SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri 001 Kasikan.
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : IV
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami sistem pemerintahan desa dan
pemerintah kecamatan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian K ompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mengenal
lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
|
Desa
Kelurahan.
Kecamatan.
|
§ Menyimak
pemahaman desa menurut PP No. 72 tahun 2005 tentang Desa.
§ Menyebutkan persyaratan
yang harus dipenuhi untuk pembentukan desa.
§ Memahami arti pembentukan,
penggabungan, pemekaran, dan perubahan status desa.
§ Mengenal
pemerintahan desa (kepala desa dan BPD) dan perangkat desa (sekretaris desa,
sekretariat desa, pelaksana teknis lapangan, dan unsur kewilayahan).
§ Menyebutkan persyaratan
dan cara pemilihan kepala desa.
§ Menyebutkan
tugas, wewenang, dan kewajiban kepala desa.
§ Mengetahui
pertanggungjawaban kepala desa.
§ Menyebutkan
sumber-sumber keuangan desa.
§ Menyimak
pemahaman kelurahan menurut PP No. 73 tahun 2005 tentang Kelurahan.
§ Menyebutkan
persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan kelurahan.
§ Memahami arti
pembentukan, penggabungan, dan pemekaran kelurahan.
§ Mengidentifikasi
perbedaan antara kelurahan dan desa.
§ Mengenal lurah
dan perangkat kelurahan (sekretaris kelurahan, seksi-seksi, dan jabatan
fungsional).
§ Menyebutkan
sumber-sumber keuangan kelurahan.
§ Menyimak
pemahaman tentang pengertian kecamatan.
§ Mengenal camat
dan perangkat kecamatan (sekretaris camat dan seksi-seksi).
§ Mengetahui
tugas dan pertanggungjawaban camat.
§ Mengetahui
partner kerja sama camat (Danramil dan Kapolsek)
|
§ Menjelaskan lingkungan
desa.
§ Menyebutkan
perangkat desa.
§ Menyebutkan
sumber keuangan desa
§ Menjelaskan
lingkungan kelurahan.
§ Menyebutkan
perangkat kelurahan.
§ Menyebutkan
sumber keuangan kelurahan.
§ Menjelaskan
lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk
kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ Mengapa
pemerintah desa dapat memanfaatkan kekayaan desa sebagai dana penyelenggaraan
pemerintah desa?
§ Mengumpulkan
laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber
lain kepada kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah?
§ Mengumpulkan
laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa semua perangkat kecamatan
bertanggung jawab kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari
pemerintah?
|
4 x 35 menit
|
§ Buku paket
(Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS,
karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1-10, 11-14, 15-16.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluarga, sekolah, dst.).
|
1.2.
Menggam-barkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.
|
Struktur pemerintahan desa,
kelurahan, dan kecamatan.
|
§ Mengamati gambar
struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
|
§ Memahami gambar
struktur pemerintahan desa,
§ Memahami gambar
struktur pemerintahan kelurahan,
§ Memahami gambar
struktur pemerintahan kecamatan.
|
Tugas individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk
kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
§ Penilaian
tulisan
§ Penilaian sikap
(pengamatan perilaku)
|
§ gambarkan struktur
pemerintahan desa.
§ gambarkan
struktur pemerintahan kelurahan.
§ gambarkan
struktur pemerintahan kecamatan.
|
2
x 35 menit
|
§ Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra.
Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 9, 13, 16.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluarga, sekolah, dst.).
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri 001 Kasikan.
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : IV
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota,
dan provinsi.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Mengenal
lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.
|
Pemerintah
kabupaten/kota.
Pemerintah
provinsi di Indonesia.
Dewan
Perwakilan Rakyat Daerah.
|
§ Menyebutkan
kepala daerah kabupaten/kota.
§ Mengenal
perangkat daerah kabupaten/kota (sekretariat daerah, dinas daerah, lembaga
teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan).
§ Menjelaskan
cara pemilihan kepala daerah kabupaten/kota dan pertanggungjawabannya.
§ Menyimak
pemahaman tentang kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota.
§ Menyebutkan
kewajiban daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah.
§ Mengenal
pemerintahan provinsi (gubernur dan DPRD) serta pertanggung jawabannya.
§ Menyimak
pemahaman tentang kewenangan daerah provinsi.
§ Menyebutkan
tugas dan wewenang pemerintah daerah serta kewajiban kepala daerah.
§ Memahami
pengertian DPRD.
§ Mengetahui
keanggotaan DPRD
§ Menyebutkan
tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
|
§ Menjelaskan
pemerintahan kabupaten/kota.
§ Menyebutkan kewenangan
pemerintah kabupaten/kota.
§ Menjelaskan
pemerintahan provinsi.
§ Menyebutkan
kewenangan pemerintah provinsi.
§ Memahami tugas,
wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk
kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§ Penilaian lisan
§ Penilaia unjuk
kerja (keberani-an untuk menyam-paikan pendapat)
|
§ Apa
yang dimaksud dengan otonomi daerah?
§ Mengapa
gubernur wajib memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945?
|
4
x 35 menit
|
§
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SDr Kelas
IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 33-37, 38-41, 41-42.
§
Orang
tua.
§
Teman.
§ Lingkungan rumah
(keluar-ga, seko-lah, dst.).
|
2.2 Menggambar-kan
struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi.
|
§ Struktur
pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
|
§ Mengamati
gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
|
§ Memahami gambar
struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk
kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
|
§ gambarkan struktur pemerintahan kabupaten/ kota.?
§ gambarkan struktur pemerintahan provinsi.?
|
2
x 35 menit
|
§ Buku paket
PKn SD Kelas IV ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilu-jeng, M.Pd.) hlm. 35, 40.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah
(keluar-ga, sekolah, dst.).
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002
|
|
………..,
................ 20 ..
Guru Mapel PKN.
SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002
|
No comments:
Post a Comment