Saturday 2 May 2015

SILABUS PEMBELAJARAN PKn Kelas IV Sekolah Dasar Semester 1

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       :  SD Negeri 001 Kasikan.
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                      : IV
Semester                                : 1
STANDAR KOMPETENSI   :  1.   Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian K ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1  Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.
















Desa
Kelurahan.
Kecamatan.
§  Menyimak pemahaman desa menurut PP No. 72 tahun 2005 tentang Desa.
§  Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan desa.
§  Memahami arti pembentukan, penggabungan, pemekaran, dan perubahan status desa.
§  Mengenal pemerintahan desa (kepala desa dan BPD) dan perangkat desa (sekretaris desa, sekretariat desa, pelaksana teknis lapangan, dan unsur kewilayahan).
§ Menyebutkan persyaratan dan cara pemilihan kepala desa.
§  Menyebutkan tugas, wewenang, dan kewajiban kepala desa.
§  Mengetahui pertanggungjawaban kepala desa.
§  Menyebutkan sumber-sumber keuangan desa.
§  Menyimak pemahaman kelurahan menurut PP No. 73 tahun 2005 tentang Kelurahan.
§  Menyebutkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembentukan kelurahan.
§  Memahami arti pembentukan, penggabungan, dan pemekaran kelurahan.
§  Mengidentifikasi perbedaan antara kelurahan dan desa.
§  Mengenal lurah dan perangkat kelurahan (sekretaris kelurahan, seksi-seksi, dan jabatan fungsional).
§ Menyebutkan sumber-sumber keuangan kelurahan.
§ Menyimak pemahaman tentang pengertian kecamatan.
§ Mengenal camat dan perangkat kecamatan (sekretaris camat dan seksi-seksi).
§ Mengetahui tugas dan pertanggungjawaban camat.
§ Mengetahui partner kerja sama camat (Danramil dan Kapolsek)
§  Menjelaskan lingkungan desa.
§  Menyebutkan perangkat desa.
§  Menyebutkan sumber keuangan desa
§  Menjelaskan lingkungan kelurahan.
§  Menyebutkan perangkat kelurahan.
§  Menyebutkan sumber keuangan kelurahan.
§  Menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.
Tugas individu





























§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§ Mengapa pemerintah desa dapat memanfaatkan kekayaan desa sebagai dana penyelenggaraan pemerintah desa?
§ Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa bantuan pihak ketiga atau sumber lain kepada kelurahan harus bersifat tidak mengikat dan sah?
§  Mengumpulkan laporan dan mencatat hasil diskusi: mengapa semua perangkat kecamatan bertanggung jawab kepada camat? Mengapa camat mendapatkan gaji dari pemerintah?
4 x 35 menit



















§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1-10, 11-14, 15-16.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).





1.2. Menggam-barkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.


Struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
§ Mengamati gambar struktur pemerintahan desa, kelurahan, dan kecamatan.
§ Memahami gambar struktur pemerintahan desa,
§ Memahami gambar struktur pemerintahan kelurahan,
§ Memahami gambar struktur pemerintahan kecamatan.
Tugas individu















§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  Penilaian tulisan
§  Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
§  gambarkan struktur pemerintahan desa.
§  gambarkan struktur pemerintahan kelurahan.
§  gambarkan struktur pemerintahan kecamatan.
2 x 35 menit
§ Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 9, 13, 16.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga, sekolah, dst.).




Mengetahui
Kepala Sekolah



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

  ………..,  ................ 20 ..
   Guru Mapel PKN.



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002



SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                       :  SD Negeri 001 Kasikan.
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                      : IV
Semester                                : 1
STANDAR KOMPETENSI   : 2.   Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1  Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

Pemerintah kabupaten/kota.
Pemerintah provinsi di Indonesia.
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
§  Menyebutkan kepala daerah kabupaten/kota.
§  Mengenal perangkat daerah kabupaten/kota (sekretariat daerah, dinas daerah, lembaga teknis daerah, kecamatan, dan kelurahan).
§  Menjelaskan cara pemilihan kepala daerah kabupaten/kota dan pertanggungjawabannya.
§  Menyimak pemahaman tentang kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota.
§  Menyebutkan kewajiban daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah.
§  Mengenal pemerintahan provinsi (gubernur dan DPRD) serta pertanggung jawabannya.
§  Menyimak pemahaman tentang kewenangan daerah provinsi.
§  Menyebutkan tugas dan wewenang pemerintah daerah serta kewajiban kepala daerah.
§  Memahami pengertian DPRD.
§  Mengetahui keanggotaan DPRD
§  Menyebutkan tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
§  Menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota.
§  Menyebutkan kewenangan pemerintah kabupaten/kota.
§  Menjelaskan pemerintahan provinsi.
§  Menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi.
§  Memahami tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.
Tugas individu
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  Penilaian lisan
§  Penilaia unjuk kerja (keberani-an untuk menyam-paikan pendapat)
§  Apa yang dimaksud dengan otonomi daerah?
§  Mengapa gubernur wajib memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945?
4 x 35 menit
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk SDr Kelas IV, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 33-37, 38-41, 41-42.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, seko-lah, dst.).
2.2  Menggambar-kan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi.

§  Struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
§  Mengamati gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
§  Memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.
Tugas individu
§  Penilaian lisan
§  Penilaian unjuk kerja (keberanian untuk menyampaikan pendapat)
§  gambarkan struktur pemerintahan kabupaten/ kota.?
§  gambarkan struktur pemerintahan provinsi.?
2 x 35 menit
§  Buku paket PKn SD Kelas IV ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilu-jeng, M.Pd.) hlm. 35, 40.
§  Orang tua.
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluar-ga, sekolah, dst.).





Mengetahui
Kepala Sekolah



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

  ………..,  ................ 20 ..
   Guru Mapel PKN.



SYAMSINAR, S.Pd
NIP.19650811 199103 2 002

No comments:

Post a Comment