Tuesday 4 March 2014

RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK KEBERSIHAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN Pertemuan 10, 11 dan 12

RENCANA PEMBELAJARAN
TEMATIK

Pertemuan 10, 11 dan 12
SATUAN PENDIDIKAN            : ...........................................................
TEMA                                            : KEBERSIHAN, KESEHATAN DAN KEAMANAN
KELAS /SEMESTER                  : 1 (satu)/ 1 (satu)
WAKTU                                        : 3  kali pertemuan @ 5 JP/hari (3 hari)


I.      STANDAR KOMPETENSI
AGAMA
Akhlak
7.         Membiasakan perilaku patuh kepada orangtua dan guru dalam kehidupan sehari-hari


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pengenalan tata kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.         Menampilkan perilaku sesuai norma dalam kehidupan keluarga dan  sekolah


BAHASA INDONESIA
1.         Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa , ungkapan perasaan, pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah sederhana,deskripsi benda-benda di sekitar, dan dongeng binatang/fabel)

2.         Berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan , pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, pertanyaan, dan informasi secara lisan dalam bentuk berkenalan dan tegur sapa, menjelaskan isi informasi, dan mengandaikan diri sebagai tokoh yang disukai

3.         Membaca : Membaca permulaan dalam bentuk membaca nyaring kata dan kalimat sederhana, membaca lancar bacaan (5-6 kalimat/25 kata), dan membaca penggalan dongeng/fabel

4.         Menulis : Menulis permulaan melalui membiasakan menulis yang benar, menebalkan, mencontoh, dan menyalin suku kata, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf lepas dan tegak bersambung serta melengkapi kalimat dengan kata


MATEMATIKA
Bilangan
4.         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang sampai dua angka dan menggunakannya dalam menyelesaikan masalah


ILMU PENGETAHUAN ALAM
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.         Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya

Benda dan Sifatnya
3.         Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui   pengamatan perubahan bentuk benda


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.         Memahami identitas diri  dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
2.         Mendeskripsikan lingkungan rumah


SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Seni Rupa
2.         Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa

Seni Musik
3.         Mengapresiasi karya seni musik
4.         Mengekspresikan diri melalui karya seni musik


PENJASORKES
1.         Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
5.         Menerapkan budaya hidup sehat


II.     KOMPETENSI DASAR
AGAMA
Akhlak
7.1       Menampilkan perilaku patuh kepada orangtua
7.2       Menampilkan perilaku patuh kepada guru


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pengenalan tata kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.1       Mengenal kebiasaan, tata tertib, tradisi, dan adat dalam kehidupan keluarga dan sekolah
2.2       Mengenal perlunya kepatuhan terhadap kebiasaan, tata tertib, tradisi,dan adat dalam kehidupan keluarga dan sekolah


BAHASA INDONESIA
1.         Mendengarkan :
1.1       Membedakan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat

2.         Berbicara :
2.4       Menjelaskan isi cerita bergambar

3.         Membaca :
3.3.      Membaca nyaring kata dengan lafal dan tekanan yang tepat

4.         Menulis :
4.5       Menulis kalimat berdasarkan gambar dengan huruf tegak bersambung
4.6       Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf  lepas dan huruf tegak bersambung

MATEMATIKA
Bilangan
4.5       Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
4.6       Menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokan pada operasi bilangan
4.7        Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan, serta pola  bilangan dua angka


ILMU PENGETAHUAN ALAM
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.1       Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
1.2       Mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)

Benda dan Sifatnya
3.3       Mengidentifikasi  kegunaan benda di lingkungan sekitar


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.2       Menceriterakan  pengalaman diri
2.3       Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah


SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Seni Rupa
2.1       Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif

Seni Musik
3.3       Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.3       Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.4       Melafalkan lagu anak-anak


PENJASORKES
1.1       Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
5.1       Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
5.2       Mengenal pentingnya imunisasi

III.    INDIKATOR
AGAMA
Akhlak
7.1.1       Menunjukkan prilaku patuh kepada orang tua
7.1.2       Membiasakan prilaku patuh kepada orang tua
7.2.1       Menunjukkan prilaku patuh kepada guru
7.2.2       Membiasakan prilaku patuh kepada guru


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pengenalan tata kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.1.1       Menjawab pertanyaan guru jam berapa mereka tiap hari bangun pagi, pulang sekolah, dan tidur malam
2.1.2       Menyanyikan lagu Bangun Tidur
2.1.3       Menjawab pertanyaan guru berapa kali biasanya mereka mandi dalam satu hari
2.1.4       Membiasakan diri tertib melakukan tugasnya
2.1.5       Menjelaskan kapan dirinya merayakan ulang tahun
2.1.6       Menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun
2.1.7       Menjawab pertanyaan guru pernahkah mereka menghadiri perayaan ulang tahun temannya
2.1.8       Menjawab pertanyaan guru pernahkah mereka menghadiri perayaan tetangganya yang khitan
2.2.1       Menjawab pertanyaan  apa yang mereka lakukan sebelum berangkat ke sekolah
2.2.2       Melakukan piket kelas sesuai jadwal
2.2.3       Menjawab pertanyaan mulai pukul berapa biasanya mereka mulai belajar di rumah
2.2.4       Menjelaskan apa yang biasa dilakukan oleh orang tuanya ketika dia ulang tahun.
2.2.5       Membiasakan diri tertib melaksanakan tugas di rumah
2.2.6       Menyanyikan lagu Nama - nama hari
2.2.7       Menjawab pertanyaan tugas apa yang biasa ia lakukan di rumah
2.2.8       Menceritakan kebiasaan yang dilakukan oleh keluarganya setiap hari minggu
2.2.8       Menjawab pertanyaan pernahkah di keluarganya ada acara hajatan


BAHASA INDONESIA
1.         Mendengarkan :
1.1.1       Mendengarkan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
1.1.2       Memeragakan dan mengucapkan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
1.1.3       Membedakan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat

2.         Berbicara :
2.4.1       Mengucapkan kalimat ajakan  yang dapat diucapkan sesuai gambar yang disajikan
2.4.2       Melakukan dan mengucapkan kalimat ketika mengajak teman pegri ke sekolah
3.         Membaca :
3.3.1       Mendengarkan cara membaca nyaring dengan lapal dan tekanan yang tepat
3.3.2       Membaca nyaring kata dengan lafal dan tekanan yang tepat
                                             
4.         Menulis :
4.5.1       Menyalin/mencontoh  huruf sambung berdasarkan gambar
4.5.2       Menyalin/mencontoh kata berdasarkan gambar
4.6.1       Menyalin/mencontoh  huruf lepas dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
4.6.2       Menyalin/mencontoh kata dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
4.6.3       Menyalin/mencontoh kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung


MATEMATIKA
Bilangan
4.5.1       Menulis model/kalimat matematika dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
4.5.2       Menyebut/membaca penjumlahan dua bilangan
4.5.3       Menjumlah bilangan dua angka
4.5.4       Mengurang bilangan dua angka
4.5.6       Menentukan pasangan bilangan dengan jumlah tertentu
4.5.7       Menghafal/mengingat hasil pen jumlahan atau pengurangan
4.5.8       Membentuk penjumlahan atau pengurangan dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan simbol operasi yang diberikan
4.6.1       Menunjukkan dengan contoh bahwa hasil penjumlahan dua dan tiga bilangan dapat dilakukan dengan urutan sembarang
4.6.2       Mencongak hasil penjumlahan bilangan dua angka dengan menggunakan sifat pertukaran/pengelompokan
4.6.3       Mencongak hasil pengurangan bilangan dua angka.
4.7.1       Menentukan unsur/apa yang diketahui dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
4.7.2       Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
4.7.3       Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan pengurangan
4.7.4       Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan


ILMU PENGETAHUAN ALAM
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.1.1       Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
1.1.2       Membandingkan benda berdasarkan persamaan
1.1.3       Memberikan makna pada hasil pengamatan
1.1.4       Menggunakan infornmasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan
1.1.5       Menunjukkan cara merawat tubuh
1.2.1       Mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
1.2.2       Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan
1.2.3       Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara, danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat
1.2.4       Menjaga kebersihan diri, rumah dan sekolah
1.2.5       Membuang sampah pada tempatnya

Benda dan Sifatnya
3.3.1       Mengidentifikasi  kegunaan benda di lingkungan sekitar
3.3.2       Menerangkan kegunaan benda di rumah, sekolah dan di tempat lain


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.2.1       Menceriterakan  pengalaman diri
1.2.2       Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan
1.2.3       Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh
2.3.1       Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
2.3.2       Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan


SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Seni Rupa
2.1.1       Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
2.1.2       Mengekspresikan diri melalui pembuatan gambar
Seni Musik
3.3.1       Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
3.3.2       Membedakan keras dan lemahnya bunyi suara yang ditampilkan oleh anggota tubuh
4.3.1       Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.4.1       Melafalkan lagu anak-anak
4.4.2       Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui perubahan tempo
4.4.3       Menyanyikan lagu dengan syair yang benar


PENJASORKES
1.1.1       Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.1.2       Menjaga keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas
1.1.3       Bergerak merubah arah dan kecepatan dalam kelompok
1.1.4       Bekerjasama dalam bermain
1.1.5       Mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama
5.1.1       Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
5.1.2       Membersihkan anggota badan sesuai aturan
5.2.1       Mengenal pentingnya imunisasi

IV.    TUJUAN
AGAMA
Akhlak
1.         Menunjukkan prilaku patuh kepada orang tua
2.         Membiasakan prilaku patuh kepada orang tua
3.         Menunjukkan prilaku patuh kepada guru
4.         Membiasakan prilaku patuh kepada guru


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pengenalan tata kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
1.         Menjawab pertanyaan guru jam berapa mereka tiap hari bangun pagi, pulang sekolah, dan tidur malam
2.         Menyanyikan lagu Bangun Tidur
3.         Menjawab pertanyaan guru berapa kali biasanya mereka mandi dalam satu hari
4.         Membiasakan diri tertib melakukan tugasnya
.            Menjelaskan kapan dirinya merayakan ulang tahun
6.         Menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun
7.         Menjawab pertanyaan guru pernahkah mereka menghadiri perayaan ulang tahun temannya
8.         Menjawab pertanyaan guru pernahkah mereka menghadiri perayaan tetangganya yang khitan
9.         Menjawab pertanyaan  apa yang mereka lakukan sebelum berangkat ke sekolah
10.       Melakukan piket kelas sesuai jadwal
11.       Menjawab pertanyaan mulai pukul berapa biasanya mereka mulai belajar di rumah
12.       Menjelaskan apa yang biasa dilakukan oleh orang tuanya ketika dia ulang tahun.
13.       Membiasakan diri tertib melaksanakan tugas di rumah
14.       Menyanyikan lagu Nama - nama hari
15.       Menjawab pertanyaan tugas apa yang biasa ia lakukan di rumah
16.       Menceritakan kebiasaan yang dilakukan oleh keluarganya setiap hari minggu
17.       Menjawab pertanyaan pernahkah di keluarganya ada acara hajatan




BAHASA INDONESIA
1.         Mendengarkan :
1.         Mendengarkan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
2.         Memeragakan dan mengucapkan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
3.         Membedakan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat

2.         Berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan , pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, pertanyaan, dan informasi secara lisan dalam bentuk berkenalan dan tegur sapa, menjelaskan isi informasi, dan mengandaikan diri sebagai tokoh yang disukai
4.         Mengucapkan kalimat ajakan  yang dapat diucapkan sesuai gambar yang disajikan
5.         Melakukan dan mengucapkan kalimat ketika mengajak teman pegri ke sekolah

3.         Membaca :
6.         Mendengarkan cara membaca nyaring dengan lapal dan tekanan yang tepat
7.         Membaca nyaring kata dengan lafal dan tekanan yang tepat

4.         Menulis :
8.         Menyalin/mencontoh  huruf sambung berdasarkan gambar
9.         Menyalin/mencontoh kata berdasarkan gambar
10.       Menyalin/mencontoh  huruf lepas dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
11.       Menyalin/mencontoh kata dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
12.       Menyalin/mencontoh kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung

MATEMATIKA
Bilangan
1.         Menulis model/kalimat matematika dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
2.         Menyebut/membaca penjumlahan dua bilangan
3.         Menjumlah bilangan dua angka
4.         Mengurang bilangan dua angka
5.         Menentukan pasangan bilangan dengan jumlah tertentu
6.         Menghafal/mengingat hasil pen jumlahan atau pengurangan
7.         Membentuk penjumlahan atau pengurangan dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan simbol operasi yang diberikan
8.         Menunjukkan dengan contoh bahwa hasil penjumlahan dua dan tiga bilangan dapat dilakukan dengan urutan sembarang
9.         Mencongak hasil penjumlahan bilangan dua angka dengan menggunakan sifat pertukaran/pengelompokan
10.       Mencongak hasil pengurangan bilangan dua angka.
11.       Menentukan unsur/apa yang diketahui dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
12.       Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
13.       Menulis model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan pengurangan
14.       Menentukan penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan


ILMU PENGETAHUAN ALAM
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.         Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
2.         Membandingkan benda berdasarkan persamaan
3.         Memberikan makna pada hasil pengamatan
4.         Menggunakan infornmasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan
5.         Menunjukkan cara merawat tubuh
6.         Mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
7.         Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan
8.         Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara, danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat
9.         Menjaga kebersihan diri, rumah dan sekolah
10.       Membuang sampah pada tempatnya



Benda dan Sifatnya
11.       Mengidentifikasi  kegunaan benda di lingkungan sekitar
12.       Menerangkan kegunaan benda di rumah, sekolah dan di tempat lain


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.         Menceriterakan  pengalaman diri
2.         Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan
3.         Menceritakan pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh
4.         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
5.         Melaksanakan kebersihan tubuh sesuai aturan


SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Seni Rupa
1.         Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
2.         Mengekspresikan diri melalui pembuatan gambar

Seni Musik
3.         Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.         Membedakan keras dan lemahnya bunyi suara yang ditampilkan oleh anggota tubuh
5.         Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
6.         Melafalkan lagu anak-anak
7.         Mengungkapkan perubahan yang dialami melalui perubahan tempo
8.         Menyanyikan lagu dengan syair yang benar


PENJASORKES
1.         Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
2.         Menjaga keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas
3.         Bergerak merubah arah dan kecepatan dalam kelompok
4.         Bekerjasama dalam bermain
5.         Mengayunkan lengan ke berbagai arah berirama
6.         Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
7.         Membersihkan anggota badan sesuai aturan
8.         Mengenal pentingnya imunisasi

V.     MATERI
AGAMA
Akhlak
1.         Perilaku patuh kepada orang tua
2.         Perilaku patuh kepada orang tua
3.         Peilaku patuh kepada guru
4.         Perilaku patuh kepada guru


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Pengenalan tata kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
1.         Jam berapa tiap hari bangun pagi, pulang sekolah, dan tidur malam
2.         Menyanyi lagu Bangun Tidur
3.         Berapa kali biasanya mereka mandi dalam satu hari
4.         Pembiasaan diri tertib melakukan tugas
5.         Penjelasan kapan dirinya merayakan ulang tahun
6.         Menyanyi lagu Selamat Ulang Tahun
7.         Menghadiri perayaan ulang tahun temannya
8.         Menghadiri perayaan tetangganya yang khitan
9.         Apa yang kita lakukan sebelum berangkat ke sekolah
10.       Piket kelas sesuai jadwal
11.       Jam mulai belajar di rumah
12.       Kebiasaan dilakukan oleh orang tuanya ketika dia ulang tahun.
13.       Tertib melaksanakan tugas di rumah
14.       Menyanyi lagu Nama - nama hari
15.       Tugas yang biasa ia lakukan di rumah
16.       Kebiasaan yang dilakukan oleh keluarganya setiap hari minggu
17.       Pernahkah di keluarganya ada acara hajatan


BAHASA INDONESIA
1.         Mendengarkan :
1.         Bunyi bahasa, kata dan kalimat
2.         Memeragakan dan mengucapkan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat
3.         Membedakan berbagai bunyi bahasa, kata dan kalimat

2.         Berbicara :
4.         Kalimat ajakan  yang dapat diucapkan sesuai gambar yang disajikan
5.         Ucapan kalimat ketika mengajak teman pegri ke sekolah

3.         Membaca :
6.         Cara membaca nyaring dengan lapal dan tekanan yang tepat
7.         Membaca nyaring

4.         Menulis :
8.         Huruf sambung berdasarkan gambar
9.         Kata berdasarkan gambar
10.       Huruf lepas dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
11.       Kata dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung
12.       Kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan huruf lepas dan huruf tegak bersambung


MATEMATIKA
Bilangan
1.         Model/kalimat matematika dari kegiatan/kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
2.         Penjumlahan dua bilangan
3.         Penjumlahan bilangan dua angka
4.         Pengurangan bilangan dua angka
5.         Pasangan bilangan dengan jumlah tertentu
6.         Pen jumlahan atau pengurangan
7.         Penjumlahan atau pengurangan dengan hasil terbesar atau terkecil dari angka-angka dan simbol operasi yang diberikan
8.         Contoh bahwa hasil penjumlahan dua dan tiga bilangan dapat dilakukan dengan urutan sembarang
9.         Mencongak hasil penjumlahan bilangan dua angka dengan menggunakan sifat pertukaran/pengelompokan
10.       Mencongak hasil pengurangan bilangan dua angka.
11.       Unsur/apa yang diketahui dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan
12.       Model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
13.       Model/kalimat matematika dari masalah yang berkaitan dengan pengurangan
14.       Penyelesaian dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan


ILMU PENGETAHUAN ALAM
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.         Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
2.         Membandingkan benda berdasarkan persamaan
3.         Memberikan makna pada hasil pengamatan
4.         Menggunakan infornmasi dari hasil pengamatan untuk menjawab pertanyaan
5.         Menunjukkan cara merawat tubuh
6.         Mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
7.         Menyebutkan makanan sehat untuk pertumbuhan
8.         Menceritakan perlunya air, makanan, pakaian, udara, danlingkungan bersih untuk tumbuh sehat
9.         Menjaga kebersihan diri, rumah dan sekolah
10.       Membuang sampah pada tempatnya

Benda dan Sifatnya
11.       Kegunaan benda di lingkungan sekitar
12.       Menerangkan kegunaan benda di rumah, sekolah dan di tempat lain


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.         Pengalaman diri
2.         Menjelaskan bagaimana cara membersihkan anggota badan
3.         Pentingnya kesehatan bagi pertumbuhan tubuh
4.         Lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
5.         Kebersihan tubuh sesuai aturan


SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Seni Rupa
1.         Ekspresi diri melalui gambar ekspresif
2.         Ekspresi diri melalui pembuatan gambar

Seni Musik
3.         Sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.         Keras dan lemahnya bunyi suara yang ditampilkan oleh anggota tubuh
5.         Ekspresi diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
6.         Lagu anak-anak
7.         Perubahan yang dialami melalui perubahan tempo
8.         Menyanyi dengan syair yang benar


PENJASORKES
1.         Gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
2.         Menjaga keselamatan diri dan orang lain dalam aktifitas
3.         Bergerak merubah arah dan kecepatan dalam kelompok
4.         Bekerjasama dalam bermain
5.         Mengayun lengan ke berbagai arah berirama
6.         Kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
7.         Membersihkan anggota badan sesuai aturan
8.         Pentingnya imunisasi

VI.    PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan          : cooperative learning
Metode                  : ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan


VII.   LANGKAH PEMBELAJARAN
1.    Kegiatan Awal/Pendahuluan
§  Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. (nilai religius)
§  Mengajak siswa menyanyikan lagu “Disini Senang” sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu (Orkes, Budaya-Keterampilan, nilai kreatif, dan komunikatif)
§  Menginformasikan tema yang  akan dipelajari bersama (Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan)

2.    Kegiatan Inti
1)       Semua siswa ditugaskan mengamati gambar titik-titik dengan lambang bilangan. Dan memnghubungkan angka sesuai dengan urutan yang benar. Kalau sudah terhubungkan semua akan menjadi bentuk apa? Berikan pendapatmu! ( eksplorasi, niali kerja keras, mandiri, dan disiplin)
2)       Seluruh hasil tugas siswa dikumpulkan dan dinilai dan guru dapat memberikan tugas rumah sebagai pengembangan tugas portofolio siswa (elaborasi dan nilai kerja keras)
3)       Setelah semua pekerjaan selesai, tugas berikutnya adalah  mengurutkan lambang bilangan dari bilangan terbesar ke terkecil ditulis didalam bendera. (elaborasi dan nilai kerja keras)
4)       Semua siswa dikelompokkan dengan cara menghitung 1, 2, 3, dan 4. setiap siswa diberi kertas nomor (berwarna) (elaborasi, nilai bersahabat/komuniktif, toleransi, kreatif, dan demokratis)
§  Nomor 1 diberi kertas warna merah
§  Nomor 2 diberi kertas warna biru
§  Nomor 3 diberi kertas warna kuning
§  Nomor 4 diberi kertas warna hijau
5)       Setelah semua siswa memiliki nomor, semua ditugaskan untuk berkumpul dengan siswa yang mempunyai warna kertas sama. (elaborasi, nilai bersahabat/komunikatif, kreatif)
§  Yang memegang kertas merah berkumpul semua dengan yang memegang kertas merah (kelompok 1)
§  Yang memegang kertas biru berkumpul semua dengan yang memegang kertas biru (kelompok 2)
§  Yang memegang kertas kuning berkumpul semua dengan yang memegang kertas kuning (kelompok 3)
§  Yang memegang kertas hijau berkumpul semua dengan yang memegang kertas hijau (kelompok 4)
6)       Semua kelompok diberi kartu gambar (difoto copy dari Buku Kerja jilid 1A) (elaborasi, nilai bersahabat, kreatif)
§  (kelompok 1) macam-macam gambar  cara hidup bersih;
§  (kelompok 2) macam-macam gambar empat sehat lima sempurna
§  (kelompok 3) macam-macam gambar cara hidup sehat; dan
§  (kelompok 4) macam-macam gambar untuk keamanan
7)       Tugasnya adalah mengurutkan gambar sesuai dengan urutan yang benar dan memberikan alasan mengapa urutannya seperti itu (elaborasi dan nilai kreatif)
8)       Setelah selesai, dilaporkan kepada guru dan selanjutnya dijelaskan bagaimana caranya hidup bersih, hidup sehat dan aman dari segala bahaya (elaborasi, nilai tanggung jawab, dan disiplin)
9)       Dilanjutkan dengan penugasan untuk mengerjakan soal-soal di halaman 101, 102. jawaban yang benar di diskusikan secara klasikal.(elaborasi dan nilai kerja keras)
10)   Pada bagian “Ayo Bermain” siswa diminta untuk membawa sikat gigi,pasta gigi, gelas dan sisir rambut. Ajaklah seluruh siswa untuk praktik membersihkan gigi, merapikan rambut, dan potong kuku. Setelah selesai, periksalah kebersihan gigi, kuku dan rambut mereka, kemudian mintalah siswa untuk menceritakan bedanya kalau tidak sikat gigi setiap hari.        (BI, Orjaskes, Seni-Bud &Ketrmpl, PKn, IPS dan IPA) (elaborasi, nilai kreatif, bersahabat, dan peduli sosial)
11)   Bagian Budi Pekerti diawali dengan pengamatan siswa pada gambar hal 103 dan mendengarkan bacaan guru tentang menjaga  kebersihan, kesehatan dan keamanan. Apa yang perlu dilakukan siswa bagaimana penerapannya di sekolah dan di rumah. Tugaskan siswa untuk mencatat kegiatan setiap hari yang ada hubungannya dengan kebersihan dan kesehatan, bisa dalam bentuk gambar. Hasilnya sebagai tugas portofolio. (elaborasi, nilai jujur, dan kerja keras)
12)   Bagian Ayo Belajar “ Guru membacakan teks dalam ayo belajar dihal 105 -106  dan membimbing siswa untuk  melengkapi kalimat pada tempat yang disediakan, dengan memilih gambar pilihan yang disediakan dalam kotak. Misalnya : Halamanku kotor …Aku akan menyapu (diambil dari gambar sapu) (elaborasi, nilai kreatif, dan disiplin)
13)   Setelah selesai dilanjutkan dengan mengerjakan tugas melengkapi tabel (elaborasi dan nilai kerja keras)
14)   Terakhir semua siswa diminta menyimak bagi ”Berbudi Pekerti” (halaman 49) dan diharapkan semua siswa menerapkan perilaku-perilaku positif yang ada dalam petunjuk berbudi pekerti tersebut. (konfirmasi)

3.    Kegiatan Akhir/Penutup
§  Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi
§  Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
§  Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

VIII.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§  Gambar-gambar tentang Kesehatan dalam Keluarga
§  Lingkungan keluarga dan sekolah
§  Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Budaya-Keterampilan, IPS dan agama)
§  Kurikulum  mata pelajaran (Bahasa Indonesia, PKn, IPA, Matematika, Orkes, Se-Bud-Keterampilan, IPS dan agama)



IX.    PENILAIAN
§  Penilaian Lisan (dalam proses)
§  Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
§  Penilaian Produk
§  Penilaian Portofolio
§  Penilaian Tertulis Obyektif
§  Penilaian Tertulis Subyektif
§  Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)


Mengetahui
Kepala Sekolah,



..............................................
............................, ......... .......................... ...............
Guru Kelas 1,




..............................................

Catatan:
Ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator yang tertulis di dalam setiap RPP dapat dicapai dengan cara:
§  Menerapkan setiap langkah strategi yang ada di dalam setiap pertemuan (RPP ke 1 sampai terakhir) dalam proses pembelajaran yang sudah dirancang
§  semua siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam buku kerja (Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika) yang seluruh isinya memuat soal-soal untuk mengukur  ketercapaian indikator




No comments:

Post a Comment