SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri 001 Kasikan.
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : IV
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI : 3.1 Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Mengenal
lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR,
DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll.
|
§
Pengertian
pemerintah.
§
Komponen
pemerintahan di Indonesia
|
§ Menyimak
pengertian pemerintah, pemerinta-han, dan sistem pemerintahan.
§ Menyebutkan
kompo-nen-komponen peme-rintahan (eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
§ Menyimak
pemahaman tentang sistem presidensial.
§ Menyebutkan
lembaga-lembaga legislatif (MPR, DPR, dan DPD).
§ Menjelaskan
keanggotaan MPR, DPR, dan DPD.
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang MPR, DPR, dan DPD.
§ Menjelaskan
pengertian lembaga eksekutif.
§ Menyebutkan
para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang presi-den selaku kepala negara.
§ Menyebutkan
§ tugas dan
wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
§ Menjelaskan
pengertian lembaga yudikatif.
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang MA, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.
§ Menjelaskan
keanggotaan BPK.
§ Menjelaskan
tugas dan wewenang BPK.
§ Menjelaskan
tugas dan wewenang KPU.
|
§ Menjelaskan
pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan
§ Menjelaskan
lembaga legislatif
§ Menjelaskan
lembaga eksekutif
§ Menjelaskan
lembaga yudikatif
§ Menjelaskan
Badan Pemeriksa Keuangan
§ Menjelaskan
Komisi Pemilihan Umum
§
|
Tugas
individu
Tugas
kelom-pok
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk
kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§
|
§ Mengapa dalam
suatu negara harus ada pemerintahan?
§ Bagaimana
susunan keanggotaan dan kedudukannya?
§ Apa tugas dan
wewenangnya?
§ Apa arti
lembaga eksekutif?
§ Apa saja
tugas-tugas presiden?
§ Mendiskusikan
lembaga-lembaga (MA, MK, dan KY).
§ Apa tugas dan
kewenangan lembaga-lembaga tersebut?
§ Apa tugas BPK?
§ Kepada siapa
hasil tugas BPK diserahkan?
|
4
x 35 menit
|
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
|
3.2
Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil
presiden, dan para menteri.
|
§
Lembaga
eksekutif
|
§ Menjelaskan
pengertian lembaga eksekutif.
§ Menyebutkan
para pembantu presiden (wakil presiden dan para menteri).
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang presiden selaku kepala negara.
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang presiden selaku kepala pemerintahan.
|
§ Memahami
lembaga eksekutif (presiden).
|
§ Tugas individu
§ Tugas kelom-pok
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk
kerja (keberanian untuk menyampaikan penda-pat)
|
§ Sebutkan
organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan
para menteri?
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 57-59, 60-72.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri 001 Kasikan.
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : IV
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI : 4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di
lingkungannya.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Memberikan
contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.
|
§
Arti
dan sejarah globalisasi.
§ Kita di
tengah-tengah globalisasi
§
Sikap
kita terhadap globalisasi.
|
§ Memahami
manusia sebagai makhluk sosial (hidup bersama dengan manusia lainnya).
§ Memahami arti
globalisasi.
§ Mengetahui
sejarah globalisasi dan perkembangan-nya.
§ Menceritakan
pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Menjelaskan
sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
|
§ Menceritakan
proses globalisasi.
§ Menyebutkan
pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§ Menjelaskan
sikap terhadap pengaruh globalisasi.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk
kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian lisan
(keberanian menyampaikan pendapat)
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ Mengapa
globalisasi terjadi?
§ Buatlah
tabel mengenai makanan impor apa saja yang digemari di Indonesia.
§
§ Mengapa
permainan playstation atau game di komputer di Indonesia?
|
4
x 35 menit
|
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 85-90, 91-96, 97-98.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
|
4.2 Mengidentifikasi
jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan
internasional.
|
§ Kita di
tengah-tengah globalisasi.
|
§ Menyebutkan
contoh-contoh kebudayaan
§ Menampilkan
dampak positif.
§ globalisasi,
seperti mengirimkan misi kebudayaan Indonesia ke luar negeri
|
§ Menjelaskan
globalisasi kebudayaan.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ Buatlah
daftar mengenai jenis budaya asing yang kini popular di Indonesia.
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra.
§ Dyah
Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 95-96.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
|
4.3.
Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.
|
§ Sikap kita
terhadap globalisasi
|
§ Menyebutkan
dampak negatif dan positif dari globalisasi.
§ Menyebutkan
contoh-contoh dampak (positif dan negatif) globalisasi.
§ Menentukan
sikap kita terhadap pengaruh globalisasi.
|
§ Menjelaskan
sikap kita terhadap globalisasi.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ Mengisi
kolom skala sikap.
|
2 x 35 menit
|
§ Buku paket
(Buku PKn untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah
Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 97-98.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002
|
No comments:
Post a Comment