sikap
apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4. Keras dan
lemahnya bunyi suara yang ditampilkan oleh anggota tubuh
5. Ekspresi
diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
6. Lagu
anak-anak
7. Perubahan
yang dialami melalui perubahan tempo
8. Menyanyi
dengan syair yang benar
PENJASORKES
1. Gerak
dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai
sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
2. Menjaga
keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas
3. Bergerak
merubah arah dan kecepatan dalam kelompok
4. Bekerjasama
dalam bermain
5. Mengayun
lengan ke berbagai arah berirama
6. Kebersihan
diri yang meliputi kuku dan kulit
7. Membersihkan
anggota badan sesuai aturan
8. Pentingnya
imunisasi
VI. PENDEKATAN
DAN METODE
Pendekatan : cooperative learning
Metode :
ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal/Pendahuluan
§
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan
keyakinan masing-masing. (nilai religius)
§
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Aku Anak Sehat”
sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan, nilai
kreatif, dan komunikatif)
§
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan)
2.
Kegiatan Inti
1) Brainstorming mengulang materi pelajaran
hari-hari kemarin tentang kebersihan, kesehatan dan keamanan” (eksplorasi,
nilai peduli lingkungan, tanggung jawab, dan disiplin)
2)
Bertanya jawab tentang makna syair lagu ”Aku Anak Sehat”
yang telah dinyanyikan (BI, Orjaskes, Seni-Bud &Ketrmpl, PKn,
IPS dan IPA) (elaborasi, niali rasa ingin tahu, dan kreatif)
3) Mintalah siswa untuk menyanyi sendiri, kemudian
memaknai syair lagu tersebut. Guru memberikan penilaian pada masing-masing
siswa (elaborasi, nilai kreatif, dan mandiri)
4) Mintalah siswa untuk menceritakan di depan
kelas (yang berani mendapat point lebih) tentang kebersihan,kesehatan atau
keamanan. (BI, Sains) (elaborasi, nilai disiplin, kerja keras, dan
tanggung jawab)
5) Mintalah siswa menceritakan kegunaan
masing-masing benda yang ada hubungannya dengan kebersihan dan kesehatan serta
keamanan (misalnya sikat gigi, odol, sabun, handuk dan sebagainya) agar siswa
berpikir kritis. (elaborasi, nilai jujur, disiplin, peduli lingkungan, dan toleransi)
6) Siswa mengidentifikasi benda-benda yang ada
hubungannya dengan kesehatan dan kebersihan yang selama dipakai oleh siswa
sehari-hari berdasarkan pengetahuannya sendiri. (bukan dari konsep dan bacaan di buku tetapi berdasarkan kenyataan) (elaborasi
dan nilai jujur)
7) Semua siswa secara mandiri ditugaskan untuk
mengamati gambar di halaman 91 tentang “Ayo Berhitung” dan semua siswa diberi
kesempatan mengerjakan sendiri soal-soal tersebut: (elaborasi, nilai kerja keras,
kreatif, disiplin, mandiri, dan tanggung jawab)
§
Halaman 91 benda-benda yang ada hubungannya dengan kebutuhan tubuh
§
Halaman 92 benda-benda yang ada hubungannya dengan alat kebersihan
§
Halaman 93 benda-benda yang ada hubungannya dengan keamanan
§
Halaman 94 benda-benda yang ada hubungannya dengan lambang bilangan
§
Halaman 95 benda-benda yang ada hubungannya dengan lambang bilangan
8) Halaman 96 menyelesaikan soal operasi hitung
dalam hubungannya dengan kegiatan sehari-hari di rumah makan (elaborasi
dan nilai jujur)
9) Halaman 97 menyelesaikan soal operasi hitung
dalam hubungannya dengan benda yang diperlukan
sehari-hari di gudang (elaborasi, nilai peduli lingkungan, dan
kreatif)
10) Halaman 97 menyelesaikan soal operasi hitung
dalam hubungannya dengan kegiatan sehari-hari di pelabuhan (elaborasi dan nilai kerja keras)
11) Setelah semua siswa selesai menjawab soal
tersebut, siswa diberi kesempatan untuk mendiskusikan dengan teman sebangkunya
apakah ada yang berbeda dalam menjawab soal itu. (elaborasi, nilai toleransi,
demokratis, dan rasa ingin tahu)
12) Kalau sudah tidak ada perbedaan dilanjutkan
dengan mengerjakan soal di halaman berikutnya.(elaborasi dan nilai kerja kerja)
13) Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi
”Berbudi Pekerti” (halaman 104) dan diharapkan semua siswa menerapkan
perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut. (konfirmasi)
3.
Kegiatan Akhir/Penutup
§ Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar
sesuai dengan hasil klarifikasi
§ Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi
yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
§ Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri
pelajaran
VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§
Gambar-gambar tentang Kesehatan dalam Keluarga
§ Lingkungan keluarga dan sekolah
§ Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA,
Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
§ Kurikulum
mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes,
Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)
IX. PENILAIAN
§
Penilaian Lisan (dalam proses)
§
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§
Penilaian Produk
§
Penilaian Portofolio
§
Penilaian Tertulis Obyektif
§
Penilaian Tertulis Subyektif
§
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui
Kepala Sekolah,
..............................................
|
............................,
......... .......................... ...............
Guru Kelas 1,
..............................................
|
No comments:
Post a Comment